Benteng Van Den Bosch, Ngawi 1839-1845, Jawa Timur

Kalau di Bulan Febuari kemarin Mister Bolang mengulas tentang Benteng Willem 1 yang ada di Ambarawa, Nah di bulan Maret di tahun 2015 ini, kembali mister bolang tanpa sungkan sungkan bakal ngasih ulasan seputar benteng juga, lokasinya  terletak di  Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi Jawa Timur.
Lebih gampangnya sebelah utara alun alun Ngawi kalau mister nggak salah arah, hahhahayyyy.  Maklum mister kalau dah capek gitu, urusan nyampai tujuan yang mister maksud  aku serahkan ama bapak ojeg atau bapak becak, mister tinggal terima bersih aja…. nggak tau itu utara selatan yang penting sampai.
Kalian mau tau nggak aksesnya menuju kesana?
Kalau kemarin berhubung ke Benteng Van Den Bosch ini tujuan kedua setelah napak tilas kejayaan kerajaan Majapahit di Trowulan ya mister  tempuh  dari  Surabaya, Mojokerto lanjut Ngawi.
sampai Ngawi mister turun di Terminal Ngawi lama, dan dilanjut dengan lanjut becak, hahhaha.
Bapak becaknya  minta 20 rb, tapi karena mister bolang itu baik hati mister kasih 30 ribu… hahaha beneran lho, tapi dengan syarat, bapak becaknya  musti nungguin aku di benteng sampai selesai terus  bawa aku kembali ke tempat semula di mana aku turun dari bus,  hahaha.
Sebenarnya mister baik hati atau pinter ngakali sih…. wkwkkwwk. lha  dari pada bapaknya balik tanpa bawa penumpang? kan mending nunggu mister dan dapat tambahan,  boleh di bilang simbiosis mutualisme  gitu deh, hahahayyy.
Benteng ini juga bisa di akses lewat jalan Solo Ngawi kok, kalau dari solo kalian tanya sama orang sekitar ya  coz mister kemarin nggak lewat dari solo kalau pulangnya sih lewat solo.
Lanjut ke pokok pembahasan…
Benteng van den bosch ini di dirikan oleh Gubernur Van Den Bosch  pada tahun 1839-1845, berapa tahun tuh? 6 tahun ya.
Coba nih lihat fotonya… di depan benteng masih ada tahun pembuatannya  kok….

BENTENG VAN DEN BOSCH

Tujuan di bangun benteng ini  tentunya  buat  pertahanan dan sekaligus  buat camp militer Belanda di wilayah Jawa Timur bagian barat.
Secara fisik bangunan Benteng Van Den Bosch  ini  lebih kecil di banding Benteng Willem yang ada di Ambarawa Jawa Tengah, dan bangunannya juga sama horornya, bangunan tembok yang kisam, sana sini tinggal kerangka bangunan aja tanpa atap.

Mau lihat seperti apa fisik bangunan dari benteng ini…. lets cekidot….

Benteng Van Den Bosch
Pintu masuk  benteng van de bosch            
Pada  pintu masuk Benteng Van Den Bosch ada tulisan tiket masuk, tapi oh tetapi pas mister masuk mau beli tiket masuknya,  ternyata di situ tempat pemeriksaan tiketnya aja, beli tiketnya harusnya di depan, hahaha.
Oleh petugasnya mister di suruh masuk aja tanpa bayar tiket, so kalau kalian tanya tiket masuknya kepada mister… I,ll be glad to answer  its freeeeee for me, for you  I dont know, hahahaha.
Ada untung juga  pakai jasa pak becak ya, bisa langsung menyelinap sampai depan benteng tanpa harus bayar tiket, wkwkkwk.
Lanjut lagi ke dalam Benteng Van Den Bosch,  kali ini mister  nggak pelit pelit  mata  buat ngasih tau keadaan Benteng Van Den Bosch, lihat  ya….

Benteng Van Den Bosch

Benteng Van Den Bosch

Benteng Van Den Bosch

Benteng Van Den Bosch

Semua foto di atas tersebut kondisi yang bisa kita lihat begitu kita masuk ke Benteng Van Den Bosch, nampak pilar pilar yang masih kokoh  meski terlihat kusam.
Lanjut ke sebelah timur benteng, bagunannya  juga sama aja tinggal tembok tembok yang nampak horor, ada sumur tua yang konon buat pembuangan mayat pada jaman penjajahan, ada yang bilang pada jaman  GS30 PKI, mungkin kedua duanya bener.  lihat aja yuuk fotonya…
Benteng Van Den Bosch

Lanjut ke sebelah utara benteng, kalau di lihat  banguanannya  dari luar bakal terlihat seperti ini….

Benteng Van Den Bosch

Gambar tersebut mister ambil dari luar benteng sebelah utara (sekali lagi kalau mister nggak salah arah) mister ambil dari atasa tanggul, kayaknya tanggul tersebut  buat menahan banjir  coz di sebelah benteng emang ada sungai.
Sedangkan sisi benteng sebelah utara juga nggak kalah  mengenaskan, coba lihat  nih…

Benteng Van Den Bosch

Benteng Van Den Bosch

Oh ya  buat kalian yang kehausan kalau pas dolan ke benteng ini nggak usah kuatir ada kantin  sederhana kok, ntah kamu selera atau nggak  makan minum dengan suasana yang horor  hahhaha
yang penting tugas mister kan ngasih tahu kalau ada kantinnya…. lihat yuuukkkk…
Benteng Van Den Bosch
Ok dah  kayaknya sekian dulu laporan tentang Benteng Van Den Bosch, kayaknya  kalau kalian mau kesana juga yang kalian jumpai  persis  seperti yang ada di  foto foto  mister, hahahha.

kemarin mister nggak bisa lama lama di sana coz  langit dah  siap siap mengguyur   kota ngawi  jadi mau nggak mau ya mister  musti sadar  diri untuk segara meninggalkan benteng tersebut, hehehe.
yo wis lah kalu gitu  mister akhiri saja jangan lupa abis ini  mister mo napak tilas kejayaan majapahit di tunggu aja  ya….. see you…..

6 Comments

Reply