Sekilas Tentang Candi Sawentar Kanigoro Blitar

misterbolang.com Hai mas dan mbak bray… selamat pagi (kayaknya teramat pagi karena saat mister sapa jam masih menunjukan pukul 01.10 WIB)

Kali ini mister masih belum beranjak dari wilayah Blitar, dan destinasi wisata yang mau mister ulas adalah sebuah candi.

Candi apa itu? (ah kura kura dalam perahu, pura pura tidak tau) pakai acara nanya segala padahal kan yang nulis mister sendiri wkwkkwwk.

Okelah nggak terlalu banyak basa basi, candi tersebut di kasih nama Candi Sawentar, karena terletak di Desa Sawentar Kecamatan Kanigoro Blitar Jawa Timur.

Candi Sawentar merupakan candi peninggalan jaman kerajaan majapahit yang di dirikan pada masa Raja (…….. belum di ketahui……), karena prasasti dan angka tahun candi belum di ketemukan.

Mister bilang didirikan di jaman majapahit karena di candi tersebut terdapat simbol kerajaan majapahit yaitu Surya Majapahit yang terletak di ruangan atas batu penutup candi.

Adapun fungsi dan kegunaan Candi Sawentar adalah sebagai tempat pemujaan, tapi sekarang kayaknya udah tidak di fungsikan lagi, cuma difungsikan sebagai tempat wisata aja, hehehe.

Berbeda dengan kebanyakan candi peninggalan majapahit yang pada umumnya terbuat dari batu bata merah, kalau Candi Sawentar ini terbuat dari batu andesit atau batu sungai.

Di bagian ruangan candi juga terdapat Yoni sebagai perlambang kesuburan, kalau ada Yoni biasanya ada Lingganya. Nah kalau ada Lingga Yoni berarti candi tersebut adalah candi umat Hindu. kalau Candi Budha ciri khasnya ada stupanya. (gampang kan membedakan candi Budha dan candi Hindu) hehehhe

Candi Sawentar berbentuk tinggi ramping ( salah satu ciri khas candi-candi di Jatim) dan mempunyai tiga bagian yaitu :

1. Kaki candi
2. Badan candi
3. Atap candi

Dulu Candi Sawentar ini tertimbun tanah lho pemirsaaah, kemudian di gali pada tahun 1915. Terlihat jelas kan kalau dasar atau kaki candi ketinggiannya lebih rendah dari permukaan tanah.

Mungkin dulunya tertimbun material dari letusan Gunung Kelud kali ya…??

Kalian mau tahu nggak ukuran detailnya Candi Sawentar ini? mari mister kasih tahu mumpumng mister lagi pinter pinternya malam ini hahahaha… 😀

Untuk ketinggian Candi Sawentar ini ketinggiannya 10,5 meter, panjang candi 9,5 meter sedangkan lebar dari Candi Sawentar 6,8 meter.Candi Sawentar

Rute dan Transportasi Menuju Candi Saentar

Nah sekarang mengenai aksesnya, untuk mencapai lokasi Candi Sawentar ini sangat easy lah, arahkan saja motor atau mobil kalian ke Dusun Garum, Desa Sawentar, Kanigoro, Blitar. pakai GPS aja dari pada mister ribet jelasin belok sana belok sini (mister nggak bakat dalam hal satu itu) hahahaa… 😀 😛

Ok lah mister tutup sampai di sini dulu ya ulasan mister bolang tentang Candi Sawentar, oh iya hampir lupa harga tiket masuk kemarin saat Mister Bolang ke Candi Sawentar adalah sebesar free, alias gratis, nggak tau sih bener-bener free atau emang saat itu yang penjaganya nggak kelihatan jadi mister nyelonong aja masuk area Candi Sawentar ini. hehhee

Ok bye semuanya, met istirahat semuanya ya.. dah jam dua pagi persiss, saatnya mister juga tidur. yuk tidur semuanya, yang takut tidur sendirian minta di temani untuk nemani ahahhahayyyy

2 Comments

    • Mr. Bolang

Reply