Pesona Dataran Tinggi Dieng

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Haloooooooo………. Jumpa lagi bersama saya mister bolang, hahhahahaha… Semoga aja kalian nggak bosan membaca tulisanku yang serba amburadul, tapi  nyakndul,  xixiixi.

Ada yang mau jalan jalan ke Dieng nggak?  kalau sekarang kaian tak ajak klenong klenong ke Dieng mau nggak? aaahhhhh,,,, mau nggak mau pokoknya kalian aku paksa ikut ke Dieng, hahhaha. Yuuukkkkk mari berangkat…..
Akses untuk menuju kawasan Dieng gimana mister? Seperti biasa dan nggak berbelit …. silahkan kalian cari angkutan dari kota kalian yang bisa membawa kalian ke terminal Wonosobo, itu yang paling penting, sesampainya di terminal Wonosobo  cari angkutan yang bisa membawa kalian ke kawasan wisata Dieng, kalau nggak tahu angkutan yang mana, kalian tanya aja ama orang yang ada di terminal, entah pak sopir atau pedagang kaki lima  pasti  kalian bakal mendapatkan penjelasan, Malu bertanya sesat di jalan lho, makanya banyak banyak nanya kalau emang di perlukan, gratis kok.
Apa yang bisa kita lihat di dataran tinggi Dieng mister? Ada banyak sih yang kita lihat seperti :
1. Kawah si kidang.

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Kenapa di namakan kawah si kidang ya?  hmmmm ,,, itu di karenakan air di dalam kawah bergolak terus loncat sana loncat sini sperti kijang (kidang). Sayangnya pas  mister bolang kesana cuaca lagi berkabut sedikit gerimis  jadi foto yg mister ambil banyak yang nggak jelas, hehee.

2. Kompleks Candi Arjuna.

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Kompleks Candi Arjuna terdiri dari beberapa candi, antara lain candi Arjuna, Srikandi, Semar, Puntodewa, sembadra, dan yang agak terpisah letaknya  Candi Bima dan Gatot kaca. Kompleks candi arjuna merupakan candi hindu yang tahun pembuatannya sekitar tahun 800an masehi.

Hal yang menarik juga kalian bisa lihat domba domba yang bulunya tebal  mirip domba di negeri New Zaeland. Selanjutnya

3.Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Pesona Dataran Tinggi Dieng

Dua foto di atas adalah foto yang mister ambil saat  telaga warna dalam keadaan surut  akibat kemarau panjang. Yang pastinya akan lebih bagus kalau kalian ke telaga warna saat airnya dalam debit yang normal.

Pesona Dataran Tinggi Dieng
Nah kalau foto di atas… itu telaga pengilon… yang artinya  telaga cermin. Konon katanya sih barang siapa yang bercermin di air telaga tersebut.. bila nampak wajahnya cerah… itu pertanda orang itu baik hatinya, dan kalau tampak kusut itu tandanya  orang itu  buruk hatinya, wkwkwkwkwk.

Mister lumayan tersinggung ama mitos tadi, dari dulu muka pak mister gelap, mo ngaca di mana aja juga terlihatnya gelap, masa kalau yang bermuka gelap macam  mister gelap pula hatinya, wkwkwkwkwk… Padahal aslinya  mister bolang baik hati lho, buktinya rela buang buang waktu untuk nulis ni artikel buat kalian baca, wkwkwkwkwk.
Dan selain ketiga tempat tersebut kalian juga bisa menikmati sunrise nya ala Dieng yg di sebut sri kunir, sayangnya mister nggak punya kesempatan lihat sri kunir, lagi lagi terbentur ama waktu, hehehee.
Pesona Dataran Tinggi Dieng

Hal apa saja yang di perlukan saat ke kawasan Dieng?

  1. Masker, saat mengunjungi kawah si kidang, area ini bau belerangnya sangat menyengat.
  2. Payung atau jas hujan, kawasan Dieng sering hujan meski di musim kemarau, mungkin karena di dataran tinggi.
  3. Baju tebal, ini sangat penting coz kawasan dieng super duper dingin, lebih dingin dari kota Malang.
  4. Bawa uang yang cukup ya… jangan sampai di tujuan wisata kita terlantar gara gara uang abis, wkwkwk.
  5. Udah itu aja ya yang bisa mister sampaikan, besok tak ajak  jalan jalan lagi, see youuuuuu………….

Reply