Keindahan Air Terjun Coban Kapas Biru, Pronojiwo, Lumajang

Hai bray,,  lama nggak sapa sapa kalian smuanya, tapi smoga  kalian dalam keadaan  sehat dan waras smuanya ya.
kali ini mister datang , mo kasih kalian ulasan tentang sebuah air terjun yang cetaaarrr banget, sebuah air terjun yang airnya bener2 bening, debit airnya juga gedhe  meski di musim kemarau.
  Iya  seperti foto di atas, kalian bisa saksikan, yang mister maksud  adalah air terjun  atau  coban kapas biru yang terletak di pronojiwo, lumajang jawa timur.
Mungkin di blog lain sudah banyak yang mengulas tentang air terjun ini, tapi nggak ada salahnya kan mister ikutan nimbrung untuk mengulas air terjun  kapas biru? hehehee
  Untuk mencapai air terjun  kapas biru   ini,  aksesnya nggak begitu susah koq, Kalau  kemarin  mister bolang bersama teman mister  yaitu mister Ars, kita tempuh  dari terminal lumajang  terus motoran sampai pronojiwo.
buat kalain yg naik angkutan umum juga bisaaaaahhh, kalian  dari terminal lumajang  naik aja  bus jurusan malang  yang melewati pronojiwo, di jamin  ntar  sesampai di pronojiwo  akan ada banner  air terjun coban kapas biru di pinggir jalan, itu tandanya  kalian harus berhenti dan turun dari bus, tapi bayar ongkos busnya dulu ya… hahahahha.
And  perjalanan kalian  bagi yg naik angkutan umum lanjutkan aja  ke tempat retribusi, bayar retribusi  Rp 7500 pergundul,
kalian nggak perlu bayar parkir  karena kalian nggak bawa motor, beda ma mister bolang  yg bawa motor jd ya bayar parkir juga,  hehehe
   Setelah dari tempat retribusi baik yg bawa motor, bawa mobil ato angkutan umum, kasta kalian sama smuanya, kasta pejalan kaki, mau nggak mau harus jalan kaki no gendong gendongan,  no ojeg,  pokoknya  segala fasilitas untuk meringankan beban hidup kalian untuk ke air terjun kapas biru  nggak ada. pokoknya jalan kaki , hehehhee
Tapi buat yang suka  tracking, ini sangat menyenangkan  lho. Mau lihat  trackingnya seperti apa? yuukk lihat lihat  foto mister bolang  berikut ini

 Dari  tempat retribusi  kalian musti  menuruni tebing, jalannya di buat zig zag  biar   tidak terlalu curam. terus di lanjut  menuruni tangga,  karena  tebingnya berbatu  jd nggak bisa di buat jalan zig zag.

Setelah menuruni tangga, perjalanan belum selesai. kalian harus melanjutkan tracking lagi  naik turun  jalan setapak  sesekali ketemu  dengan sumber mata  air, yang seger banget. kalian bisa  beristirahat sejenak  sambil membasuh muka kalian biar  terlihat  tetep fit, seger, jreeeng,  meski  kelelahan, hehehe

Tracking untuk sampai ke air terjun kapas biru memakan waktu kurang lebih 1,5 jam,  ketika kalian  menemukan  sawah yang nggak terlalu luas, itu tandanya air terjun coban kapas biru udah  dekat

Duuhh, mister bolang koq klihatan hitam  banget sih?  rahasianya  apa itu? wkwkwkwk
Ok  lanjut lagi, setelah  melewati  sawah,  nah kalian akan menemukan sungai dan sungai tersebut  berasal dr air terjun coban kapas biru.

aliran sungai  yang  berasal  dr coban kapas  biru udah  terlihat  , itu berarti  air terjun kapas biru udah di depan mataaaaaaaaa……..mo lihat  air terjunnya?
beneran mo lihat? nih  mister kasih  beberapa foto air terjun coban kapas biru dr berbagai  sudut.

Nah  dah  mister kasih penjelasan dan kasih foto2nya   sekarang tinggal keputusan kalian, pengen ke air terjun kapas biru ato kagak?
Mister sarankan  kalau main di air terjun kapas biru  jangan mandi  tepat di bawah air terjun, debitnya terlalu besar, kalau mandi mandi di aliran sungainya aja ya.. demi keamanan kalian smua.
ok mister sudahi dulu penjelasan tentang air terjun kapas biru ini, jari mister dah capek ngetiknya , hahahahhaa
Besok klu ada waktu  mister kasih ulasan destinasi  wisata lagi ,
ok… see you smuanya….

Reply