Goes To Situs Megalitikum Gunung Padang

Gunung Padang Cianjur
Melanjutkan  perjalanan mister bolang kemarin, setelah turun  dari Gunung Papandayan di Garut Jawa Barat, mister bolang langsung  meluncur ke Bandung.
Nggak ada destinasi  wisata  yang mau aku kunjungi di bandung sih, cuma mo nginep  di Bandung aja  sebelum esoknya  melanjutkan trip  ke situs gunung padang di cianjur, secara  kalau dari Bandung  kan  jarak ke Cianjur  nggak begitu jauh,  sebenarnya ada bus   dari garut yang langsung ke Cianjur,  tapi kalau  mister   dari Papandayan  langsung ke Cianjur akan kemalaman di Cianjur, cari penginapan juga  susah  kalau sampai sana karena  udah  malam, makanya mister putuskan untuk ke Bandung dan nginep  di  Bandung  itu juga nginepnya di dekat terminal Leuwi Panjang, jadi  besoknya   mister nggak jauh jauh  ama untuk cari bus ke cianjur.
Oh  ya  hampir lupa lagi… bus dari terminal guntur garut ke  terminal Leuwi Panjang Bandung   tarifnya 35 rb.  Kalau menurut mister lumayan mahal, ini bisa mister  lihat dari banyaknya  ibu ibu yang pada protes.  katanya  biasanya cuma 25 ribu. hihihi.
Finally  sampai di terminal Leuwi Panjang, mister nggak ada persiapan  mo nginep di mana, tapi  sebagai pengalaman mister  kalau di dekat  termimal pasti ada banyak  penginapan  buat  orang  orang yang kemalaman.
Sempat  mister nanya petugas terminal… penginapan yang paling dekat terminal, bapak petuganya baik hatiiii…. langsung di kasih tau   kalau ada losmen leuwipanjang  yang bener bener  mepet… soal tarif   rate nya 110  ribu sampai 200 an  ribu.
Yah  mister  ambil kamar yang paling  murah, hehhee, maklum  perjalanan masih jauh… dana  musti di hemat, dan yang penting ada tempat  buat istirahat untuk malam  itu.
Eh  malamnya   pas mau istirahat  mister dapat  sms  dari teman sesama backpacker, dia nanya udah  sampai di mana, nginep di mana…ya  mister jawab.. dah sampai di Bandung, nginep di losmen Leuwipanjang. Eh malah  dia nanya   nggak tidur di emperan? ahhahahha, emangnya   mister   golongan kaum duafa  ato gimana, hahhaha
Lanjut lagi ya… jam 4 an  pagi mister dah bangun  dan dah siap siap mo melanjutkan   perjalanan ke Cianjur,  singkat cerita  mister check out, ngambil KTP yang di tahan  semalam  trus  jalan  masuk terminal. naik bus jurusan Sukabumi  brosis.
Di dalam bus  sok akrab  gitu.. eh dapat teman baru, dia lahir di jawa tepatnya di Semarang  cuma  gedhe nya  di Bandung.  Namanya  mbak   merr…, hallo  mbak  merr… kapan kapan  kalau pas  mudik  kabar kabari ya… siapa tau   ntar  kita bisa bolang bareng, hehhehe
Mister terusin ya  story nya, setelah  hampir kurang lebih 1,5 jam akhirnya  mister  turun di   perempatan  warung kondang  coz  sesuai info  mister harus  turun  di situ.
Yuuupp…  I,m the lucky one… dari perempatan warung kondang  sesuai  petunjuk.. mister harus naik angkutan kota… terus lanjut  ama ojeg, kalau harus naik angkutan dulu…. you pasti  tau  kan?   semua  pada tau kan resikonya apaaaaaa??? iyaaaa bakalan buang buang waktu, si angkutan bakal sering berhenti cari penumpang, hahhaha
Kali ini mister  wont waste a time…. mister langsung   naik ojeg  aja… terjadi tawar menawar yang sangat sengiiitt, wkwkwwk.  emang lagi perang  pakai  kata sengit segala. Akhirnya deal  ojeg  dengan tarif 50 ribu dan  kali ini  mister  bener bener  merasa  beruntung, jaraknya ternyata  jauuuuuuh banget. di banding  ojeg  Bromo  dari teminal probolinggo  sampai kawasan bromo…, ini lebih jauh lagi dah lebih murah.
Sepanjang jalan  di suguhi  view  yang  menariiiiik banget… kanan kiri  kebon teh.. cuaca  pun  nggak terlalu panas, adem adem  gimana   gitu…. hehhehe.
Setelah beberapa lama  akhirnya sampai deh mister  di   kawasan  situs gunung padang yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur
Lihat  fotonya dulu yuuk mulai dari  gerbang  pintu masuk situs  gunung padang
Gunung Padang Cianjur
Gunung Padang Cianjur
Sebelum memasuki area  Situs  Gunung Padang, kita  di wajibkan memakai  kain warna hitam..hitam  yang udah  di sediakan  oleh pengelola. Iya  hampir  mirip mirip kalau kita  memasuki area Borobudur.. kita  di wajibkan  pakai kain  batik… hehhehe
Tarif untuk masuk ke  situs  gunung padang ini  nggak begitu mahal, cuma 5000 rupiah,  Tapi  mau nggak mau  kalian  harus  menaiki  anak tangga   yang sangat nanjak….  seperti  foto di atas, Mister sempat  istirahat  beberapa kali lho walau  akhirnya sampai juga di atas…
Gunung Padang Cianjur
Sebelum nanya  ini itu  kepada petugas  yang ada di situ, mister  coba keliling  dulu  seluruh  area  situs  gunung padang  ini, nulai dari depan  samping kanan  dan samping kiri,  juga  bagian  tengah  yang  banyak banget  batu batuan berserakan.
Dari sisi sisi  sampingnya  terlihat dengan jelas  sekali  bebatuan dari situs  gunung  padang ini masih tertata rapi..
Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang Cianjur
Nah dari sisis  samping  ini  mister lanjut  ke bagian  tengah. di bagian ini  banyak banget   batu batu  yang berserakan, dan bentuk batunya kebanyakan   persegi lima,  nggak tau  tuh  maksudnya   apa  ya, aku tanya  ama si petugas kenapa banyak batu  yang   penampanganya persegi lima.. si petugas enak banget jawabnya… mending tanya  sendiri aja deh  kalau kalian  kesana.. coz  jawabannya menurut  mister   mengada ada.
Kalau  di lihat dari  fisiknya  meskipun emang  udah  80%  hilang dari wujud  aslimya,  menurut mister  situs  ini memang bukan  sebuah bangunan candi. Sama sekali nggak ada tanda tanda yang menguatkan kalau itu adalah sebuah candi. Misal  stupa, realief,  atau  lingga yoni pun nggak ada.
Kalau   para ahli   bilang   itu  sebuah  punden  berundak  iya  mister sangat  setuju, masih  bisa di lihat  koq sisa sisa  undak undakannya….
Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang Cianjur
Yang paling jelas  bagian atas.. tiga undakannya  masih terlihat kalau kita perhatikan dengan teliti. Dan ada beberapa  area yang di batasi dengan tali, si petugas bilang  kalau  tempat tersebut  masih sering di gunakan  buat  ritual.
molihat fotonya…?  yuuukkkkk
Gunung Padang Cianjur
Oh ya   katanya  lagi  yang mister baca baca kalau  situs gunung padang ini   katanya  di buat   5000 tahun sebelum masehi, lebih tua  dari pyramid  Giza di mesir, katanya  sihhh…  mister juga nggak faham  soal  itu, tapi kalau emang  udah berumur  ribuam tahun  koq   batu batunya  masih nampak  bagus  tanpa  ada pelapukan sama sekali ya?  meskipun batu  kalau kena panas hujan  bertahun tahun  kan tetep ada pelapukan.. ini batu batunya   masih tetep cling….

Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang Cianjur

Gunung Padang Cianjur

Eh  udah  dulu  ya,, kayaknya mister nggak bisa ngasih  keterangan panjang lebar soal situs  gunung padang  coz  mister bukan arkeolog.  mister cuma  bisa ngasih  keterangan aksesnya  gimana bisa sampai  situs  ini, hehhee.
Sedikit tambahan  dari pak petugas… sampai saat ini masih di usahakan pembebasan lahan  biar situs  ini bisa di gali  lebih luas  coz  sampai  gerbang  pintu masuk  situs   di yakini masih   masuk  area  situs…
Btw.. kalau di pugar butuh berapa puluh tahun  ya…. hehhehee.
Ok… mister tutup  sampai di sini… tentang sirus gunung padang. tapi ingaaattt  tunggu  artikel lain  yang bakal di release…. hahahha
see you   semuanya….. good nite

Reply