Gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat

Gunung Galunggung

Hallo bro and sis…. kali ini mister mo berbagi cerita…. tentang perjalanan mister ke gunung galunggung yang terletak   di 17 km dari pusat kota tasikmalaya jawa barat.
Sebenarnya  perjalanan ini dah lumayan  lama sih  dan  baru aja  sempat  berbagi  ceritanya  pada kalian, nggak papa ya mister berbagi cerita petualangan mister, daripada berbagi kesedihan?  hahhahaha
Lebih  mending berbagi kisah  petualangan  ntar  bro and  sis  baca  sambil membayangkan berada di  tempat  yang mister ceritakan.
Perjalanan di mulai setelah  mister selesai keliling kampung naga,  terus  mister  lanjut aja  ke gunung galunggung,
Aksesnya mister  nggak tau  cuma ngikuti papan petunjuk aja yang ada  di jalan…di mana  ada  tanda  arah  menuju  ke gunung galunggung ya  mister  ikuti aja, hahahaha… akhirnya  sampai  juga  kok. oh ya  mister motoran  lho  ke  galunggungnya…ama teman  mister  dari ciamis.
Singkat cerita sampai deh ke pos retribusi gunung galunggung, bayar berapa mister dah nggak ingat  lagi, tapi nggak ada 10 ribu  kayaknya.
Dari  pos  retribusi nanti ada dua jalur jaklur ke kanan dan ke kiri, sama sama  menuju menujuh  kawah galunggung  sih, tapi mister sarankan  jangan  ambil jalur  yang  kiri…. di jamin  motor  kalian  nggak  bakalan kuaaatttt, hahahhaa. . . Ambil jalur  kanan  ya…. jalannya emang sedikit agak rusak… dan nggak meyakinkan,,, tapi justru itulah  jalur yang banyak  di pakai  para  pengunjung buat  ke kawah  galunggung.
Gunung Galunggung

Di jalur  kanan  pun  kalau  motor  nggak  sehat  bener  juga  nggak  kuat, tapi  masih  lebih  mending  dari pada  jalur  yang  ke  kiri.
Nggak  sampai  15  menit  sampailah  mister  di tempat parkir,, dan  mister  siap  siap  menaiki anak  tangga  yang wwwwwwaaaaaaaaaoooohhhhhh….. tinggiiiii  bingittttttttttttzzzzz,  bener  bener tinggi  broooohhh

Gunung Galunggung

Muka  mister dah nampak  menyerah duluan  lihat  tingginya tangga yang harus di lalui, hahhaha.  Tapi  dah jauh jauh  dari  kudus, masa  udah  sampai di kaki  kawah  galunggung  mo menyerah?  oh  no.. mau nggak mau  teteplah  kaki  mister  melangkah setapak demi setapak  menaiki anak tangga  menuju kawah  gunung galunggung, hehehe
Gunung Galunggung
Kalau  capek  mister  pura  pura  ngambil gambar sekeliling sambil  berhenti ambil nafas, hahhaha. pokoknya   waktu  itu energi  mister  bener  bener  terkuras  buat  menaiki tangga.
Nggak  tahu  berapa kali  mister  harus berhenti  untuk istirahat  dan  menenangkan nafas  biar  nggak ngos ngosan.
Dengan  perjuangan yang  lumayan  melelahkan  terutama  kaki… akhirnya  sampai  juga   di  puncak kawah  gunung galunggung, tapi  mister istirahat  dulu  ya…. duduk  duduk  dulu  memanjakan  kaki  yang   teriak  teriak  minta di istirahatkan, hahhahaha
Gunung Galunggung
Tuh  muka mister item  banget  seperti abis  kena kutukan, wkwkkwwwk. Setelah capeknya  sedikit   menghilang, kembali  mister  muter  muter  seputar  kawah  galunggung. mari kita lihat seperti apa  kawah galunggung  itu.
Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Dapat  di lihat  di area sekitar  kawah  terdapat  warung  warung  kecil  yang berjualan  makanan dan  minuman.  memanfaatkan  situasi  bro…  buat  ngasih  pertolongan  pertama  pada  orang  orang  yang kehausan dan kelaparan, hahhaha
Kemudian  kalau  kita  lihat  ke bawah kawah terlihat sebuah danau  yang airnya berwarna  hijau  keruh, bisa jadi air hujan  yang tertampung  di kawah  dan nggak bisa mengalir  ya…. coz  warnanya  bener  bener   hijau  keruh
Gunung Galunggung
Oh ya kalau  kita  zoom  ke bawah…. ternyata  ada mushola di  kawah  gunung galunggung  lho. nggak  tau  tujauannya  di buat mushola  di  dalam  area kawah  galunggung.  kalau  buat  sholat  pasti  yang  mau  sholat  ke mushola tersebut  musti   butuh  perjuangan  donk  untuk  sampai bawah  kawah, hehhehe
Tapi whatever  lah… mister  yakin  pasti ada alasan  yang  kuat dan tepat , akurat…. kenapa di bangun  mushola  di  area  kawah  galunggung.
Lanjut  lagi lihat fotonya ya bro coz nggak ada lagi  yang  mo mister  omongkan, hahhaha, ya itunya  begitulah  gambaran  tentang  kawah  gunung galunggung
Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Selesai sudah kisah mister kelayapan ke gunung galunggung,  tadi  sebenarnya  nggak ada  keinginan  untuk nulis  lho, tapi karena  takut  bengong  seperti  orang  amnesia  ya  mending  nulis  nulis,   hehhee
boro  and  sis…  sekian  dulu  ya,  besok   kalau ada waktu   tak  nulis  lagi. ok…
see you

18 Comments

Reply