Candi Sewu Jogja (Sewu temple)

CANDI SEWU
Setelah kemarin Mister muter muter di Candi Prambanan, sekarang mister pindah ke sebelah utara Candi Prambanan, kurang lebih sekitar 800 an meter,  kalian akan menjumpai Candi sewu.
Waooww…. Candi sewu, apakah candinya berjumlah seribu? tentunya bukan, hehehe… Itu hanya sebutan saja karena  banyaknya  candi pendamping disekitarnya, makanya di sebut Candi Sewu.
Menurut Wikipedia Candi Sewu diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi pada akhir masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran (746–784) adalah Raja yang termahsyur dari kerajaan Mataram Kuno.
Candi Sewu merupakan Candi  Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur, sayangnya sudah banyak candi perwaranya yang rusak  jadi  kemegahan candi ini  kalah sama Candi Borobudur.
Namun begitu kalian memasuki  kompleks Candi Sewu ini, anda masih bisa merasakan seperti masuk ke masa lalu, apalagi kalau pas sepi nggak ada pengunjung, bener bene kita seperti  di masa lampau, hihihi.
CANDI SEWU

Saat Mister Bolang ke sini, keadaan masih darurat para petugas kebersihan masih sibuk membersihkan candi dari abu vulkanik yang meletus dua minggu sebelumnya.
CANDI SEWU
Tuh lihat di atas, ada bapak yang lagi membersihkan salah satu candi dari debu, tanpa pengaman pula… awas  jatuh pak, hehehe.
Untuk memasuki Candi Sewu ini  kalian ngak di pungut biaya lagi kok…. cukup satu tiket kalian bisa lihat Candi Prambanan, Candi Lumbung,  dan Candi Sewu.
Tiketnya berapa mister?  tiketnya tergantung kalian ke candi ini  hari apa  kayaknya, dan mau pilih spesial tiket atau tiket biasa.
kalau spesial tiket, kalian akan di bawa juga ke Istana Ratu Boko, Candi Prambanan dan Candi Sewu, Seadangkan kalau tiket biasa cuma Candi Prambanan dan Candi Sewu.
Tiket special lebaran dulu 45 rb, Ratu Boko, Candi Prambanan dan Candi Sewu, tapi kemari pas mister ke Candi Prambanan aja tiketnya cuma 20 rb, itu juga pas hari senen. nggak tahu kalau hari hari libur dan weekend. 
Demikianlah laporan tiket masuk yang bisa saya laporkan langsung dari tempat duduk mister, wkwkkwwk.
CANDI SEWU
Jaman Dahulu kala toleransi antar umat beragama sudah terjalain dengan baik, hal ini terlihat jelas dari pembangunan Candi Prambanan (hindu) dan Candi Sewu (budha)  yang di bangun secara  berdampingan.
Kalau jaman dulu aja yang orang orangnya  boleh di bilang pendidikannya  kurang bisa hidup rukun, kenapa jaman sekarang yang orang orangnya berpendidikan tinggi malah nggak bisa rukun hanya karena keyakinan? common be wise  ya teman  teman, hehehe. Jaga keragaman sebagai kekayaan kita, bukan sebagai pemisah diantara kita……weh weh weh… tumben mister kayak caleg yang lagi cari pendukung, wkwkkwwk.

Kayaknya sekian dulu ya  tulisan mister bolang tentang Candi Sewu, besok kalau waktu di lanjut lagi, kira kira kemana ya.? Hmmm… mister kasih bocoran ya… hehhee
Besok jalan jalannya masih  seputar candi, tapi candinya agak kecil, nama candi aku rahasiakan dulu, hahaa, tapi kalian aku kasih lihat fotonya ya…. hahaha.
Nih foto candi yang akan mister ulas besok….

Nah foto candi di atas yang akan mister ulas besok, penasaran apa nama candinya apa?  just stay tune di blog mister ya, wkwkkwwk
Tapi ngomong ngomong mister dari Candi Prambanan, Candi Sewu, dan ke candi yang satu ini  kok bajunya sama? nggak punya ganti ya? hahahaha itu nggak penting….. kan masih dalam satu kunjungan dan satu kawasan, masa musti gonta ganti baju,   hehehe
Ok… sampai di sini dulu ya….. see you…, kalau ada salah tulisan mohon di maklumi, kadang otak sama jari jari yang ngetik  nggak sinkron,  hahahaha.

Reply