MUD VULCANO, (Bledug Kuwu) Kradenan Grobogan

Bledug Kuwu
Foto di atas bukanlah lumba lumba hitam yang meloncat dari lumpur, hehehee. Tapi itu adalah ledakan  lumpur yang terjadi secara periodik kira kira 3 menitan, kadang ledakannya kenceng… kadang juga lemah.
Kalian tahu fenomena alam ini berada?  yoi…. tepatnya di Desa Kuwu, Kec, Kradenan Kabupaten Grobogan. Namanya Bledug kuwu atau istilah kerennya Mud Vulcano, minggu lalu mister saat off day  di rumah nggak ada teman terasa kesepian langsung aja  meluncur ke wilayah tersebut.
Dengan berbekal Doa mami galau dan sebuah tas, akhirnya sampai juga di tujuan.
Bledug Kuwu
Pagi pagi banget mister bangun biar sampai tujuan nggak terlalu siang coz menurut info area sekitar Bledug Kuwu sangat sangat gersang dan panasssssssssss. Dan bener aja sebelum sampai ke Bledug kuwu  kita di suguhi  pemandangan sawah hijau yang luas membentang, namun begitu sampai di Bledug kuwu  tak ada satupun tanaman yang tumbuh, kira kira apa ya penyebabnya?
Bledug Kuwu
Mungkin salah satu penyebabnya  tanah / lumpur di sekitar bledug kuwu mengandung garam. Kok bisa jauh dari pantai  mengandung garam? iya bisalah namanya juga fenomena alam, hahhaha.
Coba kalian tanya ahli geologi mungkin bisa menjelaskan, kalau mister kan  bisanya mengagumi aja tentang fenomena ini.
Bledug Kuwu
Untuk akses ke Bledug kuwu lokasinya mudah di capai kok….
Kalau dari kota kudus kalian naik aja bus kecil  jurusan Kudus – Purwodadi, nanti turun di pertigaan getas (grobogan, bukan getas kudus). Setelah itu kalian lanjut dengan bus kecil juga ke arah timur  pilih bus kecil yang pintunya dua, kalau yang pintu satu nggak nyampai Bledug Kuwu.
Buat kalian yang dari Semarang…. naik aja bus Semarang Purwodadi,  abis itu nanya aja ama  pak sopir   musti lanjut bus jurusan mana, hahahaha.

Bledug Kuwu
Kondisi tanah di area Bledug Kuwu lunak  banget, jadi hati hati aja kalian berjalan…. jangan sampai terperosok ke lumpur, kalau di injak terasa  mendut mendut gitu, lumayan ngeri sih buat orang orang yang bertubuh montok seperti mr bolang, wkwkwwk. Ada baiknya emang kalau kesana  pada musim kemarau jadi tanahnya   agak keras  kalau di pijak.

Bledug Kuwu
Mungkin dulunya kawasan wisata Bledug kuwu ini di keleola dengan bagus ya coz  bisa di lihat beberapa gazebo dan  jembatan jembatan kecil di bangun, namun karena  berkurangnya pengunjung dari hari ke hari fasilitasnya sudah mulai nggak terurus.

Bledug Kuwu
Di kawasan wisata Bledug kuwu ini juga  kalian  bisa lihat  satu satunya pembuatan garam yang jauh dari laut, itu juga kalau kalian pas beruntung, coz mister kemarin kesana  lagi nggak ada aktivitas pembuatan  garam, mungkin karna masih musim hujan kali ya…

Untuk tiket masuk kalian nggak usah kuatir, sangat murah kok… cuma Rp 2000.  dan buat kalian yang nggak tahan panas  di situ juga ada penyewaan payung, tapi mister lupa berapa harga sewanya, sekitar 5000an kayaknya.
Struktur tanah yang lembek dan mengandung garam, ketika  terkena sinar matahari akan mengering bentuknya seperti di bawah ini, kering, pecah pecah .

Bledug Kuwu

Sekilas nampak seperti kulit gajah ya, hehehehee. Sebenarnya masih ada beberapa lagi lokasi wisata di sekitar Bledug kuwu, di antaranya,  Api Abadi Merapen, Kedung Ombo dan lainnya.
Tapi karena mister offday cuma satu hari  iya aku cukupkan aja cuma mengunjungi satu lokasi wisata yaitu Bledug kuwu.

Kayaknya sekian dulu ya… ulasan mister tentang Bledug Kuwu, besok  di lanjut lagi dengan destinasi yang lain, hehhehe
Sebelum mister akhiri…. berikut mister tampilkan denah lokasi wisata di kabupaten Grobogan.

Ok,,, sekian dulu…… sampai ketemu di acara mbolang yang lain…. see youuuuuuu…… 🙂
jangan lupa baca juga cerita mister bolang yang lainya wkwkwkwk

3 Comments

Reply