Candi Gedong Songo Ambarawa Semarang

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo? ada yang dah pernah kesini belum? Buat kalian yang belum pernah ke candi ini bentar lagi mr bolang  akan memberikan  info seputar candi ini beserta aksesnya menuju ke candi Gedong songo.. Ok Lets Me Cekidot…
Candi ini berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan bangunan.

Tumben susunan kata kata mr bolang serius banget….wkwkkwk., Konon candi ini di bangun pada masa  kerajaan kalingga   yang terkenal dengan ratunya yang sangat adil itu….Ratu Shima.

Candi Gedong Songo
Candi gedong songo mempunyai persamaan sama candi candi yang ada di kawasan Dieng wonosobo, yaitu  beberapa candinya menyebar dan sama sama terletak di pegunungan hal ini yang membuat cuaca sekitar candi sangat sejuk, beda sama candi candi yang ada di seputar jogja.

Untuk menuju ke Candi Gedong Songo tidak sulit kok…. dari arah semarang kalian bisa naik bus  sampai pom bensin Lemah Abang, dari situ kalian bisa melihat petunjuk  untuk menuju ke candi gedong songo, atau bisa juga naik bus mini dari semarang jurusan bandungan, ini yang paling mudah…. ntar kalian bilang ama pak sopirnya  kalau mo ke candi gedong songo. ntar kalian akan di turunkan di dekat pom bensin juga…terus kalian lanjut ama ojeg motor. masih bingung dengan penjelasan mister? Klu masih bingung paling gampang tuh banyak nanya ama orang orang sekitar begitu dah sampai sekitar ungaran. hehehhee.

Memasuki  pintu masuk kita di sambut dua gapura dan patung2 binatang , sepertinya buat arena permainan anak anak,  klu kalian udah nggak merasa anak anak lagi lanjutkan perjalanan kalian untuk menyelusuri candi gedong songo satu persatu.
jarak keseluruhan candi gedong songo klu di akumulasi kira kira 4 km…kalu yang kuat jalan kaki monggo jalan kaki… buat yang pengen naik kuda,,, ada jasa  sewa kuda ama pawangnya kog… hahaha, jadi nggak usah kuatir bakal di bawa kabur kuda.

 

Untuk waktu yang paling tepat ke candi gedong songo,,, klu nggak pagi ya  sore , kalau beruntun kaian bisa lihat  kabut yang turun , menghilang dan turun lagi… pokoknya keren dech…. kayak negeri di atas awan.  hahaha.

 

Foto di atas menunujukan saat saat kabut turun….wiiiihhh   serem serem gimana gitu  …. seolah olah kita di bawa masuk ke jaman dulu….suasana hening…dingin … pokoknya keren dech.

Untuk menjelajah candi satu ke candi lainnya   jalannya sudah bagus kog…kita  lihat ya jalannya seperti apa biar nggak penasaran…

Tuh benerkan yang mister bilang , jalannya emg di buat setapak… buat pejalan kaki , bukan jalan yang lebar seperti jalan raya , ntar kalau di buat seperti jalan raya… susana jadi bising tentunya… sepeda motor hilir mudik.
Sekarang saatnya untuk menampilkan foto foto candi Gedong songo yang tersebar itu  simak baik  baik ya…..
Sebagian candi ada yang tinggal fondasinya saja  serta ada pula yang mau runtuh, tapi anehnya klu cuma runtuh pasti batu2nya masih di sekitar situ. tapi ini anehnya andaikan di susun kembali  membentuk candi batunya  nggak ada, hahahaha, apa di korupsi ya batunya…..

Setelah menjelajah ke sembilan candi tadi akhirnya   si mister  kelelahan juga…. dan memutuskan istirahat di pinggir jalan…. siapa tahu ada yg seger seger lewat…. bisa jadi vitamin gratis…..wkwkwkwkwk

Begitulah kira kira perjalanan mister  ke Candi gedong songo…. kalian berminat kesana…. ?  silahkan kalian atur jadwalnya….. dan uang sakunya…. si mister cuma bisa bantu kasih info, untuk uang saku  musti bawa sendiri sendiri, hahahaha
see you  smuanya…… sampai ketemu di jalan jalan mister berikutnya….aaaaauuuuuuuuu……..

4 Comments

Reply