Air Terjun Kedung Kayang, Wonolelo, Sawangan, Magelang

Hallo  my beloved bro and sist…. kembali lagi mister bolang mo nulis nulis  ngasih  review  salah satu air terjun yang ada di jawa Tengah  nih.
Nggak jauh jauh amat  koq, cuma di sekitar  Magelang, tepatnya di desa wonolelo, kecamatan sawangan, atau lebih easy nya berada  di jalan magelang boyolali….
  Oh ya nama air terjunnya  belum mister sebut ya namanya?  (udah di Judul paling atas) hahhahaha
Iya namanya air terjun kedung kayang, kalau kmarin mister tempuh dari kecamatan grabag, coz  sebelum ke air terjun kedung kayang, mister bolang mampir dulu ke candi umbul yang ada di grabag. (candi umbulnya  mister bahas lain waktu aja ya).
Dari grabag  mister ikuti aja GPS, mister jd drivernya  dan  mister ko2h yang baca GPS, karena biasanya  klu mister bolang yg baca GPS,, bisa  nyasar nyasar  wkwkwkkwk.
Sepanjang jalan  tak lupa sesekali berhenti  untuk cekrek sana  cekrek sini  karena  banyak view  yang sayang  klu nggak di abadikan. termasuk view  di bawah ini nih….

Tumben  mister bolang pakai kemeja  panjang  hahhahaha, Tapi tetep  meski pakai kemeja panjang  , bawahan tetep pakai celana  pendek  biar bisa gerak  lincah dan gesit, hahhahaha.
Foto2  di atas  mister ambil sekitaran  gardu pandang ketep. kmarin melewati ketep juga… tapi yang di lihat dari ketep  juga  kurang lebih  hampir sama  dengan yang mister jepret.
Daripada buang buang waktu dan duit buat bayar tiket, mending mister lanjut aja  ke air terjun kedung kayang.
Dan kalau sudah sampai ketep itu tandanya  air terjunnya udah  dekat, kalian tinggal cari aja  pertigaan jalan dekat ketep  yang mengarah  ke kabupaten boyolali, nanti kalian ikuti  jalan yang menuju arah boyolali dan anda akan menemukan gapura selamat datang ke air terjun kedung kayang spereti ini  nih….

Spnduk selamat datangnya  sampai compang camping, nggak tau abis  di apakan ama pengunjung tuh  wkwkkwwk.
Nah  dari gapura  kalian lanjut aja, sampai menemukan  pos retribusi dan tempat parkir. Retribusinya cukup murah  lho mas and sist  bro… cuma 4000 rupiah.  parkir 2000 kayaknya. mister lupaaa  coz  yg bayar kmarin mister ko2h, hahahha.
Dari pos retribusi  perjalanan  musti di lanjutkan dengan jalan kaki, enak  kok trakcknya   landai  terus  Turun  menukik tajam , hahahhaha seperti ini nih

Tuh kan  abis landai terus  menukik  tajam turun ke bawah, pokoknya  enak kalau pas Turun,  soal naiknya  urusan nanti, lihat air terjunnya  aja belum  udah mikir naiknya… hufftt.
Setelah bbrpa lama  mister  ketemu ama  papan petunjuk seperti ini nih

Itu artinya  kalau kita  mengikuti  panah Atas air terjun, kita bisa melihat air terjun dari atas, klu kita  mengikuti terowongan, kita bakal sampai di  bawah air terjun.  maksudnya air terjun bagian bawah  tempat air terjunnya jatuh. (mister kmarin juga sedikit bingun dengan kata kata terowongan, tak kira ada terowongan beneran ternyata jalan arah ke air terjun bagian bawah)
Iya mumpung  masih di atas  knapa  nggak di coba  dulu lihat air terjun dari atas ? iya  mister  akhirnya  ke air terjun atas dulu   dan ini dia  view yg  berhasil mister  cekrek….

Lumayan ngeri  broohh , berdiri di tepi tebing  takut tiba  tiba  tebingnya longsor,  bisa bisa  mister nggak bisa klayapan lagi. hehhehee
Karena  lama lama di atas terasa  ngeri akhirnya  mister lanjut ajah untuk ke air terjun bagian bawah,  musti menaiki anak tanggak yang barusan kita turunin broh…. lumayan capek  naiknya  tapi tetep  foto dulu  dah  biar  exist   wkwkkwwk

Bibir  mister bolang  aja  serasa  agak ndower  ndower  gimana gitu  saat mengatur nafas  saat  naik undak undakan  tangga  beton.
iya biar  nafas mister  tetep teratur  dan nggak tersengal sengal dan tetep terlihat elegan  meski sebenarnya ngos ngosan  wkwkwkwk.
Jalan  untuk mencapai  air terjun kedung kayang bagian bawah  nggak beda jauh ama  air terjun bagian atas…tetep mister bolang  harus  menuruni anak tangga turun ke bawah, lanjut jalan setapak yang udah di semen… jadi menurut mister bolang. pemerintah kabupaten  udah mengelola dengan baik dengan membuatkan jalan setapak  ke air terjun kedung  kayang.
Setelah jalan setapak berakhir  , perjalanan musti mau nggak mau di lanjut dengan menyelusuri  sungai. nah klu pas di sungai kalian kalian harus lebih waspada  dan lebih hati hati.
Bisa  jadi saat kalian menyelusuri sungai… air sungainya waktu itu kecil, tapi bisa   berubah total setiap saat  kalau  hulu sangai  terjadi hujan besar.

Nah  terlihat  foto di atas air  masih dalam kondisi cukup jernih kan? iya  nggak keruh keruh amat lah.
Setelah  menyelusuri sungai  sampailah  di air terjun  Kedung kayang, ciiiieeeehhh ciiieeeehhh hahahahha
ini penampakan air terjun kedung kayang dari berbagai sudut.. dan berbagai gaya  mister bolang saat di cekrek  hahahhahah

Nggak beberapa lama  mister sadari  kalau air  dah berubah  menjadi coklat dan  debit air  juga  mulai bertambah.
itu tandanya  kalau di hulu sungai  lagi hujan, bisa  jadi sebentar lagi bakal ada  banjir di area  kedung kayang.
Nah  klu dah melihat tanda tanda  seperti itu  ada baiknya kalian  langsung cabut aja  dari  air terjun, dan cepet cepat bergegas  naik ke daratan.
    Setelah melihat sendiri  air terjun kayang ini, menurut mister  pemerintah  kabupaten magelang  dah mengupayakan semaksimal mungkin   air terjun kedung kayang ini sebagai tujuan wisata. hal ini di lihat dari di buatkan jalan  setapak dan tanggak berundak dari beton.
Secara  dengan tiket cuma 4000, nggak seberapa  klu di bandingkan dengan fasilitasnya, coba  kalau nggak di buatkan jalan setapak, kalian kalian bakal mengalami kesusahan  untuk mencapai air terjun kedung kayang, believe me  deh  pokoknya.
ok  mas dan mbak brohh semuanya  mister  bolang pamit dulu, besok mister sambung lagi dengan artikel yang lain.

2 Comments

  1. Anonymous

Reply