Goa Ngerong Dan Bukit Kapur Rengel, Tuban, Jawa Timur

Goa Ngerong Tuban Jawa Timur
Selamat malam semuanya buat mas bro dan mbak bro, tak terkecuali juga buat dek bro dan semuanya, hehehe.
Kali ini Mister kembali datang dengan membawa kisah perjalanan Mister kemarin saat klayapan ke wilayah Tuban.
Adapun tujuan kemarin yaitu ke Goa Ngerong yang terletak di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, serta bukit kapur yang berada di Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Tuban.
Yukkk  Mister mulai kisahnya ya…., seperti biasa berangkat dari kudus sepulang kerja  (kali  ini pulang kerja Mister lumayan malam lho bro, jam 22.30)
Singkat cerita pulang kerja langsung ngambil  perlengkapan bolang, trus on the way  ke halte bus terdekat rumah Mister bolang… dan dapat bus  kira kira jam 12 malam  terus meluncur deh  ke Tuban.
Sesampainya di Tuban Mister turun di pertigaan Pakah, sesuai kesepakatan dengan  teman Mister bolang yang siap siap jemput di pertigaan pakah.
Mister sempat kasih warning sama teman mister… usai sholat shubuh  you nggak boleh  tidur  karena Mister bakal  sampai tuban  sangat  pagi. ( padahal teman Mister itu doyan molor lho bro, wkwkkwwk ).
Tapi apa boleh buat  kalau nggak mister kasih warning bisa bisa dia   molor  lagi  usahi shubuhan.
Singkat cerita, Mister bolang sampai di pertigaan Pakah sekitar jam 5 pagi, tapi tetep aja  Mister harus nunggu kedatangan teman Mister si Mister Zain.L meski  cuma bentar.
Begitu jemputan datang langsung dah  Mister Bolang and Mister Zain.L meluncur ke TKP yaitu  ke Goa Ngerong dulu.
Aksesnya mudah…. karena terlalu mudah  nggak usah Mister jelasin ya, hahhahaha
pokoknya  dari pertigaan Pakah  itu ambil aja  jalan  jurusan ke Bojonegoro..dah itu aja… clue nya, hehehe…

Nggak ada satu jam  kita dah sampai di Goa Ngerong, tapi karena masih terlalu pagi ya  kita tinggal cari bahan bakar buat tubuh dulu (breakfast maksudnya) hehehe.
Abis sarapan.. langsung deh kita diskusi  sebaiknya  kemana dulu… kalau  ke Goa Ngerong masih terlalu pagi untuk pengambilan foto  nantinya nggak bagus.
Nah  kalau ke bukit kapur,,, kalau pagi hari malah bagus…. masih nggak begitu panas.
Akhirnya  deal ke bukit kapur dulu. tapi tetep pembahasan di sini  yang aku dahulukan Goa Ngerongnya  ya…. hehehe.
Ok begitu  selesai  foto foto dari bukit kapaur  kita langsung meluncur   ke Goa Ggerong. bayar retribusi Rp 8000 rupiah  untuk dua orang dan parkir untuk satu motor.  murah kan?  Hehhee
Secara kebersihan  kawasan wisata Goa Ngerong  ini kurang  bersih (maaf Mister harus bicara sesuai fakta yang Mister lihat).
Begitu masuk kita  langsung  di suguhi  pemandangan sebuah sungai yang aliran airnya berasal dari dalam goa.
Di dalam air sungai tersebut hidup banyak banget ikan ikan yang oleh warga sekitar di keramatkan, yang katanya :

β€œBarang siapa yang ngambil ikan di sungai tersebuat  bakal  dapat sial”
Tapi mungkin kalau di pikir secara logika ada benernya juga…????
Mari  mister kasih penjelasan ilmiahnya… hahhahahaha (si mister mulai sok pinter) dan ini penjelasan dari mister bolang.
Di dalam goa yang ada aliran sungainya tersebut hidup juga ribuan kelelawar, bukan cuma ratusan tapi ribuan kayaknya.
Coba kalau semuanya kelelawar tersebut membuang kotorannya di sungai, airnya terkontaminasi dengan kotoran kelelawar atau kotoran kelelawar yang jatuh ke sungai langsung di makan si ikan dan bila ikan itu di konsumsi sama kalian, bisa  jadi akan menimbulkan masalah kesehatan buat kalian. Hmmmmmmm.
Terlepas dari itu seru juga bisa bermain dengan ikan ikan yang lumayan jinak kalau di kasih makanan, hahhaha.
Nih  foto di bawah, si mister lagi ngasih makan ikan, makanan ikannya bisa di beli di warung warung di dekat Goa Ngerong…
Ikan Gua Ngerong

Jenis ikannya mister sendiri nggak tahu…. seperti ikan wader  tapi gedhe, bahkan ada yang sangat gedhe seukuran bandeng. terus ada lele juga kemarin mister lihat.
Ini  rupa ikan yang ada di sungai kawasan Goa Ngerong… lihat ke bawah ya.!! (lihat ke bawah blog ini, jangan lihat ke bawah yang lain) hahhahahaha

Ikan di Gua Ngerong

Nah ikannya udah mister kasih lihat sekarang kita menuju ke mulut goa ngerong.

Mister mau kasih lihat buat kalian semua penampakan mulut Goa Ngerong.

Di mulut Goa Ngerong terdapat ribuan kelelawar yang lagi istirahat,  aromanya cukup menusuk dan sangat menusuk.

Eh  bersyukur banget waktu itu pas ke Goa Ngerong cuaca lagi cerah airnya juga lumayan bening dan lebih beruntung lagi mister bisa lihat penyu air tawar warnanya putih di aliran sungai di dekat mulut Goa Ngerong, meski pas di foto nggak terlalu jelas tapi mister bisa lihat dengan mata kepala mister sendiri  koq bener bener  penyunya  warnanya putih albino gitu..

Ini fotonya coba kalain lihat sendiri…  ntar di zoom, kalau kalain jeli pasti bisa lihat penyu nya…. hehhee

Ada penyu di Gua Ngerong

Ohya  aliran air dari goa ngerong ini meski menurut mister airnya bau (bau kotoran kelelawar) Airnya  di gunakan  oleh warga setempat untuk mencuci baju, bahkan ada yang mandi, hehe
Kemarin juga mister bolang di tawari oleh mister Zain.L  kalau pengen merasakan sensasi mandi di sungai tersebut.
Dengan nada yang sangat sopan sekali, mister bolang menolak, hahahhaha. pokoknya  nggak,,, hehhehee

Singai Gua Ngerong di jadikan untuk mencuci

Ok  bro tadi udah mister ulas tentang Goa Ngerong beserta foto fotonya ya, sekarang giliran bukit kapur yang nggak jauh juga dari kawasan Goa Ngerong.

Tepatnya di desa banjaragung, wis cari aja pakai google map pasti ketemu, kalau nggak ya nanya orang sekitar.. bilang aja  penambangan batu kapur sekitar rengel itu di mana. pasti ketemu  …..
Ini penampakan bikit kapurnya….

Bukit Kapur rengel

Bukit Kapur Tuban

Mister kasih foto foto aja  ya…. sebenarnya ini cuma iseng aja kmarin. kan ini bukan tempat wisata, tapi tempat penambangan Batu Kapur.
Jadi masuknya nggak ada tiket yang harus di bayar, tapi musti hati hati karena banyak truk muatan batu kapur yang berlalu lalang, serta  jurang jurang yang tersisa dari pengerukan Batu Kapur.
Foto di bawah ada sebagian Bukit Kapur yang hancur itu bukan kerana kejatuhan badan Mister ya… tapi karena dah hancur sebelum Mister datang, ahhahhaaha

Ini Mister kasih lihat  area  yang  pernah di keruk  batu kapaurnya..
Menghasilkan tebing tebing kapur yang tinggi juga  danau danau kecil yang terbentuk  karena  air hujan nggak bisa mengalir. mari kita lihat sama sama…..

Keindahan yang terbentuk dari perusakan…. itulah  penambangan batu kapur, hehehe.
Mungkin ada sebagian yang menyayangkan  penambangan, tapi di satu pihak juga  ada  warga yang menggantungkan hidupnya  dari penambangan ini.
so…. dari pada  mikir ribet ribet.. di bawa enjoy  aja….

Ok bro.. Mister tutup  kisah  perjalanan Mister  di Goa Ngerong dan bukit kapur sampai di sini aja   ya. udah ngantuk bro…. beso besok  Mister sambung lagi  dengan  kisah perjalanan Mister yang lain.
see you  semuanya broooo

Eh tak kasih dua foto lagi  sebagai  bonus  hahhahahaha.

Daaaag….. daaaaaag….. see you soon  semuanya…….

5 Comments

Reply