Candi Sambisari Jogja

Candi Sambisari

Kemarin sepulang dari Bondowoso  udah  masuk terminal Surabaya maksud  hati  langsung  pulang  ke Kudus, di mana  mister  bolang  tinggal, akan tetapi karena  waktu  itu udah  larut nunggu  bus  yang ke Kudus  juga lama, dan mr elegan  juga udah meluncur ke kotanya, bengong deh mr bolang  di terminal sendirian, hehehe
Saat bengong tadi tiba tiba otak memerintahkan ke jogja….. dan yeeesss akhirnya mister nggak langsung pulang tapi malah  naik bus menuju Jogja, hehehe.
Kemarin kemarin emang mister  ada niat ke  jogja  buat ke Candi Sambisari, dulunya sih uda pernah   tapi waktu itu musim kemarau jadi candinya kelihatan gersang.  Nah jadi sekarang mister mau memperbaiki foto foto Candi Sambisari biar terlihat fressshhh coz  ujan  dah  turun  beberapa kali, kali aja rumputnya  udah  menghijau.
Berangakat dari Surabaya jam 12 an malam kayaknya sampai di jogja  tepatnya  di kantor  kedaulatan rakyat… sekitar jam 06.00.
Kenapa turun di sekitar  kedaulatan rakyat? iya iyalah  candinya kan di sekitar situ hehehe. 
Setelah sampai tapi kayaknya badan mister kusut banget.. perlu mandi dulu, hahaha
Numpang mandi  di tempatnya teman sekitar kedaulatan rakyat si jhon,, minum kopi abis itu aku lanjut perjalanan  ke Candi Sambisari.
Karena si jhon juga lagi sibuk  nyusun laporan  ya  aku berangkat sendiri  ke Sambisari, jalan kaki lho,,,, hahaha
Nggak terasa  ternyata  lumayan jauh juga….. dulu waktu aku pertama kali kesana naik sepeda motor  aku pikir dekat, ternyata  lumayan  bikin kringetan.
Selang beberapa menit kemudian  akhirnya  juga  sampai….oh ya   kalau mau  ke Candi Sambisari tuh aksesnya dari dari jalan utama solo jogja, kalian turun di kedaulatan rakyat, nanti jalan ke barat dikit  ke barat  dikit  terus  kalian  jalan  aja ke utara lurussssssssss  nantinya  kalian akan menemukan Candi Sambisari.
Candi Sambisari
Candi Sambisarai ini terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Jogjakarta.
Candinya terletak sekitar 5-6 meter di bawah permukaan tanah lho… mengapa demikian? HHHmmm  di perkirakan  candi ini dulu tertimbun material gunung berapi saat meletus, kemudian baru di temukan oleh seorang petani di tahu 1966. Kemudian di pugar, konon katanya pemugaran dan pengelompokan batunya memakan waktu sampai 21 tahun.
Kali ini mister  nggak membahas  atau menerangkan  candi ini di bangun tahu berapa oleh siapa ya  coz  itu bukan bidang mister,  takutnya  salah dan di complain, hahaa kalian cari aja  di tetangga  sebelah mengenai sejarah di bangunnya candi sambisari.
kalau melihat secara fisik bangunannya Candi Sambisari ini jelas  bisa di katakan candi hindu solanya ada lingga dan yoni  di dalam candi ini, terus ada patung  dewa dewi  di relung dinding candi.
Candi Sambisari

Candi  sambisari mempunyai 3 candi  pendamping atau candi perwara  yang kondisinya udah  nggak utuh lagi. Selain itu candi sambisari ini masih mempunyai pagar batu yang utuh, yang nggak di miliki kebanyakan candi lainnya, setahuku Candi Plaosan  juga  mempunyai  pagar… tapi uda nggak utuh lagi
Candi Sambisari

Nah  foto di atas  merupakan  foto  candi perwaranya…. yang uda nggak utuh lagi.
Kalian mau lihat  seperti apa dalamnya  Candi Sambisari?  Yuuk  kita  lihat  bareng bareng…

Yoni

Nah  foto di atas merupakan lingga yoni yang terletak di dalam ruangan Candi Sambisari, terus  di samping samping  dinding luar candi  ada relung relung  tempat  patung patung Dewa dan Dewi, tapi fotonya  nanti ya sekarang mister  bolang  mo kerja dulu, hahaha. . .nulisnya  di lanjut  setelah mister  pulang kerja  … ok. see you..
***
Hoohooyyy…. dah pulang kerja nih siap melanjutkan upload  foto yang mister maksud….. hahaa, ini dia  patung Dewa Wewi nya……

Candi Sambisari

Candi Sambisari
Nah  lengkap sudah ulasan tentang Candi Sambisari, lain kali kalau ada waktu  mister  bolang mo mengulas candi  lain, atau tempat  lain yang menarik, jadi di tunggu aja ya…. hehehe.

Reply