Aura Mistis Di Goa Kiskendo, Kulonprogo, Yogjakarta

Met  sore  semuanya  mas dan mbak bro, apa kabar  semuanya? good? semoga aja kalian semua  good, hehehe.
Mister mau ngasih ulasan perjalanan mister ke goa kiskendo  yang ada di desa Girimulyo Kulonprogo Jogja  nih.  mau  nggak?  mau ya…… ! 🙂
Ok  sebenarnya perjalanan  ke goa kiskendo  ini satu paket sama air terjun  kembang soka, tapi  karena  kemarin kemarin  mister lagi kesusahan (salah satu teman bolang mister  telah  di panggil Tuhan)  ya  baru  mister tulis  sekarang, nggak papa  kan  telat  dikit  ,:-)
Perjalanannya   persis   seperti  waktu  mister jalan  ke air terjun kembang soka   ya…., dari terminal Giwangan lanjut  ke Godean….lanjut  arah  Purworejo pokoknya.  goanya  juga di pinggir jalan  gerbang masuknya  jadi nggak susah carinya.
Ok singkat cerita sampai di goa kiskendo, mister mo cerita penampakan luar dan dalam goa kiskendo  aja ya  daripada ngasih  rute  ntar mister bingung  sendiri hahhahaha.
Di luar  goa kiskendo terpampang tulisan  goa kiskendo  lumayan gedhe, terus  area luar goa juga di buat taman  taman  yang  lumayan  luas.

Terus  di samping  kiri dan kanan mulut goa… terdapat relief  yang menceritakan tentang  kisah  duo kembar sugriwa dan subali yang bertarung  melawan mahesa suro.
Ceritanya gini kira kira kalau mister  nggak salah  ya…. intinya salah satu  dari duo kembar tersebut   di suruh  mengusir  mahesa suro yang tinggal di goa  kiskendo. nah  mereka berbagi tugas…. antar  sugriwo dan subali.
Subali masuk goa untuk melawan mahesa suro, dan Sugriwo  menunggu  di depan  mulut  goa.
Subali  ngasih tau  sama si sugriwo  kalau nanti  sungai  yang ada di dalam goa  mengalir  darah warna merah, berarti mahesa suro kalah, tapi  kalau sungai  yang ada di dalam goa tersebut  mengalir berwarna putih  berarti aku yang kalah, maka segeralah  tutup mulut goa  ini. itu perintahnya kepada Sugriwo

Singkat cerita terjadilah pertarungan sengit antara  mahesa  suro, dan  sungai  yang  ada di dalam goa  mengalir warna putih tapi bercampur merah… si Sugriwo jadi bingung.. di tunggu tunggu  saudaranya  nggak kunjung keluar. akhirnya dia berfikir  kalau saudaranya sudah  meninggal dan akhirnya  di tutuplah  mulut goa tersebut.
Dan  sebenarnya si Subali yang ada di dalam itu belum meninggal,  tapi karena  mulut  goa  udah terlanjur di tutup, dengan kesaktiannya dia  menembus goa  ke atas  hingga bolong, (nanti mister  akan kasih  lihat  ya bagian goa yang  tembus  bolong ke atas, hehhehe)
atas jasanya  mengalahkan mahesa suro   si Subali yang menunggu di luar  goa tadi  di jodohkan  ama bidadari.
Tapi  tiba tiba  aja  si Subali  muncul, dia merasa nggak terima  karena  dialah  yang merasa berjasa membunuh mahesa suro, dan akhirnya terjadi  perselisihan antara  si sugriwo dan si subali,  mereka bertarung  sengit  hingga salah satu dari mereka terusir dari kerajaan…. cerita   selanjutnya  tanya  ama  bapak juru kunci goa kiskendo  aja  ya..
soalnya ceritanya ada banyak versi…, so  cerita  yang mister  sampaikan  jangan di complain, hehhehe
Sekarang  mister  kasih denah  goa kiskendo nya  aja…. seperti ini nih..

Mulut goa kemiringannya hampir 70 derajat  udah  di kasih anak tangga untuk masuk ke dalam… begitu masuk ke  dalam  kita  akan melwati  sungai  yang ada di dalam goa. kebetulan  waktu  itu letinggian  air  sungainya masih relatif  aman  yaitu  sabatas mata kaki di  rute  jalan  yang  kita lalui  lho ya. kalau samping kanan dan kiri  lumayan dalam

Seperti  foto di bawah  ini  nih jalan  setapak yang udah  di beton   terendam  air  sebatas  mata kaki, lumayan ngeri karena penerangan di dalam goa juga minim.
Mister  takutnya  tiba tiba  ada mahluk  yang  mister takuti muncul, seperti  ular  misalnya, hahahhaha
Akhirnya  mister keluar  lagi  kali ini  mister minta bantuan  juru kunci  buat menemani  si mister bolang  yang lumayan penakut ketemu   ular, hahahhaha
Si bapak meyakinkan  kalau nggak  ada   binatang  yang namanya  ular, tapi  ya tetep aja di  dalam goa  cukup gelap… mau nggak mau  tetep aja  si bapak  mister paksa nemani masuk ke dalam. hehehe

Foto di atas  itu  saat  mister  mo masuk tapi nggak berani,  nah  foto di bawah ini  setelah di  temani  ama  si bapak,  hati mister  lumayan  plong  nggak ketar ketir…. ahhahahha.
Yuk  lita mulai menyelusuri ruangan demi ruangan yang ada di dalam goa kiskendo

Dari  mulut  goa  sampai masuk  jauh ke dalam  kita belum mengalami kesulitan  celah goanya masih  luas tapi  setelah  itu…. untuk  masuk kedalam lebih  lanjut kita musti merangkak rangkak mas dan mbak bro…
Buat  yang  kurus  kurus   seprt  mister  sih  nggak  ada  masalah, hahahhaha (kurus  apaan? ndut  iya)
Mari  kita  lihat  latihan militer  ala mister bolang. di bawah  ini

Satu hal  lagi  kenapa dinding dinding goa  ini, stalaknit dan stalagtit nya warnanya  hitam?  naaahhh  ada yang tau?  ayooo  siapa yang mau jawab?

Jawaban dari pertanyaan  di atas  adalah… karena   pada  waktu itu  goa kiskendo  belum di kasih penerangan, jadi setiap pengunjung yang datang pada jaman itu masih pakai obor untuk penerangannya… Alhasil  yaaaahhhhh…. goa kiskendo  stalagnit dan stalagtit nya berubah  jadi hitam….
Ini  fakta  lho  jadi  kalau  kalian  nggak percaya coba  aja  ntar stalagnitnya  yang  hitam  itu di raba… ntar  jelaga  pada  nempel di tangan kalian, hehhehe.
Di bawah  ini adalah  adalah  bagian goa  yang di sebut  Semelong,  bagian tersebut  tembus  vertikal  ke atas.
Konon  katanya  ini  adalah  tempat  di mana Subali  dengan kesaktiannya  menembus  goa  karena  pintu goa   terlanjur  di tutup oleh Sugriwo.

Sekarang  mister  kasih  tau  ruang  ruang lainnya yang  ada  di dalam  goa  ya….. hahhaha. (kali  ini mister merasa pinter  ngasih  keterangan).
Ok,  foto di bawah  ini  merupakan  bagian  atau ruangan  goa  yang di sebut santri tani.
di ruangan  ini  tanahnya  berbeda  dengan ruangan  lain.  tanahnya  lembut  dan kering….seperti  bekatul  gitu.

Kemudian   foto yang di bawah  ini  adalah  ruangan buat semedi atau  tirakat, Tujuannya  macem  macem  sih tergantung  kepentingan  mereka yang semedi  di situ.
Sedikit gambaran,  ruangan  ini wangi  bro…. wangi  tapi horoorrrrrr, lama lama di ruangan  ini bisa bikin  bulu  kuduk berdiri, haaaahh  cuma  bulu  kuduk  lho ya  bukan bulu  yang  lain, wkwkkwwk

Dan foto  yang ada di bawah  ini adalah  ruangan yang di namakan  lumbung… kenapa bisa  demikian? karena  di ruangan ini  adalah ruangan yang paling kering  meski  musim  hujan  atau kemarau  nggak ada  sedikitpun air yang menetes di ruangan  ini…..
Btw  fotonya  sedikit kurang jelas nggak papa  ya…. maklum kamera mister lensanya  abis  kecipratan  air  di bagian ruang semelong. hehehhee .
Tuh   si bapak tua  sang  juru kunci  lagi  menjelaskan  apa apa yang ada di dalam goa kiskendo.

Kita lanjut lagi  keruangan  selanjutnya… kali ini pasukan mister bertambah jadi lebih PeDe  aja  memasuki ruang demi ruang  di dalam goa kiskendo.

Dari bagian goa yang di sebut lumbung  tadi  mister  dan pasukan berjalan   juga  kadang  merangkak  menuju  ke bagian  yang di sebut  kalu nggak salah  lidah mehesa  suro,
Sebuah stalagnit  yang  mirip  lidah  menjulur  panjang  gitu  terus  mengalirkan  air, konon katanya air liur mahesa suro,  hehehhee
Kita  lihat penampakannya  aja  ya…lewat  foto di bawah  ini, kata  bapak tua  siapa  yang  membasuh mukanya  sambil berdoa   katanya  doa nya  akan  dikabulkan. hhhmmmmmm
kalau  yang  ini   tergantung   kayaknya coz  kemarin  mister  punya dua doa… yang pertama buat kesembuhan dimas… tapi  nggak terkabul.
doa  yang kedua  minta supaya  kulit mister bisa  hitem  maksimal… nah  yang  ini terkabul. hehhehe

Setelah  selesai  menjelajah  ruangan demi ruangan  yang ada di dalam goa… akhirnya tiba saatnya  kembali  ke atas. maksudnya  keluar  goa.
Sedikit  ada  saran  dari mister buat pengelola goa Kiskendo, bagaimana  kalau  stalagnit dan  stalagtit  yang  menghitam  itu  di bersihkan di semprot  pakai  air apa  gitu   untuk memulihkan  warna  aslinya .
Terus  satu  lagi, untuk penerangannya di tambahi  dengam  lampu  yang warna  warni  seperti di goa gong dan goa lowo, mister yakin  goa kiskendo  akan lebih kereeeeen.
Itu sekedar   saran  sih   biar  wisatawan  yg datang  bisa lebih  banyak lagi , hehehhee

Saat  mau balik  menuju  ke mulut  goa… ketinggian  air  masih  semata kaki  jadi  tetep aman , tapi  tetep musti hati hati, tetep di jalur yang udah di tentukan  biar  nggak nyemplung  ke bagian yang lebih dalam..

Ok  mister akhiri  dulu  kisah  perjalanan mister di goa kiskendo yang ada di Girimulyo, Kulonprogo Jogjakarta, semoga  bisa menambah refrensi  kalian   yang mau berwisata di daerah  Jogjakarta.
Mister pamit  dulu… dan  nantikan petualangan  mister  selanjutnya….Eh  tapi  ini musim hujan lho bro… kayaknya  petualangannya  di tempat tempat  yang  aman aja dulu, hehhehe
Ok… see you  smuanyaaaaaa………..!!!!!!

4 Comments

Reply