Candi Sukuh Ngargoyoso Karanganyar

Candi Sukuh

Candi sukuh, Candi Sukuh merupakan candi yang paling beda dengan candi candi lainnya yang berada di jawa tengah khususnya. Bentuk fisik candi ini hampir menyerupai  pyramid suku bangsa Maya, di Amerika Selatan, yaitu berbentuk pyramid yang terpotong di atasnya.

Terletak di lereng gunung Lawu dengan ketinggian kurang lebih 1000 mdpl, Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, candi ini termasuk di kawasan yang berhawa suejuk.
CANDI SUKUH
Akses ke candi sukuh sama kalau kita mau ke Candi Cetho  kok. dari terminal  Tirtonadi Solo naik bus jurusan Tawang Mangu, tapi kalian turun di Terminal Karang Pandan ya!, nah dari terminal Karang Pandan kalian lanjut ama minibus, kalian tanya aja sama penumpang atau kernet bus mini   kalau mau turun di Candi Sukuh. Nanti kalian akan di turunkan di pertigaan yang menuju ke Candi Sukuh, nah dari pertigaan ini  untuk ke Candi Sukuh kira kira 1 kilometer, tapi  jangan sombong dulu terus bilang  aaahhh 1 km aku kuat untuk jalan kaki,  kalian salah besaaarrrrrr.
Meski cuma kurang lebih 1km jalannya menanjak curam….mending aku sarankan untuk naik ojeg   daripada nafas kalian habis buat jalan kaki, hahaha (beneran aku nggak bo,ong lho)..
Candi Sukuh

Sekarang kita mengulas sedikit relief  beserta patung yang ada di candi sukuh ya……hehehe.
Candi ini mempunyai beberapa relief yang bisa di katakan vulgar seperti  foto di atas, sayangnya nggak ada yang bisa menjelaskan arti dari relief di atas coz  nggak ada tour guide  yang menemani aku saat ke Candi Sukuh, hehehe.
Candi Sukuh

Nah satu lagi patung  yang seperti kalian lihat di atas, sebuah patung tanpa kepala  seseorang sedang melakukan o**ni, hahahaha. dan maaf banget lagi lagi mister bolang tak bisa menjelaskan  maksud dari patung tersebut.
Candi Sukuh memang penuh misteri  yang belum bisa terpecahkan, seperti relief relief lainnya yang beda dengan candi candi pada umumnya, tapi katanya dulu Candi Sukuh menjadi tempat untuk mengetes keperawanan dan keperjakaan seseorang pengantin.

Caranya seseorang pengantin wanita atau pria harus melangkahi relief yang ada di candi sukuh jika kebaya yang dikenakan calon pengantin wanita sobek berati tandanya wanita terebut sudah tidak perawan, dan jika calon pengantin laki laki setelah melangkahi relief tersebut langsung pengen kencing, itu berati calon pengantin laki laki sudah tidak perjaka lagi hahahaha

Candi Sukuh

Candi sukuh merupakan candi hindu yang  tahun pembuatannya kurang lebih sama dengan Candi Cetho, yaitu masa masa berakhirnya  masa kerajaan majapahit. 

Dari Candi Sukuh  kalian bisa lanjutkan  jalan jalan kalian ke Candi Cetho yang udah terlebih dahulu aku ulas kemarin.hehehe…
Kayaknya sekian dulu ya  jalan jalan kita di Candi Sukuh,  mister bolang mo tidur dulu  ….capek  lho sepulang kerja terus kasih report buat kaian tentang Candi Sukuh, hehhehe
Ok, see you semuanya….. besok aku  ajak jalan jalan lagi….. tunggu aja… ya!!!!

Reply