Perjalanan Ke Pantai Sukomade (TURTLES BEACH) Banyuwangi

PANTAI SUKOMADE
Melanjutkan perjalanan mister bolang yang gagal menuju pantai sukomade beberapa minggu yang lalu, karena hujan, tepat pada tanggal 9 Agustus  mr bolang kembali lagi menuju Banyuwangi guna melihat keindahan Pantai Sukomade, hhhhhhhhhhhmmmmmmmm….. masih belum nyerah kayaknya  ya.
Sama  seperti kemarin, perjalanan mr bolang di awali dari kota kudus, jawa tengah, berangkat jum,at sore sepulang kerja…. langsung pamit ama  simbok mami… and kabuuurrrrrrr….Naik bus goes to Surabaya, seperti biasanya lah naik bus ekonomi, lebih  merakyat, hahhahaa. Kali ini bus yang mister tumpangi adalah Bus Indonesia.
Di dalam Bus di putarin lagunya Naff  yang judulnya Engkau masih kekasihku…. langsung aja mak jleeebzzz, teringat  masa lalu   sampai  mata mister jadi berkaca kaca, ahahhahaayyyy (edisi lebay). kayaknya mengena banget tuh lagu,,,,, wkwkkwkwwk. but its ok lah aku ra popo.
Ok, lanjut  ya…. begitu sampai terminal Bungurasih… langsung deh mister cari bus jurusan Banyuwangi, tapi yang lewat Jember. begitu dapet langsung meluncccuuuuuuurrrrr, aku turun di  Kalibaru, coz di sana dah ada teman yang ready for mbolang together.
So… dari kalibaru kita langsung bersepedaan motor menuju Jajag, untuk akses ke sukomade  sama saja kalu kalian ke pulau merah atau ke teluk hijau, begitu sampai di jajag, ikuti aja petunjuk ke pantai pulau merah,  nah begitu sampai di tikungan yang menuju pantai pulau merah, ada petunjuk ke sarongan… kalian ikuti aja  ya,,,, nanti kalian akan melewati hutan, kebun karet kebun coklat, singkatnya.. kalaian akan sampai di depan gerbang pintu masuk Taman Nasional Meru Betiri  seperti di bawah ini
PANTAI SUKOMADE
Nah kalau sudah sampai ke pintu gerbang ini kalian lanjut aja perjalanan kalian,  dari sini kalian akan melewati  Pantai Rajegwesi, pantai teluk hijau. Kalau mau mampir dulu ya monggo, silahkan nggak ada yang melarang. hehhehe.
Dan efektifnya  memang kalau ke sukomade tu ke pulau merah dulu, terus rajegwesi, and teluk hijau baru ke sukomade, biar waktunya nggak terbuang sia sia.
Dari pintu gerbang ini  foto foto mister yang mulai bercerita…. bagaimana aksesnya  ke sukomade….simak dengan cermat ya…..
PANTAI SUKOMADE
PANTAI SUKOMADE
Itu jalan yang sempat  mister ambil gambarnya,  dan bagian yang lebih parah lagi masih banyak.. hehhehee… mister sampai naik turun motor biar mesin motor nggak terbentur batu.
Lanjut lagi….. setelah kalian menyelusuri jalanan ala jaman purba…. kalian akan mendapati pos, di sini kalian cuma di minta isi buku tamu dan berapa hari kalian di sukomade, itu aja… and perjalanan lanjut,,, sapai kalian menemukan gapura seperti di bawah ini
PANTAI SUKOMADE
Dari gapura  ini nanti ada petunjuk selanjutnya untuk berbelok kiri… kalian akan menemukan sungai, kalian musti menyebrangi sungai, hahahhaha
Pasti kalian bertanya   kenapa nggak lewat jembatan aja nyebrang sungainya?  hhhmmmm its a good question.  and si mister juga punya good answerd lho, hahhaha.
jawabannya  adalah, jembatannya Rusaaaaaaak, sekali lagi  horeeeeeee…. wkwkkwwk, ini dia gambarnya
Kalau di lihat dari fisik bangunannya kayaknya itu jembatan  peninggalan belanda kayaknya. Hmmm jadi think twice  nich… dulu saat di jajah belanda  pembangunan sampai pelosok aja di perhatikan, sekarang sudah merdeka… kenapa cuma memperbaiki aja  pada ogah?  apa perlu belanda datang lagi  biar jembatan jembatan yang pada rusak  itu di perbaiki, ???? ayolah ,,, buruan di perbaiki, kasihan tu warga yang tinggal di sekitar wilayah tersebut, jangan cuma mikir  untung ruginya  aja.
Dan setelah menyebrang sungai dengan sukses, lanjut perjalanan melewati kebun coklat…. wow wow….nanti tanya penduduk ya  kalau masih bingung kalau mister sih pakai GPS (gunakan penduduk setempat) hahhahahayyyy.
Setelah menyelusuri kebun coklat sampailah kita di gapura pintu masuk  homestay sekaligus tempat penetasan semi alami penyu di sukomade… untul lebih jelasnya  please cekidot my picts…below ini
Oh ya buat kalian yang pengen bermalam tapi tidak di homestay, kalian di sediakan tempat buat camping
Dari sini kalian bisa lihat lihat penetasan semi alami di sebuah bangunan, lihat lagi pict nya…. dari pada ngomong  panjang lebar nggak jelas, kan mending cerita pakai gambar  lebih jelas, iyakan, ? wkwkkwwk

Sebenarnya  pas sampai di tempat penetasan kemarin ada banyak penyu yang menetas, pikirku  aku mau lihat nanti lepas dari pantai, tapi begitu aku dari pantai, penyu penyu kecil tadi dah di pindah ke Aquarium, kalau dah di aquarium nggak di perbolehkan di lihat, musti nunggu jam 3 sore saat mau di lepaskan, haiyah yo wis lah…. mending lanjut main di pantainya….
Mau tau akses ke pantai selanjutnya? dari tempat penetasan tersebut kalian ada dua pilihan, menyelusuri  semak kira kira 100 meteran  atu yang 700 meteran,  simak lagi gambarnya biar lebih jelas….
PANTAI SUKOMADE

PANTAI SUKOMADE
Dan akhirnya  si mister kelelahan, istirahat dulu  di gubuk sebelum  main ke pantai, hehehe. Begitu dah fresh lagi langsung aja si mister ke pantainya…. ,si mister mendapatkan sisa siasa cangkang telur penyu yang udah menetas, kayaknya telur telurnya nggak terdeteksi oleh petugas  sampai menetas  di pantai .
PANTAI SUKOMADE
Tadi dah mister ulas bagaimana goest to sukomade…. dengan jelas dan di lengkapi dengan gambar, sekarang kita lihat pemandangan sekitar pantai sukomade yuuuukkkk,,, siiiipppp…..
PANTAI SUKOMADE

PANTAI SUKOMADE

PANTAI SUKOMADE

Sekian dulu ya….. laporan tentang pantai sukomade, ini di laporkan menurut pengalaman pribadi lho, nggak menyontek sana sini, wkwkwkwwk. nanti aku lanjut lagi dengan artikel lain  setelah mister mandi sore., hahhaaa

Note: kayaknya besok besok  mister kalau mo naik bus nggak bus indonesia lagi dah… takut di puterin lagu Engkau masih kekasihku, wkwkkwk

8 Comments

Reply