Akses dan Transportasi Termudah ke Kawah Ijen Via Bondowoso, Jatim

Hallo mas dan mbak  bro…mungkin dah beberapa kali mister bolang posting tentang kawah ijen, tapi semoga kalian nggak bosen  karena  setiap postingan selalu ada pengalaman unik mister bolang. hehehe.
Tapi kali ini  mister bolang akan lebih fokus  ngasih informasi kepada kalian bagaimana cara termudah  untuk ke kawah ijen dan tempat tempat wisata lainnya sekitar  bondowoso .
  Biasanya kendala pertama  seorang yang mau berwisata  apalagi sendiri, nggak ada teman  pasti  bingung bagaimana  untuk mencapai  destinasi tersebut, terus  transportasi  apa yang harus  di pakai.
angkutan umum sampai di destinasi tersebut apa nggak? pasti itu kan yg jadi masalahnya? hehehehe
Nah  ulasan mister bolang kali ini mau ngasih tau kalian kalian biar untuk tidak berkecil hati, terutama buat kalian para jomblower yg mau  wisata ke kawah ijen dan sekitarnya nanti di temani ama driver ojeg wisata, hahahaha
Tergerak untuk mempromosikan bondowoso  sebagai tujuan wisata,  pemuda pemuda bondowoso yang tergabung dalan RMB (relawan muda bondowoso) membentuk  atau istilahnya mendirikan Ojeg wisata  dengan nama R-jeg. logo nya   seperti  ini  nih

R-jeg  memeberi kemudahan buat  kalian untuk keliling , mengexplore  seluruh  tempat  tempat wisata  yang ada di bondowoso.
Yang kalian lakukan  menentukan tempat wisata yang kalian inginkan, estimasi waktu  dari satu tujuan wisata ke tujuan lain  juga harus kalian perkirakan.
selanjutnya  kalian contact  aja… R-jeg.  di nomor HP 0821 3906 7507 atau di WA 0812 3518 8126.
Nah  ojeg wisata akan menemani kalian  seharian full sekaligus menjadi guide kalian.  Dan kalian juga nggak perlu takut , selain kalian nggak buang buang waktu.. ojeg wisata wisata juga ramah di kantong. hehhehee.
Tanya  aja  ama nomor tersebut di atas ya klu mau tau pasti harganya. Soalnya mister bolang bukan anggota manajement dari R-jeg, mister bolang sekedar membantu kalian untuk mendapatkan akses transportasi yg mudah, hemat duit dan hemat waktu. yoooiiiiiiii……

 
Nah  tadi  udah mister kasih tau akses termudah ke kawasan ijen dan destinasi wisata lainnya sekitar bondowoso ya semisal, kawah wurung,  air terjun belawan  bisa kalian kunjungi dalam satu hari  asal kalian pinter2 ngatur waktunya.
Sekarang  mister ajak kalain explorasi kawah ijen lagi….jangan bosen  ya… hehehhee
Explorasi kawah ijen  mister mulai dari post pertama  kawah ijen aja ya  karena aksesnya  utk sampai kawah ijen dah  aku jelaskan di atas, hahahahaha
Di post pertama  kalian  harus membayar tiket untuk masuk ke kawasan kawah ijen, tiketnya murah… cuma 5000 rupiah.
Tapi setelah bayar tiket bukan berarti kalian langsung bisa menikmati indahnya kawah ijen, tapi kalian harus jalan kaki kurang lebih 3 kilometer dengan track yang menanjak  menanjak terussss, ada yg datar dikit sih  hehheheehe

Sembari tracking  kadang  mister bolang  membantu mendorong gerobak bapak  penambang  belerang  yg lagi menarik gerobaknya. bantuan kecil tapi  mudah2an bisa meringankankan  si bapak hehhee.
Setelah  kurang lebih 1,5 jam tracking… mister bolang and friends  akhirnya sampai di  kawah  ijen.  mo lihat kawahnya  seperti apa?  ini nih di bawah

Sebuah kawah  dengan danau  yang berwarna  hijau tosca, tapi jangan mandi di danau ini ya.. karena  danau ini mempunyai tingkat keasaman yg sangat tinggi.
Bisa  jadi badan kalian  akan rontok  klu mandi di danau ini   hehheheehe.
Selain itu danau kawah ijen  merupakan kawah  dengan  danau terbesar  di dunia yang di  tepi danau  secara terus menerus menghasilkan belerang yang di tambang  oleh warga  setempat sebagai mata pencaharian mereka.
Mau lihat seperti apa para penambang belerang yang ada di kawah ijen? yuk  mister ajak turun  ke  kawahnya

Kira  kira  antara  20 menitan  mister  sampai di  danau kawah ijen, kurang itu  itu termasuk cepat atau  lama  coz mister juga  setiap saat harus menghindari asap  belerang yang  kadang kadang tertiup ke arah mister bolang.
Mau nggak mau  mister musti  cari tempat yg aman dari kepulaan asap belerang. tips lain  kalau emg nggak sempat menghindar dari asap belerang, kalian bisa pakai masker  yang agak tebal terus di basahi, ini bisa membantu terhindar  dari aroma asap belerang yg menyengat.
Tapi untuk para bapak2 penambang belerang  mungkin karena  dah terbiasa kali ya  jd kena kepulan asap belerang juga terlihat santai santai aja.
beda ama mister bolang  begitu kena  kepulan asap belerang, dada langsung terasa nyeri, batuk batuk , sesak nafas… komplit  pokoknya  hahahaha
Ini dia belerang di tepi danau kawah ijen yg stiap harinya di tambang oleh warga… mister kasih foto lebih  biar  puas lihatnya   hahahahha

 Samapai dasar  kawah ijen  dan berada tepat di bibir danau kawah ijen… kurang afdhol rasanya klu nggak nyentuh air danaunya.
Ternyata air danau kawah ijen  terasa  hangat  cenderung panas dan terlihat  gelembung2 kecil  dari uap panas yg muncul di tepi  danau

Ok sekian dulu ulasan mister bolang tentang cara termudah ke kawah ijen  sekaligus mengexplore  kawah ijennya.
Mudah mudahan bisa membantu kalian yg pengen ke kawah ijen tapi bingung dengan transportnya
mister ingetin sekali lagi cara paling mudah  ke kawah ijen ya  pakai ojeg wisata R-jeg ,  nomornya udah   mister kasih tadi di atas.
nih kalau lupa  mister tulis lagi.. 0821 3906 7507 atau  di WA 0812 3518 8126.  berangkaaaaatt hehehhee
Mister ke atas kawah dulu   bareng bapak penambang  yang membawa belerang ke atas karena  mister rasa dah cukup berada di kawah danaunya, duuhhh  bapaknya kuaaat banget.
Mister  aja  yg cuma jalan kaki nggak bawa beban apa apa  aja  nafas  ngos ngosan nggak karuan, hahhahaha

Sampai ketemu di ulasan mister bolang di destinasi wisata lainnya  ya,  pokoknya  di tunggu aja… hehhehee

Reply