Pantai Ngobaran, Pantai Yang Mistis dan Religius

Haloooooooooo……apa kabar semuanya? I wish always in the best of health ya…..biar selalu bisa ngikuti perjalanan mister bolang, hahhhaa.
Kali ini mister akan ngajak kalian ke pantai yang nuansa pantainya agak sedikit mistis, religius,  tapi tetap  mak nyus, halaaaah  kayak pak bondan aja   wkwkwk.
Mau tahu pantai apa yang saya maksud? Iyaaaaaaaa, kalian tepat   pantai yang saya maksud  adalah Pantai Ngobaran.
Pantai Ngobaran Jogja
Terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia, Pantai Ngobaran bukanlah pantai yang cocok buat berenang atau sekedar main air coz pantainya langsung berbatasan sama tebing tebing kapur yang cukup tinggi.
Selain itu di pantai ini terdapat 4 tempat ibadah dari berbagai  keyakinan,  apa aja itu? mister sebut satu satu ya coz nggak mungkin mulut mister nyebut berbarengan, wkwkwkwk.
  1. Pura…tempat ibadah umat Hindu.
  2. Mushola tempat ibadah umat Islam, anehnya mushola ini menghadap ke selatan,  tapi sholatnya tetep menghadap kiblat.
  3. Sebuah pendopo berbentuk joglo, katanya buat ibadat mereka yang mempunyai aliran keyakinan kejawen.
  4. Beberapa bangunan patung  , yg konon katanya  tempat ibadat  aliran kepercayaan kejawan,  

Mister baca dari info sebelah ini kalau kejawan ama kejawen itu beda, Nama “Kejawan” menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Yuuk kita lihat beberapa tempat ibadah yang berhasil mister jepret…..

Pantai Ngobaran Jogja

Pantai Ngobaran Jogja

Pantai Ngobaran Jogja

Pantai Ngobaran Jogja
Bicara terus tentang tempat ibadah yang ada pantai Ngobaran sampai lupa ngasih tahu aksesnya….. hahaha,
Sekarang mister kasih tahu Akses ke Pantai Ngobaran ya……………..

Kita mulai dari Jogja…. kalian  jalan aja terussssss  ke jurusan Gunung Kidul,,,, ntar kalian akan menemukan pertigaan  Gading, kalian ambil ke kanan,  untuk kepantai  (Baron, Kukup, Sundak,  dll) juga lewat jalur ini,  kalian ikuti aja  jalur ini..playen-paliyan-trowono-saptosari-pantai ngobaran.
Ada beberapa titik papan petunjuk kok jadi kalian nggak usah kuatir, kalau masih kuatir tersesat….waduuh itu mah gampang banget solusinya….dengan memasang muka imut, senyum manis polos…kita nanya aja sama penduduk sekitar  pasti di kasih petunjuk sejelas jelasnya, syukur  syukur di anterin sampai pantainya, hahahaha.
Oh ya menurut mitos di pantai ini Prabu brawijaya V membakar dirinya sama istrinya,  makanya  pantai ini di namakan Pantai Ngobaran. Soal kebenaran dari mitos ini masih simpang siur coz ada banyak versi. Karena mister  hobby nya cuma jalan jalan bukan untuk mempelajari  kebenaran sebuah mitos, maka mister suruh kalian cari tahu sendiri deh kebenarannya….. hahhhaha.
Menuruni tangga dari pura menuju ke bawah….. beuuhh aroma dupa langsung menyengat…. wangi wangi gimana gitu..
Pantai Ngobaran Jogja
Coba  kalian perhatikan tangga tangga tersebut, hampir keseluruhannya penuh dengan coretan, kayaknya pengunjung yang suka corat coret nih  ndueeessooo  banget ya…di pikirnya bagus, tapi buat orang yang lihat  ini justru mengurangi keindahan pantai tersebut.
Pantai Ngobaran  ini di apit sama dua pantai lho… yaitu pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan., Kalau di pantai Nguyahan kita bisa main dan berenang di pantai  tapi tetep musti hati hati, seperti apa pantai Nguyahan? Yukkk kita lihat ya…..
Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan berada di sebelah barat pantai Ngobaran,  pantainya keren kog…dan ada satu tempat yang jadi favorit mister, dengan melewati baru karang yang sedikit menjorok ke laut  kalian bakal dapatkan  pantai yang sepi…. bisa kikuk kikuk….wkwkwwwk, ini yang aku maksud tempatnya…..
Pantai Nguyahan Jogja
Dan di sebelah timur pantai Ngobaran….kurang lebih 1 km… ada pantai Ngrenehan. pantai ini lumayan tenang  karena berbentuk teluk, oleh sebab itu banyak aktivitas nelayan di lakukan di pantai  Ngrenehan ini, mulai dari melaut  dan membawa hasil laut  ke darat bisa kalian jumpai di pantai ini.  seperti apa sih pantainya?  lagi lagi dengan senang hati mister bolang berbagi  foto , hahaayy.
Pantai Ngrenehan Jogja
Di pantai Ngrenehan ini sama sekali nggak ada ombak gedhe… jadi sangat aman banget buat renang,  pokoknya mister jamin aman dech  tapi buat kalian yang bisa renang, hahahaa.
Ok sekaian dulu ya ulasan perjalananku di pantai Ngobaran plus bonus pantai Nguyahan dan Ngrenehan., nanti kalau ada waktu kita bahas tempat yang menarik lainnya…. pokoknya selalu stay tune di chanel ini…wkwkwwk.

Reply