Keraton Ratu Boko (BOKO PALACE)

Setelah kemarin kemarin mbolang ke pantai   sampai terdampar juga  nggak ada salahnya sekarang mbolang ke sebuah bangunan peninggalan jaman  dahulu. yaitu  keraton ratu boko, dimana itu letaknya?  hhmmm…. keraton ratu boko  terletak di selatan candi prambanan tepanya  kurang lebih 3 km ke selatan candi  prambanan.
Kalian mau tahu  tentang  keraton ratu boko?  simaklah penjelasan mister   hhahahhaah
Situs ratu boko terletak di atas perbukitan boko dengan ketinggian 195,97 dpl. dengan luas sekitar 160,898m2, situs ratu boko merupakan peninggalan  sejarah yang bercorak hinduisme dan budhhisme, yang di bangun pada abad VIII-IX masehi.
Pada awal mulanya situs boko merupakan sebuah kompleks vihara sebagaimana tercatat dalam prasasti Abhayagiriwihara yang berangka792 masehi, peninggalan arkeologi budhhisme  yg ada di  situs boko berupa rerubtuhan stupa, arca dhyani buddha. dan stupika.
Sekitar tahun 856M, situs  ini berubah menjadi kediaman seorang penguasa yang bernama Rakai walaing pu kumbhayoni yang beragama hindu.
Temuan prasasti  yaitu prasasti boko mengandung keterangan tentang pendirian lingga, yaitu lingga krrtivaso, lingga tryambaka, dan lingga hara.
Adapun peninggalan arkeologi lainnya yang bersifat hinduisme  adalah arca durga, ganesha, dan prasasti dari lempengan emas. 
Naaaaahhhhh…. pintir  bingitzz kan mr  bolang ngasih keterangan….. hahhahhaa. Ok dah  mister lanjutin  tentang  suasana dan bagaimana kalian  kalau mau ke  situs keraton ratu boko aja ya….
Sama sekali nggak susah  koq… tinggal kalian  ke candi prambanan aja, nanti beli tiket  terusan  candi prambanan plus situs kraton ratu boko. senen kemarin tepatnya tanggal 1 juni 2015, tiket  terusan prambanan dan kraton ratu boko  harganya  50 ribu rupiah. tapi itu lebih enak  dan lebih murah   coz nanti kalian bakal di antar jemput ama minibus .

Nah,, sampai di lokasi  kraton boko  kalian musti berjalan  menapaki anak tangga  sprt yang kalian lihat gambar di bawah ini,

Setelah melewati anak tangga… kalian akan menjumpai gapura pertama dan gapura kedua, gambarnya  seperti yang kalian lihat di bawah ini. gambar yang terlihat rumputnya  hijau   di ambil dari samping depan  dan gambar yang nampak gersang  di ambil dari samping belakang
Btw anyway busway,,, knapa fotonya kontras banget  yang satu begitu seger  hijau  dan yang satu  begitu gersang..? oh…itu karena  foto2 ini di abil dalam waktu yang berbeda…. satu pada saat musim kemarau dan satunya di ambil saat  penghabisan musim hujan. hhehee.
tapi smuanya  foto asli  yg jepret mister  koq  nggak ada yang nyolong dari foto sebelah,,,, hhahahha.
Aku kasih lihat lagi detailnya gapura pertama dan yang kedua ya,,,

gapura 1
gapura 2
Melewati gapura pertama dan kedua… nanti kalian akan melihat petunjuk sebagai berikut, ke sebalah utara  ada kiara pandang dan candi pembakaran.
Dari kiara pandang kalian  bisa melihat   candi prambanan, dan kalau mau tahu bentuk candi pembakaran  ini dia  foto fotonya….. hehhehee

Tuh  ada dua foto lagi di atas  yang gersang ama  yang seger…. kalian suka yang mana? hahhaa. oh ya  sekarang situs kraton boko juga  lebih cantik dan lebih hijau daripada tahun tahun lalu. Smua jalur  menuju lokasi situs  di kasih papan petunjuk dan di buatkan jalan   rapi, mo lihat contoh jalannya  seperti apa…. ini dia  contohnya…

Pokoknya  boko sekarang lebih ok  daripada tahun tahun lalu, Kita lanjut lagi ya… kalau dari gapura kedua tadi  kalau ke utara  kita ke candi pembakaran dan kiara pandang, Nah kalu ke arah timur  kita akan  menuju ke arah pendopo dan keputren,,, sudah ada  petunjuknya juga  lho

Pendoponya udah nggak utuh lagi  tinggal lantai  yang terbuat dari batu aja,  dari pendopo kita lanjut ke keputren ya. tapi kalian tau nggak apa artinya keputren? hhmmm artinya  tempat  untuk para putri dan istri raja  kumpul kayaknya…. pokoknya  ruangan khusus  cewek  gitulah,,,, hhahhaha. mari kita lihat  bangunan  keputren itu  seperti apa?  tapi mister juga nggak yakin sih foto di bawah ini  masuk dalam wilayah keputren apa  masih dalam area pendopo, untuk lebih jelasnya ntar kalau kalian ke  kraton boko  tanyakan ama petugasnya  ya,,,, . ini foto bangunan yang  bikin mister bingung,,,, keputren apa  pendopo,,, lha petunjuknya  juga jadi satu…. tapi kayaknya  masih dalam area pendopo  deh…

kalian mau lihat juga seperti apa  di dalam bangunan tersebut?  mari   mister kasih lihat……

Sebelah selatan dari bangunan tersebut ada sebuah miniatur candi… kayaknya buat persembahyangan. let take a look……

Nah  di sebelah timur dari area  bangunan  mimiatur candi dan pendopo tersebut  terdapat kolam, kalau  ada kolam kolam  gitu biasanya  inilah  yg di maksud  keputren…kan biasanya cewek cewek  suka  main air… berasa  bidadari  yang pengen selendangnya di curi jaka tarub  gitu  kalau cewek lagi main air, hahhahha, dan kolam ini terbagi menjadi dua,  kolam utara dan kolam selatan yang di pisahkan  oleh gapura.
kolam utara berbentuk persegi panjang berjumlah 7 buah kolam, 5 buah  kolam berukuran besar dan dalam, sedangkan yang dua buah berukuran kecil dan dangkal.
mau lihat  kolam utara  seperti apa…. ini dia….. foto fotonya….

Untuk menuju kolam selatan  kita musti melewati gapura  seperti  di bawah ini

Dan untuk kolam selatan sendiri terdiri dari 28 kolam. 14 kolam berukuran besar berbentuk bundar, 13 kolam berukuran kecil berbentuk bundar, dan satu kolam  berukuran kecil berbentuk persegi panjang..

Percaya nggak dengan keterangan mister  tentang jumlah kolam  yang ada di keputren tadi…? hahhaha kalau nggak percaya  ya udah   yang jelas  yang mister ketahui dari keterangan yang saya dapat  memang sperti itu.
Setelah berkeliling  sampai  area  kolam   kayaknya  mister  sudahi dulu  ya perjalanan mister ke situs keraton boko, mister siap siap balik ke prambanan  tapi mister  nggak lewat    jalan di mana  tadi mister berkeliling situs keraton boko. sengaja mister  berjalan di sisi selatan situs biar bisa ngambil gambar  lebih banyak dan secara detail situs boko ini. dan ini dia  foto2  situs boko yang mister ambil dr sisi  selatan.

And  hai mas bro dan mbak bro….. begitu selesai berkeliling  situs boko, Alhamdulilah  ujan deresssss, hahhaha.
Dengan senang hati mister  berteduh di gazebo  gazebo  yang ada di sekitar keraton boko. padahal lepas dari situs boko   jadwal mister  mau  ke  solo…. mo ngambil kamera di rumahnya mr elegan, hahhaha, terpaksa  nunggu ujan reda dulu baru ke solo

ok dah sekian dulu penelusuran mister bolang di situs keraton ratu boko ya… ya  kadang  wisata ke pantai ke gunung juga ke tempat bersejarah…. biar  blog mister  lebih berwarna…. hhahaha

see you semuanya,,,,,,,

2 Comments

Reply