Pantai Parangtritis dan Situs Gembirowati Gunung Kidul

PANTAI PARANGTRITIS
Libur cuma  satu  hari senen kemarin 26 January 2015, rasanya   nggak  kurang afdhol kaalau   mister bolang  nggak klayapan, meski waktunya  minim….., banyangin coba   kudus  jogja  cuma  di kasih waktu sehari… bisa  kmana  tuh.
Ahhh  tenang aja…. mister cari tempat  yang gampang di jangkau  aja  kalau gitu? ke Parangtritis, gimana? sarujuk sedoyo? hahahaha
Karena  waktunya  yang singkat  mister  coba akali dengat berangkat tengah malam dari kudus dan sampai di jogja  jam 05.30. kurang lebih, and then goes to parangtritis beach. Agar  nggak membuang buang waktu  mister bolang  musti ada temannya  yang di ajak mbolang, kalau ngandalin angkutan umum mah   bisa terdampar, hahahaa
Di jemput teman di terminal giwangan, mister lanjut bersepeda motor menuju paranngtritis.
Singkat cerita  sampailah  si mister bolang ke parangtritis, pas waktu itu air masih dalam keadaan surut….. jadi pasirnya  yang landai terlihat  jauuuuuhhh banget,  terlihat lebih cantik daripada saat pasang…
PANTAI PARANGTRITIS

PANTAI PARANGTRITIS
Meski  Parangtritis  pantainya berpasir hitam  tapi saat itu terlihat wooww banget…. pasirnya  seperti memantulkan   kayak cermin, hihihi.
karena pada saat itu  musim ombak gedhe  dan ada larangan  berenang  ya  mister  cuma  main di bibir pantai, (smoga  aja  bibir pantainya  nggak ndoweerr  aku injak injak) hahahaa.
Satu hal lagi  katanya pantai parangtritis merupakan bagian wilayah pantai selatan yang di kuasai  oleh seorang ratu  dari golongan  mahkluk ghoib, yang namanya  Nyi Roro Kidul, dan menurut mitos  juga  buat pengunjung pantai  nggak di perbolehkan  memakai baju warna  hijau, karena warna  hijau adalah warna kesayangan sang ratu. kalau  sampai di langgar katanya  akan ada sesuatu yang menimpa pengunjung tersebut. hhheeemmm  bener nggak ya….???
Mari  kita  coba  ajak mister  berfikir secara  logika….
Bisa jadi  cerita  tentang  ratu kidul itu benar adanya  coz  kita hidup berdampingan dengan makluk yang nggak kasat mata  kan,?
Nah  kalau untuk urusan baju hijau,  bisa jadi  begini…..ini untuk mengantisipasi kalau ada orang yang terseret ombak biar team rescue  lebih mudah melihat dan menolongnya, nah kalau pakai baju hijau  nanti akan samar  dengan warna  air laut, tau sendirikan  gradasi warna laut  hijau  dulu baru biru…. ke tengahnya.

Masuk akal nggak penjelasan mister? hahahaha

PANTAI PARANGTRITIS
Hal yang menarik  di pantai Parangtritis ini  kita  bisa sewa  andhong  buat   keliling seputar  pantai Parangtritis, seperti apa Andongnya… mari kita lihaattt
PANTAI PARANGTRITIS
Jiaaahh, andongnya  masih nganggur belum dapat penumpang  coz  still early morning…. sabaaarrr ya pak… siang dikit pasti dapat penumpang. hehhehe
Oh ya  abis  dari pantai Parangtritis  mister  masih ada tujuan lagi lho….. lokasinya  nggak jauh dari pantai parang tritis, apa itu namanya…..namanya  adalaaaaaaaahhhhhhhhh………….

SITUS GEMBIROWATI.
Masih asing di telinga  kalian  kan? mari mister  pamerin  fotonya, hahahaha

SITUS GEMBIROWATI

SITUS GEMBIROWATI
Situs Gembirowati ini bentuk bangunannya berupa dinding  memanjang dari arah barat ke timur, bangunan ini berundak terbagi menjadi  dua teras.
Sisa bangunan teras pertama yang berada  di bawah  berukuran panjang 22,70 meter. lebar 0,5 meter dengan ketinggian 1,04 meter, sedangkan sisa bangunan kedua berada di atas teras pertama berukuran panjang 16,82 meter, lebar 0,5 meter dengan ketinggian 1,20 meter.
Bisa di pastikan ini bukan reruntuhan candi  coz  nggak ada stupa, nggak ada arca, di atas  teras pertama   terletak altar  buat persembayangan, bisa  jadi  ini di namakan punden berundak, btw  utuk lebih jelasnya  tanya  sama arkeolog…. ok, 🙂
Pas mister  kesitu masih  ada  hio  yang mengepul… kayaknya   baru saja  ada yang melakukan ritual di situ…. hehhee.
SITUS GEMBIROWATI

SITUS GEMBIROWATI
Situs Gembirowati terletak  di wilayah administratif Dusun Watu Gajah, Kelurahan Girijati, Kecamatan Panggang Gunung Kidul, diperkirakan situs Gembirowati ini di bangun pada pertengahan abad 16. Situs gembirowati  berada di tanah kesultanan (sultan ground) yang luasnya mencapai 11.930meter persegi.
Secara astronomis  situs  ini terletak  pada koordinat UTMX :427290, Y : 9113854 (mister  cuma  nulis dari keterangan yang mister  dapat ya, soalnya mister  nggak dapat  baca  titik koordinat,)
Dan berada di perbukitan kapur dengan ketinggian  126,50-130 meter.
keadaan sekitar situs ini telah di manfaatkan oleh warga  sekitar  untuk bercocok tanam  seperti yang di lakukan oleh  kakek  satu ini….. hehhehehe
SITUS GEMBIROWATI

Untuk lebih jelasnya  bagaimana kondisi fisik bangunan   ditus Gembirowati… mareeeee  kita  lihat  foto foto  berikut  sembari mister bolang numpang narsis, hahhaha

SITUS GEMBIROWATI

SITUS GEMBIROWATI

SITUS GEMBIROWATI
Selesai  mengexplore  situs  Gembirowati, mister lanjut lagi… lanjut kemana? hhmmmm… dari tadi pagi kan mister belum mandi nggak ada salahnya kan mandi dulu dengan mata air panas alami… masih di sekitaran Parangtritis  koq  , namanya  parang wedang.
Kalian belum tahu  ya? wiiiihhhhhhhh, berarti kalian kurang biyayakan   kalau  pas tour, beda kalau mister ma… kalau pas klayapan pasang mata  secermat mungkin…. hahhaha
ini dia   fotonya  sumber mata air panas alami  parang wedang
Sumber Air Panas Parang Wedang
Tau nggak mungkin karena  pada dasarnya  si mister  yang penakut atau emang suasanannya  yang tiba tiba mistis, begitu  pintu kamar mandi mister tutup  terasa  sedikit merinding…. its true….tapi mister betah betahin  mencoba  melawan rasa takut, dan besok besok kayaknya  kalau mandi lagi   biar nggak takut  kayaknya  pintu kamar mandinya perlu di buka  aja kali ya.  atauuuuuuu…… ngajak teman masuk ke dalam kamar mandi, ahahhahahahhayyyyyy
Maksudnya  rame rame  gitu  satu rombongan, kamarnya luasss banget  koq, cukup  buat 10 orang satu kamar, hahahaha.
Sudah dulu ya  hasil laporan klayapan mister  kemarin di Parangtritis dan situs Gembirowati. perjalanan mister  nggak cuma  sampai di sini masih ada dua destinasi lagi yang berhasil mister kunjungi, mau tau itu pa….. simak tulisan mister di artikel selanjutnya….
see you…..

Reply