Koleksi Benda Benda Yang Ada Museum Purbakala ,Terban, Jekulo, Kudus

Hai… good morming everyones….. hahhaha, ketemu lagi ama mister bolang, sesuai janji mister bolang  kemarin, hari ini mister bolang akan mengulas tempat wisata yang ada di sekitar kota  mister bolang  aja.  nggak  jauh  jauh  sih… masih di selitar desa mister bolang,  tepat  nya  Museum Purbakala  yang berada di Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kec. Jekulo Kudus.
Easy  banget  koq  aksesnya…. tepat  di jalan  pantura…. kalau dari kota Kudus kira kira 12 km. kalau  dari kota  Pati  kira kira  11  km.
History tentang berdirinya  museum purbakala  ini  berawal  dengan  di temukannya tulang  belulang  gajah  purba  yang ada di perbukitan  pati ayam.  Kisah  bagaimana si gajah  tersebut  sampai  jadi  fosil  bisa  di simak  keterangannya  di foto di bawah  ini…… di  baca  ya…. hehhehe
Selain di temukannya tulang belulang  gajah  purba… atau fosillah  lebih tepatnya…., masih ada banyak lagi  fosul fosil yang di temukan oleh tim arkeolog… diantaranya  sisik  ikan  bertulang  keras dan gigi  buaya… gambarnya  bisa kalian lihat  di bawah. meski  fotonya  agak  kabur  tapi  itu foto asli  hasil jepretan  mister bolang  lho, wkkwkwkwk.
kendalanya  kalau ngambil  foto benda yang di letakan  dalam  kaca ya gitu… kalau nggak pakai  flash  nggak jelas, tapi  kalu pakai flash cahanya  akan mantul dan bikin fotonya jadi kabur  nggak jelas.
Ada juga fosil gigi hiu sampai, fosil  rusa, kerbau, kuda air,  kerang kerangan, badak tapi ya nggak  utuh, ada yang cuma giginya  aja, tengkorak kepalanya aja, atau bagian tulang kakinya aja. Untuk  lebih jelasnya  mendingan  main  ke  museum  ini  aja  deh… ntar   mister  anter  sekalian jumpa fans  ama mister bolang   wkwkkwkkwwk

Kalau foto yang di bawah ini seperti uang mister sebutkan di atas adalah fosil kerang yang di temukan di  situs  pati ayam  juga.
pasti akan jadi pertanyaan… koq bisa ya fosil fosil binatang  laut  di temukan  di daerah perbukitan  pati ayam dan satu area dengan di temukannya fosil fosil binatang darat  seperti  gajah, badak  kerbau. kalian  mau tau jawabannya?  beneran  mau tahu? okey….. dengan  senang hati mister  akan  menjawabnya….
karena  mister  bukan  arkeolog,  nanti kalau  mister bikin hipotesa  sendiri bakalan  banyak bantahan  maka  mister sarankan  kalian  tanya  aja langsung ke tim arkeolog yang  sedang meneliti   sirus  pati ayam. ato datang langsung   di  museum  purbakala…. di situ aja penjelesannnya  komplit  dah  pokoknya,  entah  kalain  nanti percaya  apa tidak… itu urusan  kalian,,,hehhehee

Oh  iya… di  situs  pati ayam  juga  di temukan  adannya  tanda tanda  kehidupan manusia purba, ulasannya  bisa kalian  baca  di  gambar  di bawah  ini, mudah mudahan  bisa kebaca,  mister  kutip sedikit ya tulisannya ”Kehadiran manusia di pati ayam di tunjukan dengan penemuan gigi prageraham dan fragmen atap tengkorak milik homo erectus pada tahun 1978”
Di temukan  juga  peralatan  sederhana  bro semacam kapak genggam dan beliung persegi

Penelitian situs patiayam sendiri sebenarnya telah di lakukan sejak  jaman belanda … nggak percaya?  ya  di lihat aja  sendiri  ke museum… ada  historynya  awal dari  penelitian  situs patiayam  ini  di  mulai  pada tahun   1857  oleh  raden saleh dan  frans wilhem junghuhn..
kemudian  setelah tahun 1893 oleh  de winter, kemudian  van es  menemukan  9 jenis  sisa vertebrata  di  pegunungan  pati ayam pada tahun 1931.
Lanjut lagi di tahun 1978  di temukannya 17 species vertebrata dan sisa manusia berupa  pra geraham dan pecahan tengkorak.
Dan di tahun 1981-1983 di lakukan oleh Truman Simanjutak, beliau mengamati muka tanah  sepanjang  sungai balong dan ampo ( masih  sekitar  area   situs  patiayam)
Terus  paling  akhir di tahun 2005 hingga  sekarang  penelitian  di lakukan  oleh  Balai pelestarian situs  manusia purba  dan Balai arkeologi Yogyakarta.
Dahhhh  lengkap  deh  kayaknya  laporan  mister bolang,  saatnya  mister  bolang  selfie  selfie  ama  duplikat fosil  gajah  purba, hehhehe
Untuk  mengetahui  jenis  jenis  hewan apa  aja  yang dulu pernah  hidup   di  tanah jawa  dan sekarang  dah punah, baca  nih   ulasan   dari   foto di bawah  ini… aku perbesar  bisa  bisa di baca   hahhahaha
Tetep  nggak bisa  dibaca ya?  wkwkkwkwk, iya  seperti  yang mister sebutkan di atas.. ada rusa, kuda air, harimau, kerbau purba,,dan gajah purba (stegodon trigonochepalus), katannya  sih  pada jamannya  ukurannya  lebih besaaaarr  daripada  mammoth  yang di temukan  di belahan bumi bagian utara. 

Ok  bro and sis  kayaknya  musti mister akhiri  sampai di sini dulu ulasan tentang museum  purbakala yang ada di desa mister bolang.
Sampai ketemu  di artikel  yang  lain  ya…!  yang  lebih  segerrrr….coba  tebak   apa?  penasaran?  ya  di tunggu aja….  pokoknya dalam waktu dekat  mister akan kasih ulasan  tempat wisata  yang menarik lagi…   ok  semuamya   see youuuuuuuuuuuuuuuu……..  🙂

Reply