Klenteng Kwan Sing Bio Dan Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen

Hallo  para pembaca… mbak dan mas  bro….apa kabar kalian smuanya?  dah lama  kayaknya  mister bolang nggak update  ni blog ya, hehhehee
Tenang  mister bolang  lama nggak update  bukan karena kekurangan bahan  untuk di tulis, tapi bingung  mau nulis artikel apa   karena saking banyaknya  artikel yg mau mister tulis, hahahhaa
  Kali ini  mister bolang  mau mengulas  sebuah klenteng  di wilayah Tuban yang juga  yaitu  klenteng  kwan sing bio.
Apa  yang menarik dari  klenteng ini? mari ikuti ulasan mister tentang klenteng Kwan sing bio  yang ada di tuban  ini.
Terletak persis  di  pantai utara jawa… dan  di pinggir jalan utama  jalan pantura, sangat sangatlah  mudah  untuk mencapai  klenteng ini.
Dari semarang  kalian tinggal naik bus  jurusan Semarang -Surabaya  turun  di Terminal lama yang sekarang udah menjadi rest area.
Begitu juga sebaliknya  yang dari surabaya  bisa naik bus  jurusan surabaya -Semarang turun   terminal lama.
Akhir  akhir  ini  Klenteng kwan sing bio  lagi banyak di bicarakan   para penghuni dunia maya  karena kontroversi patung dewa perangnya  yaitu patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen.
  Kebetulan mister bolang kemarin ke klenteng  kwan sing bio  ini  sebelum ada  ribut ribut di medsos jadi mister bolang bisa mengambilkan  gambar  gambar   klenteng dan patung kong co buat kalian smuanya…
Sebelum mister bolang  melanjutkan ulasan  ini, mister kasih lihat dulu ya patung  Kong Co  yang tingginya mencapai 30 meter  ini

Patung  ini  merupakan  simbolis   dari dewa perang menurut kepercayaan jemaat klenteng, nggak tau tuh  knapa akhir  akhir  ini di ributkan.
Padahal warga tuban  yg tinggal di sekitarnya  setahu mister juga  adem ayem, koq  malah yg di luar Tuban  ribet, hehehehe
Pro  kontra  tentang patung  ini  nggak perlu  mister ulas  lebih jauh  ya, mister anggap  klenteng dan patung   sebagai salah satu destinasi  wisata  yang ada di Tuban,  biar pembahasannya nggak melebar kmana mana.
   Klenteng kwan sing boi  yang ada di Tuban  ini menurut beberapa artikel yg pernah mister  baca  termasuk salah satu  klenteng terbesar. ada yg bilang terbesar di indonesia, ada  terbesar  se asia tenggara… secara pastinya  mister  kurang tahu terbesar  se indonesia atau se asia tenggara.
Sekaramg   mari kita lihat  bangunan  fisiknya…
Di halaman depan terdapat  Altar  buat persembahyangan, di area ini mister  bolang  nggak boleh ngambil foto, jadi  ya  dengan penuh rasa  hormat  mister  nggak ngambil foto di  area persembahyangan.   meski bisa aja mister bolang  curi2  buat  foto  tapi mister nggak lakukan. hehhehe.
Karena  di area  persembahyang  yang berada di depan  mister nggak boleh melakukan aktivitas  foto2  akhirnya  mister langsung masuk  ke area tengah…
Memasuki  area tengah… mister melewati sebuah Ruangan  yang terdapat banyak patung2  seperti ini  nih

Setelah  melewati patung2 tersebut,  mister  masuk  ke sebuah ruangan  yang banyak  reliefnya.  nggak tau istilahnya relief  ato  apa, hahahhahaha
ini dia  relief  yang mister maksud…

Setelah melewati ruangan  yang banyak reliefnya  ini    baru  mister  mencapai area tengah. di area tengah  ini terdapat  bangunan  yang terdapat di tengah tengah kolam. seperti ini  nih….

Nah   sebelah selatannya  dari bangunan  yg berada  di tengah  kloam ini terdapat   sbuah gedung yang bertingkat  klu nggak  kliru ya  tingkat  3. Secara  fungsi  mister  kurang jelas  fungsinya  untuk apa, tapi menurut mister  kemungkinan besar  gedung ini  di peruntukan buat anggota jemaat dari luar kota ato luar  pulau utk menginap.
mau lihat gedungnya sprt apa? mareeeee….

Nah   dari atas gedung  inilah  spot  paling bagus  buat melihat  patung Kong Co, ayook mister ajak  lihat  patung tersebut dari lantai  3  ya….

   Demikian kiranya  klayapan ala mister bolang ke klenteng kwan sing bio dengan patung kong co, klayapan yang super murah meriah  karena  untuk masuk ke klenteng nggak di pungut retribusi, cuma di suruh ninggalin ktp  di pos keamanan.
abis  itu bisa keliling sepuasnya….dan di dalam area klenteng  tepatnya di dekat parkiran  juga  pihak klenteng   ngasih tempat  buat warga sekitar utk berjualan   lho. jadi buat kalian  yg kehausan  setelah berkeliling, kalian bisa makan dan minum sepuasnya  di  warung2  yg ada di area tersebut  tapi  mohon janga lupa  untuk memBAYAAAARRRR, hahahahaha
membawa berkah  buat pedagang  juga ternyata kan….??
Sekarang mister sudahi dulu  ulasan  mister bolang, tentang Klenteng Kwan sing bio  ini…,  lain waktu  mister  kasih  refrensi  destinasi wisata lainnya…  see you smuanya….

Reply