Keliling Jogja Dan Jawa Tengah Bersama Mr Patrick

HALLO….bro and sister… ketemu lagi  dan lagi  dengan saya si mister bolang yang  selalu menawan, semoga  bro and sist   nggak bosan  ya  mengikuti perjalanan mister.
Kali  ini si mister  bolang jalan jalannya  di temani  sama  teman  dari canada  lho, namanya mister Patrick.
Hi  patrick… I took your pict  on my blog… I wish you dont mind…  :-).
Oh ya  sebelumnya  kita  dah janjian   ketemu di airport adi sucipto jogjakarta jam 7 pagi.
its ok lah  memang   mister bolang yang minta untuk ketemu   morning early   biar kita  bisa punya banyak waktu buat keliling seputar jogja..
ok dah  singkat cerita   kita ketemu  di airport.. dan langsung tancap gas  ke tujuan pertama
1. CANDI PLAOSAN
Dari airport  kita naik  transjogja.. sejenis angkutan umum gitu  yang murah meriah… kurang dari 4000 rupiah  untuk kesegalah arah di  wilayah  jogja.
Begitu sampai  di  selter trans  di  prambanan  kita langsung lanjut pakai ojeg…ke  candi plaosan

Untuk saat ini  mungkin  foto  foto di  artikel ini bakal di dominasi oleh  mister patrick    hehhehe, nggak papa   kan? lagi pula  kan  mister  bolang dah  ada banyak  foto   di  artikel artikel lain.
mister juga  nggak  ngasih penjelasan  tentang  candi plaosan lagi  ya…. karena  dah  mister ulas  di  artikel  mister   tentang candi plaosan ini.

Ok  setelah beberapa lama keliling candi plaosan, kita akan lanjut  ke…….

2. CANDI PRAMBANAN

Di saat di candi prambanan ini  mister bolang  mencoba  untuk menceritakan  kisah  bandung bondowoso dan roro  joggrang  kepada  mister patrick…. tapi  nggak tau  dia  maksud  apa  nggak  dengan apa yang aku ceritakan, hehehe

Looks…. its  so very quite   isn,t?  iya  karena  kita  datang  lumayan pagi   jadi belum crowded , tapi  panasnya  udah terasa  banget, hahhaha
Lanjut lagi…… dari prambanan  mister bolang  dan mister patrick  jalan ke utara… kira kira 800 meter… kita  ke candi  sewu, saat  jalan  kita  juga  bakal  melewati candi  lumbung dan candi bubrah.  tapi  mister  nggak ada  fotonya  saat jalan jalan kemari. cuma  ada  fotonya  candi sewu. mau? ini dia

Ok  selesai keliling area candi prambanan  dan candi  sewu… perjalanan   di lanjut ke…….

4. CANDI BOROBUDUR

Lumayan  jauh  sebenarnya  tapi dan  kita  musti kejar kejaran  sama waktu biar  sampai borobudur  nggak terlalu sore.
Dari  prambanan  kita  naik  bus  trans jogja  arah  condong catut dari condong catur  pindah  bus transjogja  arah terminal jombor. dari terminal jombor  lanjut ke terminal borobudur… kalau di tulis  di sini kayaknya   mulus2  aja  ya perjalanannya…. padahal  nggak seperti  yang ada di tulisan. sang mister  musti harus  jadi  orang  yang  musti sabar   nungguin pak sopir cari penumpang.  hehhehe.
Di candi  borobudur  kayaknya   mister bolang  nggak punya  foto  mister patrick  untuk  di tampilkan  tapi jangan kuatir  ntar  mister  kasih  foto  mister bolang di tahun di masa lampau  ya, hehhe
Dan sesampai di terminal borobudur   perjalanan  kita lanjut naik dokar… mr  patrick  said   this is  the first time he riding dokar (vechicle using horse power).
Lanjjuttt… karena  kita  tugas mister  bolang  menunjukan  banyak tempat dengan waktu yang  terbatas,  so   mister bolang  nggak bisa buang buang waktu. dari candi  borobudur  perjalanan  kita lanjut ke  kota  kudus. waaaoooooww… kota  kudus   di mana mister bolang tinggal.  Btw  mo  wisata  apa di kota  kudus?   meski ada beberapa tujuan  wisata  di kota kudus  tapi tujuan  utama kita ke……….

5. KARIMUNJAWA

Sebenarnya  ke karimun  untuk saat  bulan januari  seperti ini  ibaratnya  kita gambling  aja, tau sendirikan kalau bulan januari itu musim ujan, karena  itu  kalau salah perhitungan  kita  bisa terdampar  di karimunjawa.
so I told mr patrick  the risk  when  we go to karimunjawa  on rain season, probably  we will  stranded , hehhehe
Setelah  ngumpulin  informasi  tentang keadaan cuaca saat itu dan ada nggak nya  kapal nyebrang saat itu…akhirnya  fix…. mr bisa  simpulkan kalau  kondisi  cuaca mendukung serta  ada kapal  yang nyebrang.

Jam 04.00 pagi  kita berangkat  ke pelabuhan jepara naik sepeda  motor,  hehhehe little bit accident…  my motor  has  flat tire   tapi  pas  di tempat tambal ban…… I guess  its  not  big problem   and  we still have  much time  .
So kita  nunggu bentar tukang  tambal ban  memperbaikinya   , nggak butuh  beberapa lama  selesai…. perjalanan kita  lanjut  ke pelabuhan… antri tiket  dan  meluncur… ke karimunjawa…
Sesampai  di karimun kita  di hari pertama  juga  kita nggak buang  buang waktu    bro,   langsung  kita  ikut tour laut

Setelah  naik kapal  kecil  beberapa menit  akhirnya  sampai di tujuan pertama spot  yang paling  rame  buat snorkling  yaitu  di sekitar pulau menjangan kecil. banyak ikan ikan kecil  yang friendly  lho….

Foto  itu  dari tampilan  atas…. mister kasih lihat tampilan  underwaternya  ya…. ikannya lebih  heboh, hahhaha. Sayangnya  mi patrick  nggak  mau ikut foto underwater  jadi    fotonya   bakalan di dominasi  mr bolang  nih,

Dari spot  satu    di lanjut spot snorkling ke dua   spot  pulau gosong  tapi yang dekat pulau cemara besar, karena di rasa  airnya   agak keruh dan visibility nya  kurang bagus, mister bolang putuskan  nggak ikutan foto underwater…. just snorkling aja  .
Selesai snorkling  our trip  lanjut ke pantai  ujung gelam…

Begitu merapat  di pantai ujung gelam  langsung  aja  mister bolang  ngajak mister patrick  untuk kepantai   batu topeng. letaknya bersebelahan  bisa di tempuh dengan jalan kaki. ini dia pantainya

Di pantai  ini ada banyak kejadian  dari hal yang  lucu  sampai yang menegangkan….
pertama  ada  cewek  yang teriak teriak  punyaku  warnannya  kuning…. mister  nggak tau  apa  yang di maksud, tapi  ada bapak  bapak  yg spontan  nanya  si cewek….. masak sih mbak  punya  mbak warnanya  kuning?  coba  lihatin  kalau bener bener   punya  mbak warnanya  kuning, wkwkkwwk
si bapak  itu  nggak tau korelasinya  apa  kata kata  tada  ikutan  nimbrung aja.
Yang kedua  hampir aja  mister patrick  kejatuhan  buah kelapa…. its real…. its too close  coconut  falling down  near by mr patrick. oh my……
Nah  selesai  dari pantai batu topeng  we back to ujung gelam beach karena  di rasa  waktu dah  mulai  mo menyentuh gelap,
Begitu personil dah  kumpul  perjalanan  di lanjut ke dermaga  di mana  kita  tadi  start  untuk  tour  laut, dan sesampainya  di  daratan  kita bersih bersih mandi  keliling  alun alun  and  get dinner  di  seputar  alun alun.
Setelah  selesai   kita  kembali ke homestay… kita  berfikir  kalau  kita besok lebih baik pulang.. pertimbangannya  cuaca bisa berubah  sewaktu waktu… , kalau  kita  terdampar  bisa bisa tiket mr patrick  buat balik ke bali  bakal hangus  coz  dia  dah  beli tiket buat ke bali di hari selasa tgl 12  januari. so  kita  putuskan  minggu kita balik  ke jawa… dan masih ada banyak tujuan di jawa  koq… hehhee.
Aku kasih  2 opsi  ke mister patrick  ada  dua tujuan  yg saling berlawanan arah.  pertama  ke sumber pitu di baturraden purwokerto  tapi  cuma satu tujuan, dan jaraknya  juga  lumayan jauh  .
opsi yang kedua  ke karanganyar  ada 4 tujuan… candi sukuh , air terjun jumog, candi cetho  dan  grojogan sewu.
Akhirnya  kita  ambil opsi  yang kedua, selain nantinya lebih dekat  sama jogja  juga  banyak  tujuan yang bisa kita kunjungi.
Singkat  cerita  kita bermalam di salah satu hotel di solo, pagi  pagi banget  sekitar  jam enam  kita dah di jemput  mobil buat nganter kita keliling karanganyar  dan tujuan pertama  jatuh pada.

6. AIR TERJUN JUMOG
 Air terjun jumog  sebenarnya biasa  aja   tapi yang  bikin menarik  banyak  pohon  pakis  raksasa… jd  kita  seperti   di jaman purba, apalagi  kalau  masih sepi… kalian  bisa merasakan   keheningan,, cuma suara air yg gemericik…. feel syadu   banget  hahahhaha

Kata  mr patrick… that  the first time  he feel cold  when in Indonesia. hehehe. Iya  mungkin pas  di bali  dia  mainnya kepantai  aja   jadi  ya   feel  hot terus.
Setelah  beberapa  lama  perjalanan di lanjut… kali ini tujuan kita ke

7. CANDI SUKUH.
Tapi sayangnya  candi sukuh dalam restorasi (pemugaran) , tapi ngak ada salahnya  kita lihat  fotonya  saat  dalam  proses pemugaran.

Bentar  mister  carikan  foto  candi  sukuh  saat  masih  utuh  ya…. mister   ada  koq  fotonya  coz  pernah kesana dua kali…

Sebenarnya   di tahun 1982  candi  sukuh  ini selesai  di pugar,,,,sekarang di tahun 2016  mengalami  pemugaran  lagi.

Apapun alasannya  smoga  setelah  di pugar  candi sukuh  terlihat tambah bagus… dan   menjadi  salah satu icon wisata di jawa tengah  khususnya daerah karanganyar.
Ok  lanjut lagi  ya  dari candi sukuh  kita  meluncur ke ……..

8. CANDI  CETHO
 Letaknya  tidak berjauhan… masih di wilayah karanganyar, Untuk ke candi  cetho  aksesnya  sebenarnya  sudah bagus  dan  kanan  kiri  kita di suguhi pemandangan kebun teh  yang nampak hijau… everything looks  so green….

Sekarang  kita  lihat  foto foto candi  cetho… yang saat  itu masih  di selimuti  kabut.

Lanjut  lagi  lihat  foto fotonya  ya……

Di samping   candi  cetho,,, juga terdapat patung  dewi saraswati…. dewi ilmu pengetahuan, mo lihat  fotonya?  mareeee

Kemarin  si bang zaenal  sang driver kami nanya… kenapa  kebanyakan patung dewa dewi  tangannya lebih dari sepasang?
mister  jawab  aja…. mungkin karena kerjaan dan tugasnya  banyak  jadi  butuh  tangan  lebih dari sepasang, hehhehe
ya  coba  tanya  pada  ahlinya bang.. klu aku mah nggak bisa  jawab  tepatnya  seperti apa.
Ok  selesai  keliling  candi cetho  dan  patung dewi saraswati…. kita beristirahat sejenak   di   gapura  pertama  tepatnya pintu  masuk pertama  untuk masuk kawasan candi cetho  sambil menikmati kabut  yang  datang dan pergi

Nah   setelah  di rasa cukup   perjalanan  kita  lanjut  ke  tujuan terakhir… kemana  itu?….. hhmmm… nggak  jauh jauh   juga  dari Karanganyar  koq.  iyaaapp   tujuan  terakhir  kita  yaitu ke

9. GEROJOGAN SEWU

Wahh…. kalau ke gerojogan  sewu  mister bolang juga baru pertama kali nih… hahhaha. iya  boleh  jadi kmarin kmarin mister bolang nggak tertarik ama  air terjun gerojogan sewu  di sebabkan  karena banyak info dr teman mister bolang kalau  gerojogan sewu  terlalu rame , sedang mister kan nggak suka yg terlalu rame.  Tapi karena  ini tugas  nemani   mr patrick  .ya   tetep  musti  ke gerojogan  sewu. al hasil… gerojogan  sewu  memang  rame.  tapi tetep bisa ngambil foto  di   spot2  yang  pas  sepi  sih  hehhehee

Lanjut  lagi  gambar  berikutnya  ya….   oh  ya  di  gerojogan  sewu  ni banyak  banget  yang namanya  monyet  abu abu. dan galaknya  minta  ampun… waktu  mister  foto….  tiba tiba   monyetnya  menyeringai  mo nyerang mister,,,,

Lanjut  lagi  foto berikutnya  belum  lama menikmati  air terjun gerojogan  sewu  tiba tiba   awan  gelap  dan  terdengar  suara    petir..  yaaahhhh   alamat  hujan  nih. dan bener  selang beberapa menit  aja   hujan deresss.
but its  ok…. all destinasi  finish  before  rain… I guess  God bless us.
Karena  hujan  berlangsung lumayan lama… akhirnya   mister  putuskan  aja  untuk  ninggalin  air terjun grojogan sewu.  kita musti menaiki anak tangga  sekitar  1200 an  bro  hahhaha. Yah  itung itung  olahraga  saat hujan.
Sesampai di parkiran   perjalanan kita  lanjut  back to  solo  tepatnya ke terminal solo  tentunya   masih  dengan   si abang zaenal   si driver  kita  donk   hahhahaha.
dari terminal  kita  langsung lanjut  naik bus  ke   bandara  jogjakarta…. tujuannya mencarikan hotel buat mr patrick  biar besok nya  kalau  balik  ke bali  dia  bisa lebih  mudah.  Karena  petang  itu juga   mister  bolang  harus  ninggalin   dia  karena  mo ke tempat dimas beny  coz   he will  celebrate his birthday….. happy birthday  dimas beny…..I wish   one day  we can traveling together  again….hehhehehe

Finally… sampai  di sini dulu perjalann mr bolang dan mr Patrick  ya…,

For mr Patrick… I try to do the best as long as I can, You may feel very tired because we move quickly from one destination to another destination. just because the time is very limited and I want to show you many places. And I,m sorry  if  I dont  know  that you have  problem  with Indonesian foods.  maybe if you want to come back to Java someday I could do better than yesterday.  Thanks  for all… 🙂