CANDI PLAOSAN, si kembar nan megah.

Yuhuuuuuiiiii…….. met sore smuanya….. bagi yang membaca sore hari coz ulasanku ini aku tulis pada sore hari, hahhaha.
Kita jalan jalan ke candi lagi ya!, masa selalu pantai, air terjun, kawah, wkwkwkwk. Kali ini candi yang kita pilih Candi plaosan Lor.  Kog candi plosan lor,(utara), emang ada  candi plosan kidul (selatan) ya? iya  ada duuoonnk, tp yang lebih megah  Candi plaosan lor. tapi boleh juga aku kasih lihat  candi plaosan kidul seperti apa, berikut fotonya.

Foto di atas adalah foto candi plaosan kidul, kedua kompleks candi plaosan lor ama kidul cuma di pisahkan  jalan kog  nggak jauh. tapi sekali lagi yang akan  kita bahas  sekarang candi plaosan lor ya, hehehhee.
Lokasi candi plaosan lor dimana ya? Candi plaosan lor terletak di Desa Bugisan, Kec, Prambanan, Kab, Klaten, atau paling gampang kira kira 3 km ke timur dari kompleks Candi Prambanan. Klu masih bingung,,, ikuti trik mister ya…., pasang muka manis, senyum manis  dan dengan sopan tanya pada orang sekitar..pasti bakalan di kasih tahu.

Candi Plaosan Lor merupakan candi budha yang di bangun pada masa pemerintahan Rakai pikatan. Candi ini mempunyai dua candi utama yang kembar yang masing masing di kelilingi oleh pagar batu., dan  mempunyai  banyak candi perwara (candi pendamping) yg sebagian sudah rusak..
Candi utama sebelah utara reliefnya menggambarkan tokoh tokoh perempuan, sedang candi utama sebelah selatan  reliefnya menggambarkan tokoh tokoh pria.

Selain itu di sebelah utara dari kedua candi utama ini , ada semacam bangunan seperti lantai batu gitu… yg di buat naruh patung patung. mau lihat ya? nih fotonya….

Kalau di lihat dari candi perwara yang masih tersisa , lalu kita bayangkan  seandainya candi perwara (pendamping) dalam kondisi utuh, kita bisa  melihat sebuah bangunan candi yang sangat megah dan nggak kalah meganya ama candi sewu ato borobudur, ciyuusss dech… hehehe.
Coba kita lihat sekarang beberapa candi perwara (pendamping ) yang utuh , kebanyakan di belakang bangunan candi utama, yuuk kita lihat bareng bareng…

Woooooowwww  cetar membahana banget kan? hahahahaha,  makanya  buruan main ke candi Plaosan  lor, tiket masuknya nggak semahal  candi brobudur ato prambanan kog. dulu au ksana cuma Rp 5000, klu sekarang naik  paling ya sekitar Rp 7000- Rp 10.000. Tapi kayaknya nggak mungkin klu sampai 10.000.

Dan akhirnya tulisan perjalananku di candi plosan lor aku sudahi sampai di sini…. capek soalnya. Smoga aja setelah baca tulisan ini jadi pengen ke candi plaosan untuk foto pra wedding misalnya, hahahaha. Atau juga melakukan ritual supaya hubungan ama pasangannya langgeng coz konon ada mitos  candi ini di sebut candi kembar lanang wadon, katanya bisa mempererat hubungan pasangan, beda ama candi prambanan yang mitosnya bisa memisahkan hubungan pasangan, ahahahhahayyyyyy..semua kembali kepada kalian masing masing mo percaya apa tidak. Wis yo…..sesuk di sambung meneh, ojo kapok  yo….. wkwkwkwwk.

Reply