Candi Barong (Barong Temple) Sleman Jogjakarta

Ada yang sudah pernah ke Candi Barong? kalau belum…. mari bareng mister bolang menjelajah ke Candi Barong. 

Candi  ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman Jogjakarta.
Candi ini merupakan Candi Hindu yang berada di bukit Batur Agung, dengan ketinggian 199,27 mdpl.
Ceilaaah  tumben  ngulasnya  secara  serius,,, mister dapat contekan  dari mana nih? hahaha.
Huuusstt….. ntar  aku kasih tahu dapat contekan dari mana, dengerin aja keterangan dari mister bolang dulu….
Candi Barong terbagi menjadi 3 halaman….yaitu halaman  pertama  yang terdapat dua buah candi.. dan halaman ke dua dan ketiga yang merupakan sebuah pelataran  yang  luassssssss……, mau lihat  fotonya?  oohh dengan senang hati  mister  pamerin ke kalian….

Candi Barong

Candi Barong

Nah foto foto di atas merupakan halaman pertama…..yang terdapat dua buah candi utama, kalian mau tau nggak ukuran candi utamanya itu berapa, hhhmmmmmm kali ini mister bolang sedikit lebih detail ya,,,,hahaha.
Candi utama Candi Barong ini berukuran 8,18m x 8,18m dengan ketinggian…9,05 meter….. wwwiiihhhhh  bener bener  kali ini  mister bolang  sok pinter, hahhahhaayyyyy
Ada hal yang unik dari candi  ini….. candi ini merupakan candi yang tertutup…. nggak ada ruangan  yang bisa di masuki bener bener tertutup.
Lanjut ke halaman kedua….. halaman kedua ini merupakan teras  yang luasss, mungkin halaman ini waktu itu tempat berkumpulnya  jema,at saat  mau melakukan peribadatan kali ya…..
mau lihat  halaman kedua  seperti apa?   ini  dia………

Candi Barong

Dan untuk halaman ke tiganya…..mister ada fotonya  nggak ya hahahha,  coba  mister check dulu  di kantong ajaib  mister….

Candi Barong
Nah kayaknya foto di atas adalah halaman ketiga…. pelatarannya nggak begitu luas di tumbuhi rumput hijau yang segerrrr, iya terlihat seger karena musim hujan, kalau pas musim kemarau suasananya lumayan gersang  seperti ini.
Candi Barong
Kita lihat  foto foto Candi Barong dari beberapa sisi yukkkk biar gambarannya lebih jelas…..dan kalian  nggak merasa tertipu… kalau cuma di tampilin  dari posisi cantiknya  aja.. hehe tapi buat mister candi ini memang cantik sih….
Fotonya kita urutin dari awal mulai kita masuk ya…… tapi yang belum sempat mister pamerkan di atas…..hehehehe
Dengan membaca doa menurut kepecayaan kalian masing masing  mari kita lihat foto fotonya…….

Candi Barong

Terus  di lanjut  foto menuju pintu masuk…..

Candi Barong

Dan di lanjut  berjalan menuju ke barat  soalnya  gerbang masuk ke Candi Barong terletak  di sebelah barat….

Candi Barong

Kalian akan menjumpai anak tangga terbuat dari batu  seperti ini  untuk sampai ke candi utama

Candi Barong
Dari foto di atas nanti masuk ke halaman ke tiga….. seperti yang udah mister terangkan dari awal…., kita menghitung halaman candi ini dari belakang ya… yang ada candinya merupakan halaman pertama, yang ke dua dan ketiga  yang nggak ada candinya  cuma merupakan halaman  aja. 
Inilah keunikan Candi Barong….. biasanya  candi candi kan berpusat di tengah… seperti Candi Sewu, Prambanan, Plaosan dll,,,, pusat candi utama nya di tengah… terus di kelilingi candi candi pendamping.
Kalau Candi Barong ini  pusat candi utamanya di belakang…..(hadeeeuuuhhh sekali lagi mister  kayak anggota tim peneliti arkeologi, wkwkwwk).
Mister ada beberapa foto  candi barong  dari samping…. mari kita lihat…..

Candi Barong

Candi Barong

Sebagai keterangan tambahan…. candi barong mulai di pugar  pada tahun 1987 dan selesai  di tahun  1992, dan selama pemugaran tersebut di temukan sejumlah temuan arkeologis diantaranya arca Dewa Wisnu, Arca Dewi Sri, masing masing dua buah dan satu buah arca ganesha dan dua buah arca yang belum selesai dan masih ada beberapa  barang lain yang mister nggak bisa terangkan,,,, hahahaa
Udah dulu ya….. nanti mister sambung lagi dengan artikel lain…. kayaknya sih masih mengulas seputar candi… di tunggu aja pokoknya….. seeeeeeeeee  yyooouuuuuuuuu

Reply