Sekilas Tentang Kampung Naga, Tasikmalaya

 Selamat datang di Kampung Naga
HI…. BRO AND SIS, … Jumpa lagi sama si mister bolang yang hitam cemerlang tapi tetep menawan, hahahahaha
Kembali  mister bolang mau bercerita tentang perjalan  mister  kemarin, tepatnya  di kampung  Adat,  yaitu kampung naga, yang berada di desa Neglasari, kecamatan..Salawu, kabupaten Tasikmalaya. waaooww… lumayan  juga  kali  ini  jaraknya  dari  tempat tinggal mister.
Berangkat dari kudus sabtu sore sepulang kerja langsung deh meluncur ke Semarang dulu,  sesampai  di Semarang nunggu  bus  P.O Budiman  nggak muncul muncul,  pikir pikir  mungkin  dah nggak ada bus  Budiman  karena  dah kesorean, hahaa
Lamaaa menunggu tiba tiba ada seorang bapak bapak yang katanya  mo pulang ke Purwokerto tapi duitnya  nggak cukup, ntah  dia pura pura atau beneran  kehabisan  uang,  si mister  bolang  yang baik hati kayaknya  tergerak hatinya  untuk membantu biar si bapak bisa pulang, si mister  cuma  bisa nambahi  ongkos  biar  bisa  pulang.
Abis nambahin ongkos pulang si bapak tadi tiba tiba muncul Bus Budiman… jiaaaahhhhhh, akhirnya  yang di tunggu tunggu muncul  juga….nggak tau  tuh  jam  berapa, kayaknya  jam 18,00an.
singkat cerita mister  naik Bus Budiman, turun di  pasar Sindangkasih  Ciamis, kenapa  mister  turun di  wilayah  Ciamis? kan  tujuannya  ada  di Tasikmalaya?
Iya itu dia…. mampir  ke rumah adek adun  dulu, sekalian istirahat bentar, breakfast  dan lanjuuuutttt  ke TKP.
Singkat cerita lagi akhirnya sampailah ke Kampung Naga, ternyata apa yang di bayangan mister  sebuah  kampung yang terpecil  yang terisolasi  itu  salahhhhh,
Kampung Naga ternyata terletak di dekat  jalan raya yang menghubungkan  kota Tasikmalaya  dan Garut.
Meski dekat jalan raya, kenapa Kampung Naga seperti kampung yang nggak terjamah sama modernisasi ya? naahhhhh… jawabannya bisa  kalian dapatkan  setelah  iklan iklan berikut, hahahaa.
bentar  nanti  mister jawab di belakangan,   kita  lihat dulu aksesnya kalau mo ke Kampung Naga  dulu.. lets  go….
Akses Menuju Kampung Naga
Dari tempat parkir  kalian musti menuruni  anak tangga  yang  boleh di bilang  cukup banyak… nggak tau  tuh jumlahnya  ada  berapa…. itung  aja sendiri kalau kalian kesana  ya….
ayook sekarang kita lihat penampakan Kampung Naga ya… mulai  dari   penampakan  depan….maree  mareee….
Kampung Naga

Kampung Naga Tasikmalaya

Mo lihat  tampilan  kampung naga selanjutnya……ooh  nggak  usah  malu   malu…. I,ll give you more  picts   dah… hhahahha.

Kampung Naga Tasikmalaya
Lihat tuh ada ibu  yang  lagi menumbuk padi…. bisa  jadi  udah  nggak bisa  kalian  jumpai  di tempat  kalian  kan?
Abis lihat lihat penampakan depan  kampung  naga, kita lihat penampakan kampung naga bagian  dalam  yuuuk….

Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung Naga Tasikmalaya
Nah  foto di atas  merupakan  bagian dalam  kampung naga, mempunyai  halaman  yang  cukup luas  ada masjid nya, masjidnya  juga bangunan fisiknya  hampir sama  dengan  rumah  penduduk warga  kampung naga  pada umumnya,,,,
Dan  kayaknya itu merupakan pusat untuk melakukan perayaan besar ya, karena mempunyai halaman  yang paling luas sendiri.
Selebihnya  rumah rumah  di sekitarnya  nyaris  nggak punya  halaman, alias  berhimpit himpitan, mo lihat?  ini  dia
Kampung Naga Tasikmalaya
di salah  satu teras halaman  warga penduduk  kampung naga  ada seorang  bapak yang sedang memainkan  alat  musik yang terbuat  dari  bambu,  nama  nya alat musiknya adalaaaaahhhh….

KARINDING .
Mau lihat  bentuknya  seperti apa, ini dia

Kampung Naga Tasikmalaya

Oh  ya  di  kampung naga  juga  ada  yang jual  cindera  mata  buat  kalian yang pengen  ngasih  oleh oleh  buat  orang tersayang di rumah, ahahhahahayyyyy.

Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung Naga Tasikmalaya
Ada cobek dari kayu, tas, seruling,  dan pernak pernik lainnya….., kemarin  sempat  bilang ma  dimas ben, klu ada yg unik ntar  aku bawain.
tapi  masa  mo aku  bawakan tas seperti  di atas, hahhahaha. Unik sih… tp apa  cocok  buat dimas, wkwkkwkwk.
Ok  lanjut lagi  ya  sekarang  kita lihat penampakan  kampung  naga  dari atas….. wuuuiihhh liputan  mister  emang  nggak tanggung tanggung…semua  di expose  dari depan, dalam atas… hahhaha.

Kita mulai  naik ke atas  ya  biar  bisa melihat  sepert  apa  yuuk  mare mare…..

Kampung Naga Tasikmalaya
Nah  itu  adalah  penampakan  kampung naga  bila  di lihat  dari atas,  oh  ya   tadi  di atas   mister  bilang  kenapa  di kampung naga  bentuk rumahnya  mirip semua dan nggak ada listrik? menurut  bapak tukang  bakso  yang  juga  penduduk asli tersebut….. itu bukan suatu pantangan  atau apa….
kenapa  semua bentuk rumahnya  sama…. alasannya  buat menghindari kecemburuan sosial, gitu…. sederhana  sekali  ya alasannya.
Nah  terus  kenapa  listrik  nggak boleh  masuk…. alasannya  juga cukup sederhana… di karenakan  material rumah  penduduk kampung  naga  yang terbuat  dari kayu, bambu  dan ijuk  yg  mudah terbakar.. di takutkan  kalau terjadi  konsleting  listrik  akan mudah  membakar  rumah  warga  kampung  naga.
Kampung Naga Tasikmalaya
Keterangan  di atas mister  dapat  dari  bapak  tukang bakso  ini pemirsa…. kalau ada yang  salah  jangan  complain  ke saya  tapi langsung ke bapak  ini  ya….. hahhahhaa.
ada  satu  lagi  yang  unik  hhahahhaa, sanitasi   warga  penduduk kampung  naga…. mo lihat  toiletnya  seperti apa…. lets take a look
Kampung Naga Tasikmalaya
Waooww… its  amazing  banget  lho….. plung  plung plung and  then fish  will eat  it, hahahaa
warga  kampung naga  ternyata udah  menerapkan  pengetahuan  recycle  system   dalam  kehidupan sehari harinya.
kali  ini   mister panggil korban  keusilan  mister  selanjutnya  yaitu  si  koko… yg doyan  makan  ikan air tawar, wkwkkwkwk 
KOKO… setelah  lihat  foto di atas  are  you still excited  eating  cat fish? , hmmmmm……think twice  deh  koh…. wkkwkwk.
Ok deh mister kayaknya buru buru mengakhiri  kisah mister di kampung naga, Kalau mister  terusin  bakalan nggak ada yang teraktir  mister  makan makan ikan  air tawar, hahhahaha
Kalau  tadi  saat  menuju  ke  kampung naga  kita  menuruni anak tangga… naaahhhh  sekarang  saat  pulang  rasakan pembalasannya… kalian harus  menaiki anak  tangga….. cukup  bikin gempor…..

Kampung Naga Tasikmalaya
Selesai  menaiki  anak  tangga, begitu nyampai tempat parkir…kalian bisa lihat  lihat  juga  toko koko  yang menjual cindera  mata….
ada  sebuah  toko  yg me display  pusaka  pusaka di jaman dahulu lho, not for sale  and  kita  juga  lihatnya  gratis…
Kampung Naga Tasikmalaya

Ok  deh  kali  ini bener  bener  mister  akhiri  ya  perjalanan  mister  di  kampung naga.  mister  mau lanjut  ke tujuan  selanjutnya…. mau tau kmana? tungguin aja di blog  mister  … see you  smuanya….. muuaacchhhh

4 Comments

Reply