Pantai dan Cagar Alam Pangandaran

Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Melanjutkan perjalanan mbolang si mister kemarin dari Bandung (kawah putih dan  situ patenggang), akhirnya  mister melanjutkan mbolangnya ke Ciamis dengan tujuan Pangandaran dan Green canyon.
Tapi yang mister bahas sekarang Pangandarannya dulu  ya….
Pantai Pangandaran terletak di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.
Berangkat dari terminal Cicaheum Bandung,  tentunya  setelah mandi dan mengisi perut dulu, mister bersama best friend mister, dimas Ben melanjutkan perjalanan ke Ciamis kurang lebih jam 19.30   wib  kayaknya.
Lanjut dengan bus Budiman jurusan Bandung – Pangandaran…. lagi lagi busnya cuma  di isi beberapa glintir orang aja, pikirku  ini  awak bus  rugi apa  tidak ya, hehehe
Tapi itu kayaknya bukan masalah yang musti aku pikirkan, kalau emang saat ini bus jurusan Bandung – Pangandaran masih ada berarti mereka nggak rugi,  yang penting kita membayar sesuai tarif Rp 42.000
Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Jam 3 an dini hari, akhirnya sampai juga di terminal pangandaran, Duuhhh langsung aja di sambut  bapak bapak tukang becak tapi  ya yabar ya  pak, mister  mau isi perut dulu, hahaha.
Ok setelah breakfast cuci muka… akhirnya  kami di antar bapak tukang becak ke pantai pangandaran, sambil ngayuh becaknya  bapak tadi bilang kalau sampai di pantai karena masih gelap  kami di minta  untuk duduk duduk di tempat yang terang dulu (pikirku  di suruh nampang dulu kali ya) hahhahaha. Ternyata alasannya, smua pengunjung yang ke pantai itu  belum tentu niatnya baik semua, makanya kami di suruh lebih hati hati kalau di pantai  saat masih gelap. OOhh makasih nasehatnya ya pak becak… 🙂
Beberapa menit sampai juga ke pantai Pangandaran, tapi emang bener apa yang di katakan  bapak tukang becak tadi, ternyata  ada beberapa pemuda yang lagi mabuk pada tiduran di pantai, untung aja nggak  ke injak , hahahaha
Setelah matahari mulai nampak, kami mulai menelusuri sepanjang pantai pangandaran, pikirku  nggak ada yang istimewa gini  kok  sangat terkenal,  iya  sekilas pantainya  mirip parangtritis  aja.
Tiba tiba  ada seorang bapak yang menawarkan jasa perahu  buat ke pantai pasir putih,  bayarnya Rp 150 ribu, ampun dah mahal banget  kalau cuma di isi ama dua orang, bapak tersebut menunjukan lokasi pantai pasir putih  berada  lewat map, pikirku kayaknya  bisa di tempuh pakai angkutan deh, sewa motor apa becak gitu.
Ahhaaayyy, akhirnya  saya tanya  di warung , apa kalau ke pasir putih bisa di tempuh lewat jalan darat, ternyata bisa, dan musti melewati cagar alam, asyyyiiikkkk, akhirnya saya dan dimas ben pakai jasa becak, hehehe, we have to pay 20.000 IDR buat sampai ke cagar alam, yuuuk kita lihat cagar alamnya seperti apa…
Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Untuk masuk ke cagar alam ini kalian bakal di kenakan tiket masuk Rp 15.000 untuk hari biasa, dan Rp 20.000 untuk hari minggu, kebetulan kita sampai di pangandaran hari minggu, jadi boros Rp 5000, hahaha
Terus  ada apa aja  sih di cagar alam tersebut setahuku yang paling banyak  adalah monkeys….dan rusa, monkey nya jahat jahat pula suka merebut makanan dan minuman wisatawan, hehhee

Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Pantai dan Cagar Alam Pangandaran
Terus  ada apa lagi  di agar alam tersebut? HHHhmmm,,, kayaknya  ada gua peninggalan jepang gitu… lihat aja fotonya  ya…
Gua Jepang
Dan akhirnya setelah menelusuri cagar alam pangandaran, sampai juga kami di pantai pasir putih Pangandaran, keunikannya  apa ya  pantai pasir putih pangandaran ini….?
kayaknya  biasa aja sih buat mister yang dah menjelajah di berbagai pantai yang ada di jawa, sama seperti pantai pasir putih lainnya cuma banyak monyetnya  itu aja, hahhahaha. monyet lagi monyet lagi….
Berikut aku kasih gambar  pasir putih pangandaran.
Pasir Putih Pangandaran
Pasir Putih Pangandaran
Tapi jujur aja kayaknya Pemda Ciamis serius  menangani pariwisata  sekitar pangandaran ini, terbukti banyaknya  hotel dari yang nggak berkelas  sampai berkelas  ada semuanya, hehehe.
Dan kayanya  wisatawannya nya juga rame bingitzzz, terbukti masih pagi aja sangat rame apalagi kalau siang dikit  pasti tambah rame.
Karena  suasana sudah nggak mendukung (mulai rame, mister kan nggak suka kalau terlalu rame), Akhirnya  mister beranjak dari pasir putih dan menuju  ke tujuan lainnya, kalian mau tahu si mister mau kmana? hahhahaa
simak aja  besok  kelanjutan kisah mbolang mister di tanah pasundan ya. Sekarang mister mo mandi sore  dulu,,, hahahaha

Reply