Candi Ijo Jogja

Perjalanan  ke Candi Ijo ini masih satu rangkaian  dengan perjalanan mister saat ke Parangtritis dan Situs Gembirowati  serta Imogiri, berikut urutan trip kemaren :
– Pantai Parangtritis dan Situs Gembirowati Gunung Kidul
– MAKAM SUCI IMOGIRI ( Makam Suci Raja Kesultanan Jogjakarta dan Surakarta)
 
Dan baru ke Candi Ijo. Btw kenapa nggak di tulis Imogirinya dulu  biar urut? hheeemmm mister bolang lagi pengen  tulis  candi ijo dulu  kok, hahahaha
Lanjut ya Candi Ijo ini terletak di Desa Sambirejo, Kalasan, Sleman, Jogjakarta, candi ini berada di sebelah tenggara  Candi Ratu Boko, sekitar 4 km.
Untuk menuju ke sini juga easy banget kalau kalian dari Prambanan kangmas dan dimas simbok bapak  ambil aja  jalan arah Wonosari, nanti ada petunjuk pertama  ke boko, kalian lewati aja nanti ada petunjuk kedua di sebuah pertigaan  yang ada petunjuknya ke boko juga, naaaaahhhhh kalian ikuti petunjuk tersebut (jadi intinya kalau dari Prambanan ikuti petunjuk yang kedua  dari Prambanan). begitu kalian ikuti petunjuk tersebut nanti ada perempatan, ke utara  menuju Candi Boko, ke timur menuju Candi  Banyutibo, dan keselatan  menuju Candi Ijo….just follow petunjuk  ya….. nanti ada pertigaan lagi… ada petunjuknya  lagi  tinggal di ikuti aja nanti juga sampaiiiii.ke……..
Candi Ijo
Candi  ini terletak di atas bukit yang hijau  makannya di namakan candi ijo, katanya  sih  candi ini di bangun sekitar abad 10 -11, pada masa kerajaan medang.
Oh ya  sebenarnya  mister  dah dua kali ke Candi Ijo ini, pertama pas musim kemarau beberapa tahun yang lalu, sekarang datang lagi pas musim hujan jadi halaman candi terlihat hijaaaauuuu seger….
Candi ijo merupakan kompleks candi  berundak di sisi barat  terdapat reruntuhan candi perwara, ada satu yang masih utuh mari kita  lihat…..
Candi Ijo

Nah  di belakan mister  itu yang aku maksud  Candi Perwara  yang masih utuh  di halaman bawah candi utama, dan sisanya cuma reruntuhan candi  yang masih dalam eksvakasi (penggalian) just take a look

Candi Ijo

Candi Ijo

Candi Ijo

Aku kasih lihat lagi  reruntuhan yang lainnya  ya,,,, hahhaha

Dari reruntuhan dihalaman pertama kita naik ke halaman utama di mana terdapat candi utama dan tiga candi perwara yang masih utuh tapi ada yang baru dulu beberapa tahun yang lalu belum nampak pagar yang mengelilingi candi, tapi sekarang setelah eksvakasi pagar yang terbuat dari batu mulai terlihat dan terlihat  gerbang menujuh ke halaman utama meski nggak utuh lagi.

Candi Ijo

Dari gerbang  yang nggak utuh tersebut  kalian langsung bisa melihat candi utama beserta 3 candi perwara…

Candi Perwara

Foto di atas  mister ambil bebrapa tahun yang lalu waktu musim kemarau jadi bisa terlihat jelas kan betapa gersangnya  kalau musim kemarau, dan waktu itu  juga  si mister  masih patuh ama maknyak… kalau  kemana mana musti pakai celana panjang, wkkwkwwk.
Sekarang udah nggak betah kalau di suruh pakai celana panjang, celana pendek aja lebih praktis, hehehe.
Candi Ijo ini meupakan kompleks  candi hindu gampang sih cara menyimpulkannya kalau ada lingga yoni, wis  bisa di pastikan candi hindu ini, dia lingga yoni nya berada  di  dalam candi utama
Yoni
Selain itu di candi utama  di sisi sisi  dindingnya  ada 3 relung buat menempatkan arca, tapi arca arcanya udah pada nggak ada semuanya…. uppss  masih ada  satu arca,,,, wkkwkwwk, lihat  nih….
Arca

Selain itu  di depan candi utama  ada 3 candi perwara untuk memuja Trimurti, Brahma, Wisnu dan Syiwa, salah satu  Candi Perwara, yaitu yang di tengah terdapat arca Lembu Andini  yang merupakan kendaraan Dewa Syiwa.  yuuk kita lihat arcanya seperti apa

Nah  udah selesai mister kasih gambaran  tentang Candi Ijo, mister cuma kasih gambarannya lho ya… beserta  sedikit info  yang mister ketahui, untuk lebih lengkapnya  tentang sejarah Candi Ijo silahkan kalian tanya  ama arkeolog, atau baca baca dari sumber  lain biar pengetahuan tentang Candi Ijo jadi lengkap.
Ok…. mister  lagi lagi pamit mo istirahat  dulu ya,,, hahahaa.

2 Comments

Reply