Candi Ngempon Bergas Semarang

Candi ngempon….ada yang pernah dengar sebelumnya?
Jalan jalan mister ke candi ngempon ini sebenarnya tanpa perencanaan sama sekali. Awalnya  mister bolang mo ke gunung merapi… tapi nggak jadi karena  kesiangan. akhirnya mister putar otak cari destinasi yang lumayan dekat, kemudian  mister berfikir kenapa nggak ke candi ngempon  aja… toh selama ini  mister juga pengen ke candi tersebut   tapi selalu mister cancel.
Candi Ngempon terletak di Kelurahan Ngempon Kecamatan Bergas, Semarang Jawa Tengah atau 2KM dari pasar karangjati.
Singkat cerita akhirnya   mister putuskan ke candi ngempon,  dari kudus mister naik bus ke semarang. dari semarang mister lanjut naik bus  semarang – solo/ semarang – jogjakarta turun di pasar karangjati. (pasar karangjati itu masuk wilayah ungaran ato semarang ya?).
Nah dari pasar karangjati ini mister bolang  memakai jasa pakai ojek  sampai ke candi ngempon cuma 6000, karena kalau  pakai angkutan kayaknya  buang buang waktu.

Setelah melewati  retribusi perjalanan di lanjut menyelusuri jalan setapak yang lumayan licin coz abis ujan.seperti ini nih  jalan setapaknya

Dan akhirnya setelah beberapa menit menyelusuri sampailah mister ke  lokasi candi ngempon. Letak candinya berada di area persawahan  dan dekat  ama sungai

Candi  ngempon ini kalau di lihat dari  bentuk fisik bangunannya  bisa di  simpulkan kalau candi ini merupakan candi hindu, sedangkan masa pendirian candi ini belum bisa di ketahui secara pasti di karenakan belum di temukan  data data tertulis yang menyinggung tentang candi ngempon ini, tapi melihat arsitektur bangunannya hampir mirip dengan candi gedong songo, di perkirakan candi ini di bangun sejaman dengan candi gedong songo, yaitu sekitar  abad 7-8 masehi.

Kalau di hitung  jumlah candi ini sebenarnya ada 9, tapi yang masih utuh dan di pugar  sampai sekarang cuma ada 4 candi perwara yang saling berhadapan dan dengan ukuran yang hampir sama. Tapi kalau di lihat secara serius ada satu fondasi candi yang lebih besar dari candi candi yang masih utuh tersebut, pondasi tersebut di perkirakan  candi utamanya.

Berikut sisa sisa fondasi candi  yang tidak di bisa di rekontruksi kembali di karenakan jumlah batunya  yang tidak mencukupi ketentuan untuk di pugar, (denger2 syarat untuk memugar sebuah candi menjadi ke bentuk semula, batu2 candinya harus  menacapai 70%).

Ada  satu hal yang menarik, di sini mister temukan  yoni yang tergeletak, tidak di taruh pada tempatnya..( tapi nggak tau juga sih itu yoni apa nggak, tapi menurut mister sih itu yoni yang khilangang lingga) hehhehe

kalian tahu yoni nggak? yoni merupakan obyek cekung atau berlubang yang melambangkan alat kelamin wanita  sebagai simbol kesuburan. kalau lingga merupakan obyek  tegak berdiri… yang  melambangkan kemaluan pria  sebagai simbol kesuburan juga, biasanya kalau ada lingga   ya  ada yoni, hahhahha.

Selain hal hal yang mister sebutkan di atas… candi ngempon ini minim akan relief, seingat mister cuma menemukan dua relief, relief  burung merak pada tanggak masuk ke candi dan kalamakara di atas pintu candi.

Nah… kayaknya  udah dulu  ulasan tentang candi ngempon…. mister mo lanjut ke tempat lain…. hahhaha. nggak tau kalian  bingung apa nggak  baca ulasan q, tapi mudah2an nggak bingung..

kalau sampai bingung ya Alhamdulilah, wkwkkwk.

Reply