Mensucikan Diri di Pura Tirta Empul, Tampak Siring, Gianyar, Bali

Kali ini kisah perjalanan mister  bolang masih di seputar pulau dewata, yaitu di Pura tirta empul .
Setelah kmarin mister bolang mengulas tentang bunut bolong, sekarang  mister akan beralih  ke salah satu tempat yang di sucikan oleh umat hindu bali yaitu Pura tirta Empul, yang berada di jalan manukaya, tampaksiring, Gianyar , Bali.
Pura tirta empul merupakan pura  yang mempunyai sumber mata air yang di sucikan oleh umat hindu Bali. Sumber mata airnya  mengucur melalui  beberapa pancuran dan masing masing pancuran mempunyai nama, yang berbeda beda
semisal :
Pancuran nomor satu
pancuran tirta bepergian jauh, buat berdoa orang orang yg mau bepergian jauh minta supaya  di kasih kelancaran dalam perjalanannnya.
Pancuran nomor duapancuran tirta penyakit kulit, ini buat berdoa dan membasuh diri  biar  di sembuhkan dari penyakit kulit
pancuran nomor tigadi namakan pancuran tirta ketenangan jiwa.. nah buat  buat kalain yang jiwanya  sering hello galau mello, nggak ada salahnya  buat  membasuh diri di  pancuran nomor  tiga.
Terus  ada pancuran, Tirta rematik, tirta gigi, tirta tulang, tirta asmara, tirta ketenangan jiwa, tirta penyaklit saluran nafas, tirta rambut, tirta pembersihan/pengentas , tirta merta/rejeki , tirta sudamala, dan masih ada beberapa lagi dengan fungsinya yg beda beda, hehehehe
   Ok  kegunaan masing masing pancuran  ntar kalian tanyakan aja ama bapak petugas di sana untuk lebih jelasnya ya.

Begitu sampai di lokasi Pura Tirta Empul… ada sebuah prasasti  eh nggak tau   itu prasasti ato bukan  yang jelas  mister nggak bisa baca tulisan yang ada di batu tersebut wkwkkwwk
itu huruf pallawa kayaknya. seperti yg sering di pakai buat nulis prasasti.
Untuk memasuki  pura tirta empul kita di kenakan harga tiket 15,000 pergundul. Terus  untuk memasuki kawasan selanjutnya kita di wajibkan pakasi  sarung,  seperti ini nih….

Untuk mendapatkan sarung ini  mister nggak di kenakan biaya sewa  tapi di kenakan donasi seiklasnya, Dan satu lagi  sarung ini nggak boleh basah.
Nah  terus  untuk basahan basahan  kita pakai apa donk? karena  di dalam peratutannya  untuk basah basahan pun  harus  pakai pakaian adat.

Oh  ternyata  untuk basah basahannya pun  udah di sediakan  sarung yang khusus buat basahan basahan, kita di kenakan harga sewa 10.000, terus sewa locker buat naruh barang barang kita 10.000 rupiah.
Untung saja mister bolang kmarin dah bawa sarung sendiri jadi nggak perlu sewa sarung… ahhahahaha

Mungkin  karena  mister bolang kemarin pas sampai  di Tirta empul ini agak kesiangan ato emang pas hari minggu  jadi pas  sampai di sana… suasana udah riuh.
Banyak sekali orang orang yang lagi berdoa.. sambil membasuh diri di pancuransecara berurutan  dari pancuran satu  di lanjut  ke pancuran nomor dua, tiga dan seterusnya.
Mister juga  nggak mau ketinggalan donk… saatnya  mister menceburkan diri   dan  waaaooowwww… airnya begitu dingin, seger dan  jernihhhhh….

Awalnya  mister nggak tau  kalau untuk membasuh diri   harus berurutan, ya  main basuhh aja di pancuran yang  kosong  nggak ada yg lagi berdoa  di pancuran tersebut.
Tapi  setelah  lihat kanan kiri ternyata  mereka  membasuhnya  secara  berurutan… mulai deh mister ikut ikutan   hahhaha

Kmarin mister bedoa  smoga selalu di beri kesehatan buat diri sendiri juga buat orang orang  yang ada  di sekitar mister lho, hehehhee
Dan ada pengalaman yang  agak bikin takut  takut gimana  gitu  saat nyemplung di tirta empul. Tapi ya  sudahlah…. mister nggak bisa cerita  untuk hal yang satu ini hahhahaha.
  Jujur  mister akui  kalau  masyarakat hindu bali meskiudah di hajar budaya barat,, dari samping kanan kiri bawah  atas…. tapi mereka tetep konsisten mempertahankan tradisi dan budayanya.
Mungkin hal itu yang menjadikan daya tarik tersendiri buat wisatawan yang berkunjung ke bali, termasuk mister.
Kebetulan saat di Tirta empul, mister berbarengan dengan rombongan dari  masyarakat hindu bali yang mau melakukan sembahyang di tirta empul. suasana waktu itu  bener bener rameeeee banget.
Mister sempatkan untuk mengabadikan moment  ini  meski harus kluar dr  air dulu  hehehhe

Oh ya  masih ada  satu tempat lagi yang nggak boleh kalian lewatkan  kalau ke tirta empul… ada sebuah kolan dengan ikan yang gedhe  gedhe  di  depan pura tirta Empul, ini dia  penampakannya…

Ok deh  saatnya  mister  sudahi dulu  perjalanan di Pura Tirta Empul, mister  musti ganti baju lagi  pakai sarung lagi  sampai  kluar area  pura…
begitu di luar area  pura… sarung baru bisa di lepas…..

Ok sampai di sini  dulu ya, nggak tau ulasan nister bisa menambah  pengetahuan tentang Pura Tirta Empul atau malah bikin bingung kalian, hahahhaa
untuk akses  aktifkan aja GPS kalian   pasti bakal ketemu tuh lokasi.
Siiip   sekian dulu…  daaaag…daaagg.. smuanya….

Reply