Air Terjun Gerombong, Keindahan Yang Tersembunyi, Lemukih, Bali

Pagi semuanya mas dan mbak brayy….gimana kabar kalian smuanya??   sehat selalu kan  meski cuaca lagi extrem.
Nah  untuk  saat saat sperti ini buat kalian yang hobby kluyuran seperti mister bolang, ada baiknya  rehat dulu deh, nggak usah kmana mana dulu.
Semua berita  di tv  lagi membahas  siklon tropic cempaka, hujan angin , badai, gelombang tinggi  pokoknya kayaknya nggak rekomended buat kluyuran.
Nah  mumpung  mister bolang  lagi nggak ada jadwal bolang.. mister bolang kasih review salah satu air terjun yang ada di bali ya.
Tapi berkunjungnya ke air terjun ini  besok besok aja klu cuaca udah  mendukung, coz  akses ke air terjun yang mister maksud  ini lumayan extrem.
Terdapat di desa Lemukih, kecamatan Sawan, Buleleng bali, air terjun tersebut di namakan  warga setempat dengan nama Air terjun Gerombong.

Untuk  sampai di air terjun Gerombong  ini bisa di katakan  aksesnya  cukup extrem, mulai dari akses  ke desa lemukihnya, sampai akses dari tempat parkir ke air terjunnya itu sendiri.
Untuk menuju ke air terjun gerombong ini, kalau kalian dari bali selatan, ambil aja jalur jalan denpasar _singaraja, nanti akan melewati bedugul   lanjut aja terus…setelah itu nanti kalian akan ketemu  banner Air terjun fiji di desa lemukih.  nah ikuti aja petunjuk  banner tersebut karena akses ke air terjun gerombong dan fiji adalah sama.
Pastikan kendaraan kalian kuat nanjak,  coz beberapa kali  mister bolang  harus turun dari motor  karena  motornya nggak kuat nahan beban mister bolang dan mister ko2h, hahahhaa.
  Perjalanan dari jalan utama menuju desa lemukih  lumayan jauuuhh  dan berliku liku seperti kisah cinta mister ko2h, ahahhahahaaayyyy (yang penting yakin kan aja kendaraan kalian kuat nanjak dan ban sehat nggak bocor di tengah jalan, klu sampai bocor ya nasib kalian tergolong orang orang yang apes).
Sesampai di Pos pertama  menuju air terjun gerombong, nanti ada  pemuda pemuda bali yang akan menyapa kalian dengan ramah, mereka menawarkan jasa buat kalian sebagia guide  untuk nganter kalian ke air terjun  gerombong.
Karena  budget  mister bolang  tergolong  wisatawan yang menggunakan   paket du,afa, jadi ya  mister  cari sendiri  itu lokasi air terjun, hehehhee. ( nggak popo  yang penting sampai)
   Dari pos pertama tadi  perjalan masih di lanjut  naik motor  dengan jalan setapak yang sempit, jadi kalau berpapasan dengan motor lain  salah satu harus ada yang mengalah.
Singkat cerita  motor sampai tempat parkir, kita bayar parkir 2000 rupiah, terus kita turun  sampai ketemu tempat retribusi, mister bayar tiket retribusi  10.000 rupai  dah  perjalanan  di lanjut dengan jalaaan kaki.

Kita  harus  menuruni anak tangga yang cukup curam, juga  cukup lama. mister sampai sempat berfikir  ada jalam tembus nggak ya ntar baliknya biar nggak melewati tangga tangga ini lagi?  Ternyata jawabannya   Alhamdulilah  nggak ada, jdadi ntar baliknya juga harus meliwati anak tangga yang  curam ini lagi. Oh Tuhan  Alhamdulilah banget nanti bisa merasakan capeknya sepeti apa, hahahahaha.
Nah  sesampai di ujung anak tangga, nanti ada  papan petunjuk  Air terjun ke kiri dan air terjun  gerombong ke arah kanan.
Mister bahas dulu air terjun gerombong ya, jadi kita belok ke kanan dulu.. yuuuukkk ikuti mister bolang.

untuk mencapai air terjun gerombong ini kalian harus  menyebrangi sungai yang arusnya nggak terlalu deras, bening dan bebas dari sampah.
Soal suhu airnya  nggak usah di tanya, kalian pasti tau  itu dingiiin, ahhahhaa

Setelah melewati sungai,  air terjun dah terlihat dari kejauhan,  air terjunnya  lumayan tinggi tapi mister nggak tau  ketinggiannya berapa, bisa jadi kisaran  100 an meter.
Ternyata saat  sampai di air terjun mister bolang nggak sendirian, udah banyak wisatawan  baik domestik maupun mancanegara. Tapi mereka kayaknya nggak  pada mandi  coz   kalu air terjun gerombong ini bagusnya emang buat foto foto aja  karena di bawah air terjun nggak ada kolamnya, hehehe.

Awal pertama  melihat air terjun gerombong  ini  misterbolang langsung bilang dalam hati, waoow  air terjunnya lebih indah  daripada yang ada di gambar, hehehe
Tapi karena lokasinya yang agak sempit dan terjal  terus pengunjung waktu itu juga banyak  jadi mister bolang  harus  berbagi space  buat  pengunjung lainnya buat celpi celpi.

Hembusan angin yang bercampur air terasa  begitu dingin dan menyegarkan  (menyegarkan buat kalian yang lemak di tubuh kalian tebal) yang kurus kering kayaknya harus pakai jaket  deh  biar nggak masuk angin, hahahahaha
Ada satu spot yang cantik  untuk ngambil foto di air terjun gerombong  ini. yaitu di atas batu besar. mari mister tunjukan

Tapi turunnya dari batu  musti hati hati braayyy… batunya  licin, terus  ada  sisi  sisi batu yang tajam, jangan sampai kulit kalian yang halus muluz  tergores  oleh batu. ikuti cara mister  untuk turun dari batu, meski cara turunnya  terlihat nggak elegan sama sekali, tapi yang penting Aman, hahahhaha
lihat nih caranya…

Maaf  gambar gambar yang terakhir agak kabur  karena lensa kamera  udah nggak bisa di ajak kompromi, dah basah kena  percikan air.
Semoga  review  ini bisa membantu untuk menentukan tujuan wisata kalian nanti, (kalau cuaca udah mendukung)
Sekarang mister siap siap balik dulu  siap siap  ngos ngosan  naik tangga yang  waaaaooowww

akhirnya review  air terjun gerombong selesai, besok  kalau lagi nggak malas  mister kasih  review air terjun fiji  ya.
Di tunggu aja….  daaagggghhhh

Reply