Konservasi Penyu Taman Kili Kili Panggul Trenggalek

Konservasi Penyu
Melanjutkan tulisan kemarin, saat mister ke pantai dan air terjun Pelang di Desa Wonocoyo. Panggul. Trenggalek, sebelumnya mister mampir dulu di tempat konservasi penyu, istilah kerennya baby turtles nursery, hehehe… rutenya  sama  aja koq  seperti kalau mau ke Pantai Pelang kalau mau baca bisa cari cari diblog mister hehehe, cuma sebelum nyampai di pantai pelang nanti ada petunjuk seperti di bawah ini.
Baca : Pantai & Air Terjun Pelang Trenggalek

Selamat datang di kawasan konservasi penyu

Nah kalian ikuti aja petunjuk tersebut, nanti kalian akan melewati sebuah gang, dan melewati perkebunan kelapa, nggak begitu jauh kok perkebunannnya  seperti ini.

perkebunan klapa konservasi penyu
Terus  aja kalian jalan seperti mister lakukan, hehehe, nanti kalau sudah terdengar suara gemuruh ombak, artinya kalian sudah dekat dengan penangkaran tersebut,  iya penangkaran penyunya persis  di dekat pantai, dan kalau kalian menjumpai gapura seperti di bawah ini  berarti kalian dah sampai  di penangkaran tersebut, let cekidot  gapuranya seperti apa….

Gapura Konservasi Penyu
Silahkan kalian masuk, no pay sepeserpun… alias free of charge. sweaaaarr dah. udah gitu petugasnya friendly lagi beda sama konservasi penyu di Sukomade yang letaknya di tengah hutan taman nasional meru betiri  yang akses jalannya  aduhai susahnya, kalau di taman kili kili ini terbilang sangat mudah, jalannya  juga  udah di setrika halus dan muluzzzzz, hahaha

Kalau yang masih bingung aksesnya baca artikelku  Pantai dan air terjun pelang ya… biar jelas…. hehee.
Begitu anda masuk gapura tersebut kalian akan melihat sebuah bangunan dan bak bak tempat baby penyu yang di pelihara dan di rawat…. pengen lihat? monggooooo……..

Bak Konservasi Penyu
Tuh, si mister bolang yang hitam kelam juga lagi eksis  di penangkaran penyu, hahahaa. ya ampun… apa salah dan dosa si mr bolang  sampai sampai begitu hitamnya…. :-).
Menurut info dari bapak petugas yang ada di sana penyu mendarat untuk bertelur pada bulan mei- september. tapi september  itu dah jarang bingitzzz…. jadi kalau mau lihat dan mengamati penyu bertelur kayaknya  bulan mei – juni – juli.
Kalian mau lihat isi bak bak tersebut nggak, nih mister kasih lihat…. biar nggak penasaran.

KOnservasi Penyu Taman Kili Kili

KOnservasi Penyu Taman Kili Kili
Wow….. ada banyak baby penyu yang unyu unyu… kayak aku……wkwkkwkwkwk, (langsung yang baca pada protes). penangkaran penyu di sini sedikit beda sama yang ada di Sukomade, kalau di Sukomade tempat penetasannya  di sebuah ruangan yang berpasir  dan di kasih atap, kalau di taman kili kili  ini penetasannya  seperti penetasan alami aja masih di pinggir pantai tanpa ada atapnya, tapi buat mister malah lebih bagus yang di kili kili jadi kita leluas mengamatinya… hehehe.
Tau nggak kalau penyu yang baru menetas gitu perlu di keringkan dulu, maksudnya bukan di keringkan  seperti ikan asin, wkwkwk.  tapi di keringkan supaya  kulitnya bener bener kuat… baru di masukan ke bak bak air…. kayak seperti ini  nih  di keringkan  dalam ember yang berpasir…..

Tuh banyak bingitz kan…..lucu lucu juga. hahahaha, mo bilang kayak aku nggak tahan sama yang protes. hehehe . . . oke deh kalau begitu  sekian dulu tulisanku tentang  konservasi penyu di taman kili kili di Desa Wonocoyo, Panggul Trenggalek.
Saya sarankan buat yang suka mengamati penyu bertelur  datang kesini  aja… selain aksesnya mudah, juga sekaligus bisa menikmati indahnya pantai pelang dan air terjun pelang. Oh ya… bulan september ini mr bolang off dulu klayapannya  ya….. coz bulan oktober november dan seterusnya   ada banyak jadwal mbolang ke tempat tempat  yang lebih menarik.
mau tau  tempat tempat itu apa aja….. di tunggu  di bulan oktober ya…. ciaaaoooooo

Nb : Rute dan Tarif
Semarang – Solo  : Rp. 20.000
Solo – Pacitan : 25.000
Pacitan – Lorok : 25.000 Sebenernya 20.000
Lorok – Panggul : 10.000

4 Comments

Reply