Menguak Sisi Lain Pulau Tabuhan Dan Bangsring Underwater, Wongsorejo, Banyuwangi

Pulau Tabuhan

Hai  hai hai hai hai haaaaaaaaiiiiiiiii,  ketemu lagi  ama  mister bolang  edisi abis lebaran., hehhehehe
Semoga  teman teman dalam  keadaan baik semuanya  dan tetep  ngikuti perjalanan mister bolang, Sedikit agak telat  buat  nulis  nulis  lagi  di karenakan  bulan  puasa  kemarin  mister  nggak kemana mana… just stay at home melakukan  ritual pemutihan  kulit dan hasilnya bisa kalian lihat pada  foto foto  di atas….wkwkkwkwk.

Ok,,, kali ini mister  mau ngajak kalian  jalan  jalan ke ujung timur jawa, tepatnya  di desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.
Katanya sih…pemandangan bawah laut di pantai Bangsring itu cakeeep banget, karena rasa penasaran,,, nggak ada salahnya kan mister bolang coba telusuri faktanta, dan berikut fakta  faktanya  tentang  obyek wisata  bangsring, pulau tabuhan  dan sekitarnya.
Tapi sebelumnya seperti biasa ikuti dulu perjalanan mister hingga sampai Pulau Tabuhan dan Bangsring  ya, biar tulisannya agak panjang, hahaha.
Seperti biasanyalah berangkat sepulang kerja, jam 15 an waktu indonesia bagian barat mister  meluncur naik bus ke arah Surabaya, dari Surabaya bisa langsung lanjut bus Banyuwangi via Situbondo.

Tapi kalau kalian sulit menemukan bus  jurusan Surabaya  Banyuwangi  via  Situbondo, kalian bisa ambil  bus  jurusan Banyuwangi  via Jember, nanti kalian turun di terminal Probolinggo. nah dari terminal Probolinggo  akan  lebih mudah untuk mendapatkan bus  jurusan  Banyuwangi via Situbondo.
Kalau dah  di  dalam bus  bilang aja ama bapak kondekturnya… kalau mau  turun di rumah Apung Bangsring. Kondektur dan  sopir  bus  udah  faham, begitu turun dari bus… lanjut aja   perjalanan kalian  dengan jalan kaki ke spot bangsring underwater atau  rumah apung. nggak jauh.. sekitar 800meter-1 km. Kalau  masih  bingung  jangan  lupa nanya penduduk setempat. hehhee .  ini  dia penampakan  bangsring under water
Desa Bangsring Banyuwangi

Oh  my  God….. kesan  pertama begitu sampai  di Bangsring…. dalam hati mister langsung  bilang.. kalau  pantai  seperti ini   apa istimewanya… pasir  hitam, nggak luas  juga, dan kayaknya ngak ada tanda  tanda keindahan  yang bakal mister dapat  di  pantai Bangsring  ini, saat  melakukan snorkling  di sekitar pantai   nggak ada tanda  tanda terumbu karang. terus  terumbu karangnya  itu  ada di radius berapa meter???
belum  lagi pertanyaan mister terjawab… datanglah sampah..nggak tau itu sampah buangan  penduduk atau buangan  dari kapal , yang jelas   ada  sampah bertebaran di  air  gitu aja.  Trima nggak terima  tapi emang itu faktanya…..hehhehe.

Kasihan teman temen  mister  bolang juga  kan  kalau  nulis  nggak sesuai  fakta..  misal  mister  bolang nulis bagus bagusnya  aja  pas  teman temen  mister  bolang  kesana  nggak sesuai kenyataan  ntar  mister bolang bisa di pukuli, hahahhaha.

Merasa bete… dengan  keadaan  di Bangsring… mister    putuskan  pindah tujuan   yaitu ke Pulau Tabuhan. aksesnya  bisa di tempuh dari Bangsring. dengan sewa kapal  Rp 500 ribu  aja.  Karena  mister bolang  waktu  itu single  fighter.  no friends…. ya  untuk berhemat  mister cari orang  yang bisa di ajak patungan sewa kapal.  and  I got it…kita  jadi berempat… masing masing  bayar 125 ribu. DEaaaaal.
Penjalanan ke pulau tabuhan di mulai dengan menaiki kapal…. mo lihat foto nya… yuuuk mari mari….   hahhahaha
Waktu di perjalanan naik kapal terasa gelombangnya lumayan, tapi masih aman koq, Dan nggak beberapa lama   kira kira  butuh 15  menit  sampailah  mister di pulau tabuhan.
Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan

Kesan pertama begitu  mendarat  di pulau tabuhan,  visibility  air pantainya  sangat  jernih…. iya  itu  mister akui. pokoknya jernih. di bibir  pantai yang dangkal  di tumbuhi  tanaman  lait semacam  rumput  rumputan  gitu.  nggak ada karang  yang tersisa…..
Terus  kita  snorkling  lihat  apa  coba?  ya cuma  lihat rerumputan  dan  ikan  ikan  yang nggak begitu banyak. hehehe
Pas  mister  request  sama  yang  mengemudikan  kapal  minta  di carikan spot snorklling  yang ada terumbu karangnya  yang agak jauh  dari pulau tabuhan.  pengemudi kapalnya  bilang  arusnya  lagi kenceng… oh my God,  lagi  lagi  mister menelan kekecewaan.
kalau cuma  snorkling di bibir  pantai  mah  di pantai pantai sekitar  jepara  juga  ada, ngapain  jauh jauh  mister bela belain  sampai Banyuwangi  cuma  lihat rumput…… hahahaha
Akhirnya  mister  menghibur  diri  dengan  cari  spot spot yang  unik  buat  di  pulau tabuhan  buat  foto foto  aja….  lihat  ya…
Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Ya mister  coba  seru-seruan  sendiri  foto  foto  sendiri pakai tripod. hahahhaha,  ini  di sisi  sisi pulau tabuhan  yang bersih, nari  kita  lihat  lagi

Snorkling di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Snorkling di Pulau Tabuhan Banyuwangi
Naaaaaaahhhhh…. kalau  kalian  dah  mister  kasih  lihat  sisi sisi  pulau  tabuhan  yang bersih,   biar  adil  dan bisa buat pertimbangan kalau  kalau  fans fans  mister  bolang  mo ke pulau tabuhan…. nggak ada salahnya  donk  kalau mister juga tampilkan  sisi  sisi  pulau tabuhan  yang kotor,  so  mari  kita  lihat  rame  rame   dan kasih penilaian    masih  layak  nggak untuk kalian  datangi
Sisi Pulau Tabuhan Yang Kotor

Sisi Pulau Tabuhan Yang Kotor
foto di atas mister  ambil di sisi barat pulau tabuhan. di sisi selatannya juga nggak beda jauh….Kakau  di sisi  selatannya  ada  sebuah banguan  yang  terkena  abrasi sampai  agak  jauh   dari bibir  pantai,  bisa  jadi  lama lama pulau tabuhan  bakal  ilang  kalau  terkena  abrasi  terus terusan…. coba  lhat  fotonya…
Pulau Tabuhan sisi selatan
Kesimpulannya   pulau tabuhan  ini  sebenarnya bagus… airnya super  jernih… tapi  sayangnya ada sisi sisi  yang  kotor.
Pas  mister tanya sama pengemudi kenapa pantainya  sebagian kotor…. si nahkoda  dengan  gampang  jawab… nggak ada pengelolanya. hahhahaha
Nggak ada pengelola nya  tapi  kalian mengambil keuntungan  dari pulau tersebut…. bawa  wisatawan  wira  wiri  ke pulau tersebut….  ada  pemasukan  buat  kalian, tapi  kenapa  nggak  ada  kepedulian  dari kalian, apa  menunggu di kelola  pihak  asing…. di bangun sebuah  villa  terus  jadi  pulau   yang hanya  bisa di jamah  oleh  orang orang  tertentu  saja???

Ayoolah  kalau  kalian  mendapatkan  keuntungan  dari pulau  tersebut   setidaknya  ikut menjaga  kebersihan  pulau tersebut.
kasihan  kan  bapak  bupati  Banyuwangi  yang dah promosi besar besaran  obyek obyek  wisata  yang ada di Banyuwangi  tapi nggak  di barengi ama kepedulian  penduduknya..

Beberapa kali  mister  bolang  ke Banyuwangi…. kayaknya  cuma  destinasi  pulau Tabuhan  yang  lumayan mengecewakan.

Meninggalkan pulau tabuhan yang  nggak memberikan kesan  waaooww….  perjalan  mister  lanjut  ke  pantai  watu dodol. Ada  apa  di  watu dodol?
Nggak  ada  apa apa sih cuma  di  pantai  ni   kalau  sore  sering di buat nongkrong2  aja…. dan  suasananya juga pas, bisa  lihat  pulau  bali  dari pantai  ini. hehhehee
oh ya  mister sempat  foto   ama   Icon   kota  banyuwangi  lho. pantung penari gandrung…. hehhehee
Patng Penari Ga

Patng Penari Ga
Seneng  juga  bisa  foto  ama  patung penari  gandrung, hahahaha, ada  sejarahnya   kenapa   mister   seneng  bisa  foto ama  patung  penari gandrung   ini, wkwkwk.
Sambil bersantai santai  di  watu dodol  ini nggak  ada  salahnya  mister coba rujak  ala  Banyuwangi  hehhehe.
yang  jual  bapak  tua….. padahal  belum ada 10 menit   mister baru aja makan bakso… hahhahayyyy
Rujak Wongsorejo
Rujaknya enak… tapi lupa  kalau ukuran  pedas  orang jatim ama jateng  itu beda, hahhahaha.
meski mister  bilang  minta yang nggak pedes  tetep aja   begitu sampai  mulut  terasa  pedasnya.
Ok  kisah perjalanan mister  ke Banyuwangi tepatnya  di  Bangsring,  pulau Tabuhan  dan Watudodol  mister akhiri  di sini…. besok besok  mister   mo nulis   seputar   wisata  di kota  mister sendiri…..biar kalian kalian mengenal kota mister,  hehehhee
ok   see you smuanya…….

4 Comments

Reply