CANDI BOROBUDUR (Maha Karya dari Suku Jawa) By Mr. Bolang

Bosan  selalu jalan jalan ke pantai, kali ini mister bolang mengajak kalian ke candi Borobudur, iya Candi  Budha terbesar di dunia ini pasti kalian udah pada tahu kan?
Iya  candi ini terletak di Desa Borobudur, Magelang, Jawa tengah, yang konon katanya di bangun pada masa pemerintahan wangsa syailendra, sekitar tahun 800an Masehi.
CANDI BOROBUDUR
Candi ini mempunyai tiga tingkatan yaitu Kamadathu, Rupadahtu, Arupadathu. Yang artinya bisa kalian tanyakan sama tour guide di sana, wkwkwkwk
Kalian bisa pakai jasa tour guide buat mendapatkan penjelasan secara detail, karena banyak banget relief relief di candi borobudur yang menarik untuk di simak saat tour guide menjelaskan.
Untuk menuju ke candi Borobudur sangat mudah  pakai bangetz hehehee.
Kalau dari Jogjakarta, ikuti aja jalan lintas Jogja semarang,  begitu pula sebaliknya kalau dari Semarang. Yang suka naik bus Seperti mr Bolang, kalau kalian dari Jogja, naik minibus dari terminal  Jombor yang langsung menuju sub Terminal Borobudur, abis itu di lanjut jalan kaki beberapa menit sampai, atau kalau kalian bingung mau jalan ke arah mana, pakai jasa ojeg aja paling nggak sampai 100 ribu coz very very dekat. hahahaha.
CANDI BOROBUDUR
Kalau kalian dari Semarang bisa naik bus jurusan Jogja, nanti turun di terminal Magelang dan di lanjutan bus mini yang menuju Borobudur, pokoknya gampang dech, nggak ada kata sulit untuk mencapai lokasi Borobudur.

Hal yang perlu di patuhi saat berkunjung ke Candi Borobudur Adalah:
1. Jangan corat coret
2. Di larang memanjat
3. Dan jangan buang sampah sembarangan pastinya.

CANDI BOROBUDUR

Nah itu dia beberapa hal yg nggak boleh di lakukan, sampai di sini ada pertanyaan?  Ada pak mister bolang, kok pak mister bolang bisa memanjat bisa naik singa singaan juga?, Lho itu kan contoh  biar kamu jelas kalau mister terangkan pakai gambar, wkwkwkwkwk.
Oh ya tiket masuk ke Borobudur berapa ya ?  ahayy  pertanyaan  yang bagus, tiket masuk terakhir pas  mister bolang kesana itu udah 30.000, kalau sekarang mungkin udah naik. Kasih anggaran Rp 40.000 aja untuk tiket masuk siapa tahu beneran naik.

Menurut mitos, barang siapa bisa memegang jari manis  patung budha yang ada di salah satu stupa, maka keinginannya  bakal terkabul, but ini sekedar mitos lho, tapi boleh di coba sekedar untuk seru seruan.

Tapi jangan sampai ketahuan securitynya ya…!, hahaha.

Security Candi Borobudur kayaknya banyak yang over acting, nggak seperti dulu,  kaki baru nempel di stupa aja udah di tegur,  jadi serasa nggak bebas gitu.

Buat pengelola Borobudur juga, ini candi warisan dari nenek moyang kita, di tinggalkan untuk di nikmati dan di kagumi oleh cucu cucu nya, jangan terlalu mahal mahal donk tiket masuknya, biar semua bisa menikmati keindahan Borobudur.

Kayaknya sekian dulu ya ulasan tentang Borobudur, oh ya dari Borobudur kalian bisa lanjut ke candi Mendut yang  katanya sih umurnya lebih tua dari Borobudur,
Mau tahu seperti apa candi Mendut? berikut mister bolang  kasih fotonya sebelum kita ulas di lain kesempatan.
Candi Mendut

Kita akan bahas lain waktu aja ya Candi Mendutnya coz sekarang pak mister lagi mo ada acara, wkwkwk.

Dari  gambaran di atas  mungkin kita bisa menyimpulkan  bahwa jaman dulu boleh jadi hidupnya makmur , berkecukupan nggak kurang  sandang pangan, sehingga mereka punya banyak waktu untuk memikirkan hal hal yang lain seperti membangun sebuah candi yang megah, menciptakan instriment musik seperti gamelan yang nggak ada duanya di bumi, hehehe.

Nah aku tutup sampai di sini dulu ya….. see you semuanya, dan pesanku  cintai dan jaga apa yang di wariskan nenek moyang kepada kita, jangan di exploitasi demi kekayaan suatu  golongan atau pribadi, hhhmmm…… kita semua berhak menikmati.

Reply