Jalan Jalan Ke Museum Kereta Api Ambarawa

MUSEUM KERETA API AMBARAWA
Melanjutkan perjalanan mbolang mister kemarin selepas dari Candi Ngempon, mister lanjutkan ke Museum Kereta Api di Ambarawa, Yang belum baca Candi Ngempon Boleh baca dulu kok hehehe
Akses ke museum ini juga  so easy  banget, kalau kalian dari semarang   naik bus, turun aja di pasar karangjati ato terminal bawen juga boleh, kalau dari solo -jogja  juga sama… turun di pasar karang jati  atau terminal bawen, nanti kalian lanjut dengan naik minibus dengan tarif 3000 rupiah,.. bilang aja ke museum kereta,  nanti kalian di antar sampai depan museum,
Museum. kereta  ambarawa  sebenarnya dulunya  adalah stasiun kereta api yang  di alih fungsikan menjadi museum.
Di sini kalian bisa melihat  beberapa jebis lokomotif  diantara nya  B5112, B2502., B 2503 yang pernah berjaya di jamannya. yuk kita lihat  macam macam lokomotif nya…
MUSEUM KERETA API AMBARAWA

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Semua  lokomotif di atas   ada yang masih di operasikan untuk melayani wisatawan yang mau naik kereta api uap.
Waktu mister kesana kayaknya  lokomotif di bawah ini yang di pakai  buat  menarik gerbong gerbong kereta wisata. lihat ya….
MUSEUM KERETA API AMBARAWA
Untuk tiket masuk ke museum ini… dewasa di kenakan biaya 10.000 rupiah sedangkan anak anak di kenakan biaya 5000 rupiah.
Untuk naik kereta api uap di kenakan  tiket  tersendiri, mister nggak tau berapa harga tiketnya coz waktu itu pas mister sampai… udah ada pengumuman tiket dah abis…
Di sebelah utara dari museum ini terdapat kantor tempat penjualan tiket kereta api uap serta ruang pamer buat  memajang peralatan  yang waktu itu di pakai   semisal mesin ketik, mesin hitung dan telepon, semuanya   serba  jadul…. mau lihat? mareeeee…..

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Dan inilah penampakan ruang pamer beserta ruang pembelian tiket kereta api uap (wisata) kalau di lihat dari luar.

MUSEUM KERETA API AMBARAWA
Terasa kesannya kita masuk ke jaman di mana  belanda masih berjaya di indonesia ya kalua kita melihat bagunan seperti di atas, hehhehe.. apalagi di tambah lampu lapu dengan nuansa ala eropa seperti di bawah ini..

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Mister bolang sempat melihat ke dalam salah satu lokomotif yang ada di museum tersebut…. dan ini dia  gambarannya,,, ntah itu masih  utuh atau ada sebagian spare part yg sudah hilang mister kurang tahu.

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Selain itu terdapat  roda roda gerbong maupun lokomotif yang  kataknya di biarkan begitu aja.. ada juga tuas tuas  buat menggeser rel  yang terawat rapi dan bersih.

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

MUSEUM KERETA API AMBARAWA

Museum kereta  api ini  masih melakukan  pembangunan dan pembenahan di sana sini, terlihat ada kesibukan    membangun sebuah gedung dan beberapa  petugas kebersihan selalu melakukan perawatan  area sekitar museum tersebut.

Buat kalian yang penasaran dengan museum kereta api ini, nggak ada salahnya meluangkan waktu buat jalan jalan ke museum ini.. buat nambah wawasan tentang perkereta apian kalian, hehhehe
Oh ya nggak jauh dari museum kereta api   kalian juga bisa mampir ke 1Benteng Willem .  Nanti kalau mister ada waktu aku kasih ulasan juga tentang benteng Willem 1. hahaha.
Untuk sementara sekian dulu  jalan jalan mister di museum   kereta api Ambarawa.

2 Comments

Reply