Air Terjun Jumog Ngargoyoso Karanganyar

Barusan  minggu kemarin  mister bolang  main main ke  air terjun jumog  di  Desa Berjo, Ngargoyoso Karanganyar.. jawa tengah.
Dulunya  waktu  ke  candi  sukuh  juga  aku lewati kalau dulu mister  fikir… ah  air terjun  paling juga nggak ada  keunikannya… cuma  air  yang terju dari atas,,, sama seperti air terjun lainnya, makanya  dulu aku abaikan,,, hehhee
Tapi pas  browsing dan lihat gambarnya di internet… kok  cantik  banget, hahhaha.  Karena  pengen lihat secara langsung akhirnya  tepatnya  minggu tanggal 04 Januari di awal tahun 2015.. mister bolang yang super dark and glowing  akhirnya  klayapan  sampai sana bersama dimas Bas. kalau biasanya  klayapan mister bolang  di temani dimas Ben, sekarang di temani dimas Bas, hahhahha…., dimas Ben nya  pas di sms  katanya lagi ada acara keluarga  ke Wonogiri. heemmm…..hehehe.
Berangkat pagi hari  dari solo… naik sepeda motor…tepatnya  nggak tahu jam berapa  yang jelas  masih pagi, Pagi itu banyak jalan  yang di tutup  buat car free day,, maklum lah  hari minggu…. jadi terpaksa kita  jalan sambil ngandalin GPS. melewati gang gang sempit tapi semuanya  menyenangkan. Coba  kalau pas nyetir motornya  sambil ndengerin goyang  dumang  pasti lebih menyenangkan.
Singkat cerita  sampailah kita ke air terjun jumog, sepeda motor kita parkirkan dan mulai lah kita menyelusuri jalan yang nggak terlalu lebar… tapi sebelumnya  kita di sambut spanduk seperti in,,
Kalau  kurang jelas  tulisannya,, mister tulis  ulang ya…”SELAMAT ANDA TELAH MENURUNI DAN MENAIKI 232 ANAK TANGGA. SEMOGA ANDA TAMBAH SEHAT  DAN SUKSES.
Wow…. berarti untuk menuju ke air terjun jumog kalian musti menuruni 106 anak tangga  ya…. lets go…. nggak usah takut capek… soal  turun mah keciillll…. badan mister  kan bulat  tinggal menggelinding aja   sampai, wkwkwkwk
Nih  anak tangga nya….

Setelah  menuruni anak tanggak sebanyak 116 buah  sampailah kita  di air terjunnya….let cekidot….

Suasana  begitu  tenang  dan sejuuuuukkk,,,, beneran   saking sejuknya… lupa  kalau mister belum mandi pagi….. wkwkwwk.
Do you know   kapan air terjun jumog mulai di  rapikan dan di tata apik oleh warga  masyarakat  sekitar itu tahun berapa? kalau belum tahu… so let me tell you  ya….
Air terjun jumog  mulai di tata dan di rapikan sebagai tujuan wisata  di mulai pada tanggal 07 Agustus 2014. Dengan merebas semak belukar… akhirnya memunculkan keindahan air terjun jumog..
Air terjun jumog  mempunya  3 cabang  air terjun, masing masing di namai klueng, kusumajati dan jubleg,  yang artinya… silahkan  nanti tanyakan  pada pengurus  air terjun kalau kalian kesana..coz  mister  juga nggak tahu artinya…. hehehehe…kebetulan  pas sampai sana  mister ama dimas bas… masih sangat pagi  jadi  ya… suasana  bener bener  sunyi senyap… bener bener  bisa menikmati keindahan  dan gemercik  suara air terjun.
Setelah  beberapa  jam  kemudian mulai deh  muncul  para pengunjung  air terjun jumog lainnya… awalnya  dua..orang  terus makin lama makin banyak… waduhhh kayaknya  suasana  mulai nggak kondusif… jadi  sebelum air terjunnya  berubah  jadi pasar tumpah  mending mister  menyingkir dulu.
Selain masih ada  tujuan lain…. mister sebenarnya  nggak suka tempat yang terlalu rame…hahhaha.
Eh  sebelum bener bener  menyingkir  dari  air terjun jumog,,, kayaknya   mister musti breakfast dulu  ya… breakfast   lontong plus  sate  kelinci, hahhahaha.

its the first time dalam hidup mister  makan sate kelinci,,,, hahahha, nduesoo banget  ya  mister yg satu ini. Sama hal nya  seumur hidup mister  juga baru sekali naik kereta  api… hahhaha, itu juga  klu nggak
sempatin  nggak bakalan  pernah  bisa merasakan naik kereta  api.  meski cuma jarak dekat jogja-solo,
maklum  tempat tinggal mister nggak di lalui jalur kereta  api.
Selesai  sarapan  istirahat bentar…. and  kita  siap siap  menaiki 116 anak tangga.  yoo… ready  ready…

Nah  setelah  naik anak tangga  …perjalanan  sebenarnya  kita  lanjutkan ke telaga madirda…nggak jauh sih sebenernya dari air terjun jumog… tapi karena  kondisi jalannya yang pas menuju ke telaga madirda nya   sangat  curam…. akhirnya  mister putuskan  aja  untuk melambaikan tangan  tanda menyerah. hahhaha.
its  ok… meski nggak lihat secara langsung tapi mister   bisa baca keterangan  telaga  madirda. ini dia

Setelah menyerah di tujuan ke dua yaitu di telaga madirda…perjalanan kita lanjut ke tujuan ke tiga..yaitu Candi sukuh. sebenernya tahun lalu udah pernah ke candi sukuh  tapi nggak ada salahnya  mister refresh lagi di artikel ini., lihat  pict nya  aja  ya…mister  nggak perlu lagi mengulas candinya   coz dah mister  tulis  di artikel  terpisah. mister cuma menambahkan foto foto  yang kiranya di artikel yang lama  belum ada  ya…. hahhahah. lets cekidot…

Selesai ke candi sukuh… kita lanjut ke candi cetho… yang ini juga  pernah mister ulas  so mister  cuma nambahi beberapa  foto aja   ya…. untuk ulasan  silahkan baca  artikel candi cetho di blog mister. oh ya  ada yang baru lho di candi cetho, kita  di wajibkan pakai selendang ato jarik saat  masuk.. ke candi cetho. yuuk kita  lihat  fotonya…..

Dan akhirnya  selesai  sudah  mister bolang…melaporkan hasil klayapan kemarin…. hehhee.  sampai ketemu di kisah mbolang yang lain ya,,,, yang pastinya   lebih seru  donk….
ok mister istirahat  dulu… see you…..

6 Comments

Reply