KARIMUNJAWA, (Hidden Paradise at Central Java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Hi….good morning everyones, jumpa lagi denganku, siapa lagi kalau bukan si mr bolang yang super gosong, hehehe.
Mau baca kisah perjalananku ke karimun yang ke dua nggak? mau ya…!, nggak bayar kok,,, hahhaa (edisi maksa), tapi kalau kalian mau baca yang pertama dulu juga mister bolehkan Judulnya Tour Darat Karimunjawa
Sebenarnya trip ke karimun yang kedua ini dah lama aku jadwalkan sama temanku dimas ben pada november tahun 2013 yang lalu, tapi karena  pada saat itu memasuki perubahan cuaca dari musim panas ke musim hujan, biasanya terjadi cuaca yang extrem dan ombak gedhe, maka kami putuskan untuk menunda trip kami ke karimun, nunggu sampai musim hujan bener bener selesai. Nggak seru donk  saat trip hujan badai, apalagi trip kami kebanyakan berada di  laut, jadi untuk amannya  kita  yang bersabar aja nunggu cuaca mulai bersahabat.
Dan akhirnya  waktunya tiba juga…yap  tgl 26 Mei di tahun 2014, kami berangkat ke karimunjawa,  lewat pelabuhan kartini jepara :-).
Barangkat dari rumah bersama dimas Ben, di antar oleh adekku sampai dekat Matahari dept,store Kudus, terus di lanjutkan naik angkutan menuju terminal jetak kudus. (oh ya.. kemarin sempat juga nitipin anak kucing ke temanku teguh, maklum mo di tinggal beberapa hari  takutnya  ntar anak kucingnya mati kelaparan,) hahhaa.
Ok deh.. lanjut…. begitu sampai terminal jetak kudus… our trip di lanjut pakai bus kecil sampai pertigaan yang menuju pantai kartini, dari pertigan ini kalian bisa naik becak, atau jalan kaki  juga bisa. soal ongkos becak… kalian nanya aja sendiri ama pak becaknya, hahahhaa.
Sebenarnya jadwal kapal bahari express yang mo ke karimun hari itu jam 11 siang, tapi nggak ada salahnya kan kita  pagi pagi,,sambil lihat lihat pantai kartini dengan icon kura kura raksasanya.
Singkat cerita akhirnya  jam keberangkatan tiba… jarak yang kami tempuh dari jepara ke karimunjawa  memakan waktu 2 jam menggunakan kapal cepat bahari express, seperti dua tahun yang lalu… begitu sampai karimun , kami langsung menuju wisma apung  tempat untuk menginap, ada sedikit perbedaan wisma apung yang dulu dengan yang sekarang. kalau dulu ada penyunya  sekarang kolam di wisma apung cuma di isi ama hiu dan ikan pari. and terumbu karang yang ada di sekitar rumah apung banyak yang rusak.
Dan perbedaan yang paling menonjol adalah soal tarif… wkwkkwwkwk, kalau dulu kamar non AC cuma 150 rb… sekarang jd 225 ribu, ongkos antar jemput dari darat ke wisma apung yang dulu 5.000rb… sekarang 10.000rb. Buat Backpaker sejati kayaknya kalau mo berhemat hemat ria  aku sarankan nginep di homestay aja deh…. harga berkisar antara 70rb-150rb.
Lanjuuutttttt….. selesai makan siang dan naruh barang barang kami di penginapan, kami nggak buang buang waktu., saat itu juga kami tour darat dengan menyewa sepeda motor 50rb coz cuma setengah hari. mau tau tempat apa yang kita kunjungi saat tour darat?

1. Pantai Nirwana
Tapi apesnya  sampai di pantai ini, pantainya lagi di tutup. hehhee… tapi kalian bisa lihat pantai nirwana seperti apa  di perjalannku tahun yang lalu.
    
2. Ujung Gelam.   
Mau lihat  foto foto ujung gelam saat ini seperti apa? yuuuuk kita simak…
KARIMUNJAWA
KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Wow foto foto ujung gelam cetar pakai bingit….. wkwkkwwk. kami menghabiskan waktu kira kira sejam di ujung gelam. sebenernya sih mo  menikmati sunset di sini, Tapi masih ada satu tujuan lagi yaitu mangrove tracking., yuuukkkk kita lihat lagi fotofotonya
.
KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Di mangrove tracking ini secara nggak sengaja…. sunset di sini ternyata lebih bagus daripada di pantai., kalau di pantai kan cuma matahari dan air laut, kalau di mangrove ni ada  tanamannya jd sunset nya terasa lebih rame, hehhehee, mo lihat… ni aku kasih fotonya,,, hehehhee

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Selesai  melihat sunset, tahu tahu  hari mulai gelap, hahhaah, iya yalah  secara matahari dah menghilang dari peredaran. hhuufff….. ada yang ketakutan di kira kita nyasar ke dunia lain,   🙂 jalan emang terasa lama ya kalau kita dalam kondisi ketakutan…hehhee, dan setelah jalan beberapa lama, finally kita dapat jalan keluar, horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee….. !!!!!!!!
Langsung aja kita kebut motor menuju peradaban manusia,,,,,,dan sampailah kita di pusat karimun, aku kembalikan motor terus kita jalan kaki ke dermaga, dan hampir saja kita ketinggalan perahu yang nganter kita ke wisma apung, dengan teriakan ala tarzan… akhir pak sopir perahu balik menghampiri kita….dan  langsung menuju wisma apung.
Kami langsung buru buru mandi, setelah itu dinner…. and abis tu cerita cerita ngalor ngidul sambil mancing, begitu kantuk menyerang…. nggak buang buang waktu kita langsung tidur,,coz besok kita masih ada tour laut, ihiiirrrrrrrr. kita singkat lagi ceritanya ya….intinya begitu pagi tiba  langsung mandi, breakfast  and siap siap ikut tour laut.
karena kita cuma berdua…. kita ambil inisiatif untuk gabung ke peserta tour lain, kita bayar masing masing 130 rb. coz kita nggak ikut sewa alat snorkling, kalau ikut sewa di kenakan biaya 150 rb. tapi kalau kita sewa perahu sendiri, sewa seharinya menurut info 500Rb plus 1 tour guide.  tp itu nggak termasuk peralatan snorkling dan kamera underwater, so you pilih yang mana? kalau kalian rombongan ada enaknya sewa prahu sendiri, hehhehee
Tour laut di mulai………………………………………………….

pertama kita menuju pulau cemara Besar……ayook kita lihat fotonya..asyeeeekkkkk…

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Dan setelah berfoto foto ria  di pulau cemara besar, acara kita di lanjut snorkling di perairan yang nggak begitu dalam, karena aku nggak bisa snorkling ya cukup ikut  ikutan main air aja… hahhahaaha

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Tapi enak lho kalau kita snorkling gitu, atau pakai kacamata selam, kita bisa lihat kedalam air…wwwuuiiisssss…. kayak aquarium raksasa. its true… aku nggak bohong, indah banget  karangnya.
Dan selesai snorkling  acara di lanjut ke pulau cemara kecil, mau apa kira kira kita di sana ya?  ohh ternyata kita istirahat, makan siang  bakar bakar ikan….juga foto foto, dan saling menyapa sesama anggota tour biar saling akrab. eeehh ternyata salah satu dari mereka satu kerjaan sama saya dan.. tetanggaan ama dimas ben,  hehhee, deuuhh suana jadi tambah akrab aja  nggak seperti yang kita bayangkan sebelumnya.
Oh ya mau lihat foto foto pulau cemara kecil nggak? tentunya  mau donk, kan gratis, wkwkwkwk
ini dia fotonya……….

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Nah setelah kita selesai berfoto foto dan makan siang… kita kembali ke perahu motor, lanjutttttttt….. ke spot snorkling berikutnya.  kalau yang spot ini lebih seru, lebih dalam dan ikannya jinak jinak, beneran,,, keren abis. lihat aja fotonya… aku di keroyok  ikan… hahahaaha

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
Pokok,e seru pakai banget deh……..sampai lupa diri tahu tahu ada yang kram, ada yang loyo…. hahahaha. dari spot snorkling kita lanjut ke pusat penangkaran hiu dan penyu di pulau menjangan besar, dekat ama penginapan wisma apung sebenarnya. kalau di sini kalau kalian mo foto ama penyu atau hiu musti bayar tiket 15 ribu., halah halah… lha foto ama hiu di penginapan aja nggak perlu bayar kok, hehehe.
Selesai dari penangkaran ikan hiu…. tujuan terakhir adalah melihat sunset di dermaga  Elizabeth,  hhmmm…nama dermaganya  keren ya…. pasti donk dermaganya juga exlusive, hahahhaaha
Nanti kalau kalian ke karimun nanya aja ama tour guide kalian, dermaga Elizabeth itu yang mana, pasti kalian akan tercengang cengan dan terkagum kagum.. hehehe
Dan akhirnya tour laut kami usai…. kita kembali ke penginapan masing masing….mandi, makan malam, dan tidurrrrr.
Kayaknya  ada yang kecapekan sampai sampai tidurnya bersuara,,,, ahahaahayyyyy. Besoknya kami masih punya waktu setengah hari lagi  untuk keliling karimun, lagi lagi kami ke pantai nirwana dan lagi lagi apes juga.. masih ditutup, tapi tenang aja… masih ada satu pantai dekat pantai nirwana yaitu gung lele  kalau nggak salah, tapi pantainya lumayan kotor, dan kayaknya nggak memenuhi syarat untuk kita kunjungi,,, so perjalanan kita lanjut ke ujung gelam lagi, di dekat pantai ujung gelam masih ada satu pantai lagi  yaitu pantai topeng, niat mau kesana tapi begitu lihat jalannya yang curam… aku urungkan deh niat itu, takut kejungkir, wkwkwkwk. kalau mo tahu pantai topeng sperti apa, ini dia….(foto pantai topeng ini aku minta dari anggota komunitas backpacker)

KARIMUNJAWA, (hidden paradise at central java)
ok deh  cukup sekian dulu ya kisah perjalanan ku di karimun, tunggu kisah mister bolang selanjutnya… see you…

Reply